Postingan telat. Sebenarnya anniversary bersama Black Macho adalah 27 Mei 2011 lalu. Namun karena berbagai macam hal, saya baru menuliskan pengalaman bersama si Blackie sekarang.
Memang tidak terasa jika kita menikmati bersama-sama dalam suka maupun duka, jika didasari dengan rasa ‘cinta’. Saya pernah menuliskan dengan judul sejenis, dari 1 tahun dan 2 tahun my history with si Blackie ini. Bagi yang mengikuti Blog dari 2-3 tahun lalu mungkin sedikit mengingat rentetan tulisan saya tersebut.
- Dalam kurun 27 Mei 2010 – 2011, Alhamdulillah tidak sampai pernah jatuh (lagi) atau menyenggol motor lain sekalipun.
- Kondisi cat atau bodi masih seperti dulu (saat 1 tahun).
- Lampu kecil mati satu (sebelah kanan) baru-baru ini. Belum sempet ganti. Jika ganti, berarti ini yang pertama.
- Accu, masih juga tokcer. Sekali starter langsung nyala. Meskipun pernah si Blackie istirahat di rumah 2 harian.
- Ban, sekitar Juli tahun lalu ganti. Yang depan dengan Corsa 110/90-17 M/C 54S. Sedangkan yang belakang dengan X-worm 120/80-18. Sampai saat ini tidak menemui masalah. Its Fixed!
- Speedo digital, masih OK.
- Konsumsi BBM secara rata-rata harian adalah 1:40 – 1:42. Relatif menurun dibandung saat masih 1 tahun pertama (1:48 – 1:50). Mungkin pengaruh ban barangkali. Ehya, sejak harga Pertamax naik di atas 8000/liter, saya pakai campuran, Pertamax Plus (4/7 bagian) dan Premium (3/7 bagian). Sehingga jika ingin mengisi 10 liter tinggal kalikan saja faktor tersebut.
- Untuk tahun ketiganya saya menggunakan Oli Shell Advance VSX 10W-40. Mantab nih. Walaupun masih ada sedikit kesulitan di perpindahan persnelling ke netral.
- Service menengah saya alami, Maret 2011 lalu saat dibongkar komstir karena bunyi saat rem. Begitu juga mesin yang ada bocor oli di bagian penutupnya. Kasus yang sering dialami oleh rider-rider Apache lainnya. Hasilnya? Bunyi saat pengereman masih ada 😦
- Tepat 3 tahun (sebulan lalu), KM yang telah dilahap adalah 24.558. Rata-rata bulanan di bawah 1000KM (tepatnya 682KM/bulan).
Resume:
- Mesin masih OK. Top deh!
- Masalah yang menghinggap hingga saat ini adalah perpindahan gigi ke netral. Saya kadang kesulitan memindahkan ke netral saat berhenti di lampu merah. (Kalau saat parkir sih, tinggal mesin matikan .. lalu netralkan, gampang).
- Untuk TMCI nih, sparepart yang bersifat slow moving sulit didapat dalam keadaan ready stock. Harus indent. Harus pesan, dan kalau perlu DP dulu. Padahal ini penting. Ini bisa merusak reputasi dan nama TMCI.
Saya masih merasa banyak yang bisa saya ceritakan. Tapi picture tells a lot. Berikut penampakan si Blackie after more than three years!
Salam kenal kang Awi, saya sudah mencari berbagai referensi mengenai tvs apache ini, dr segi kekurangan dan kelebihannya. Blog kang awi saya jadikan acuan, yang kalau menurut saya, tvs lemah di 3S nya saja, kalo masalah kelemahan produk, merk jepang juga pasti ada kelemahan juga. Overall kang awi puas kan dengan performa n kenyamanan yang diberikan si Black Macho ini. Semoga aja yang 180 keluar akhir tahun ini, karena dari blog nya kang taufik pernah membahas TPT nya, meski cuma 5000 unit. Salam
@Yohe: Puas, mas! Jika saya buang jauh-jauh perasaan ketidakpuasan akan kelemahan di spare-part (3S-nya). Saya nikmati motornya.
Thanks for your visiting, mas!
lama gak muncul kang.. 🙂
si Abang habis kecelakaan parah harus nunggu 3 minggu untuk sepasang shockbrear depan 😀
wow. Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un. Mudah-mudahan mendapat gantinya yang lebih baik, Zaq.
Iya nih. Sering gak mood nya. Padahal ide ide tulisan selalu lewat. Jadinya memang benar benar lewat alias kebablasan ngilang lagi :p
si abang udah sehat lagi kok.. kejadian seminggu sebelom lebaran 1431H..
penampakannya di sini –> http://www.kaskus.us/showpost.php?p=417566661&postcount=1500
foto-nya bening2 uy..
salam, dari pengguna p200 cirebon.
Wah masih ori nih apache kang awi, mantap ya
Kecuali shockbreaker-nya aja kang Hadiy… 🙂 Yang originalnya muahal euy
Waks…. 3 tahun nya kang awi setara ama 1,5 tahun sikoneng 😀
Ultah bsk tgl 23 agustus… Skrg udh 40.700an km. Turun mesin: ptama kali ganti gearbox (garansi) saat umur hmpir 2 thn. Kemudian, krn rembes n gag pnh cek oli, turun lagi total mesin. Turun berikutnya ganti bearing (kali ini oli terjaga pdhal, pemakaian normal). N blm 6 bulan kembali bulan ini ganti bearing yg sama (hancur bearing).
Jatuh cm diawal2 (hingga umur skitar 1 tahun), krn faktor ban asli yg sulit dikendalikan saat jalan basah. Stlh itu aman, apalagi setelah ganti ban dgn merk corsa ukuran sama.
Cat msh sama spt stlh 1 tahun, ngelupas di bandul stang n handle blkg (apa siy namanya? :D)
Lampu kecil udh mati 2x kiri, 1x kanan, cm pnh ganti 1x kiri, sisanya didiamkan saja… Apalagi sejak kewajiban lampu nyala siang, jd gag ngerasa butuh lampu senja.
Accu, ok dr awal, smpat drop saat 2thn, tambah air aki, smpe skrg aman.
Speedo normal.
Sein blkg kiri udh somplak krn keseringan bawa beban di kiri pake kantong.
Konsumsi bbm, premium aja, 1:40an…
Oli diawal pake motul 5100, trus pnh 3100, pnh enduro racing, pernah BM1 15-50, skrg repsol 20-50. Ngejar alusan dikit n gag panas bgt.
Susah netral, cm di awal2… Stlh turun mesin total, udh gag ngalamin. Biasanya kl sempet susah, cm kencengin dkit stelan kopling yg di blok kanan…bener2 enak saat plat dibikin semi 6 lembar kanvas (kanvas ke 6 satu sisi dihabisi kanvasnya), tapi susah diaplikasi kalo kanvas baru.
Saat ini, krn km udh mayan, sptnya bearing roda dpn blkg udh mulai terganggu (minta ganti). Plus krn jatuh dulu, komstir jg mulai trouble.
Overall, suka produknya (walo ada bbrp kekurangan), scr garis bsr, yg gw liat kekurangan di :material baut kurang kuat, rawan rusak drat atau patah. Jg bearing itu td (anehnya gw ngalaminnya slalu diawali dgn susah pindah gigi, ckup 1-2hari lgsg rontok). kanvas rem ori ngikis cakram. Diluar itu, spt yg dl udh dibahas ama kang awi.
Kekurangan di 3s, idem mslh slow moving parts, utamanya parts2 kecil spt ring2, bearing, dll. Tapi mulai terlihat perbaikan. Dan yg utama, kualitas sdm nya (montir), mnrt gw montir di beres msh kurang cakap. Kurang telaten dlm bongkar baut, masang kembali jg kurang teliti hingga bs ada baut yg msh kurang kendor atau gag pas (dipaksa) pas masang, hingga memungkinkan kerusakan drat atau rembes oli (2x selepas turun mesin di beres ngalami ini). Kadang smpe mikir, yg dibongkar kok gag membaik, smentara mtr yg lain blm pnh bongkar kok msh aman2 aja.
Sekian laporan sikoneng 😀
“Cat msh sama spt stlh 1 tahun, ngelupas di bandul stang n handle blkg (apa siy namanya? 😀 )”
–>weight balancer klo ga salah, saya punya sih dulu di chrome..tp skrg dah dlepas (bautnya bengkok)
“Lampu kecil udh mati 2x kiri, 1x kanan, cm pnh ganti 1x kiri, sisanya didiamkan saja… Apalagi sejak kewajiban lampu nyala siang, jd gag ngerasa butuh lampu senja.”
–>ganti LED lebih awet, di glodok byk yg jual (tapi ganti mounting)
“Overall, suka produknya (walo ada bbrp kekurangan), scr garis bsr, yg gw liat kekurangan di :material baut kurang kuat, rawan rusak drat atau patah. Jg bearing itu td (anehnya gw ngalaminnya slalu diawali dgn susah pindah gigi, ckup 1-2hari lgsg rontok). kanvas rem ori ngikis cakram. Diluar itu, spt yg dl udh dibahas ama kang awi.”
–>baut sih saya masih awet, bearing jg..cuman per tiang rem belakang & per kampas belakang putus….ganti deh (tapi bkn asli)..kalo kampas rem depan mungkin anda mau coba pake punya ninja 150 / 250? hehehe
“Kekurangan di 3s, idem mslh slow moving parts, utamanya parts2 kecil spt ring2, bearing, dll.”
–>saya pesen tutup rantai aja 2bulan++ mas, risih bgt nih diler..
Kang awi masih setia dengan Black Macho nya…. 2 tahun terakhir ini jarang monitor awiguna sites nya…. eh masuk lagi masih apachong bertengger di kompleks pinus…
Kang Awi, bedanya dengan Apache saya.. kalao punya saya selain masih setia di motornya juga sudah di modif dikit, yaitu Stang ganti stang Badak (by….anak laki) lebih mantap, jk belakang ditambahi BOX Giv.. monorack lebih praktis bawa barang… di luar itu tidak pernah punya keluhan berarti kecuali bau baut aja suka longgar… tinggal diganti aja tidak pakai ori…
sekedar info saja … Bung Lering nya ketabrak truk dengan red apache nya di Cianjur awal puasa 2011… motornya sih kagak apa-apa.. penunggangnya patah tulang.
Kita doakan semoga cepat sembuh.
Oke Kang Awi sukses dengan apachong nya…
Siip…kang awi,maaf slm kenal sy juga pemakai black apache,yg udah 3 tahun lebih tepatnya bln mei 2011,sampai skrg si black belum pernah turun mesin,semua masih oke,cuma baru2 sy modif kaki2 apache,yaitu velg ganti alumunium TDR racing,tromol depan punya scorpio,blkg punya yamaha king double cakram,gigi tarik plus rantai pake vixion 15/42,ban tubless depan 80/90/17 belakang 90/90/17,udah pasang airscope(fairing tangki)kyk apache yg DD,knalpot saya ganti punya tiger revo,tapi penutup stainlis samping,sy lepas..suara motor kyknya lebih gagah..,
Batrey masih awet,starter masih bagus,lampu sien depan,saya lePas trus pasang lampu sein di airscope,pake lampu sein suprafit,lempu led belakang belum ada yang putus,pokok nya puas deh kang pakai si black apache,gak malu maluin klo di bawa jalan,larinya juga gak kalah sm,vixion atw megapro..trims…
hebat ya speedometernya masi mulus..
saya punya (dan motor d diler tvs palmerah) speedonya ad prob..
indikator netral & sign nyala trus…pas kunci on jg backlightnya ga nyala, tapi pas mesin hidup bagus..
kalo ngerem masi bunyi itu karena rem nya kang..
saran saya ganti kaliper jupiter mx, single piston, kampasnya jg lebih empuk..
saya sudah pakai, rem gak nyerempet, ga bunyi meskipun tidak pernah dbersihkan, gak pernah macet..CUMAN, kampas aslinya yamaha 60rb, itupun saya cuman tahan 4-5bulan..
Buat pengguna TVS di Bandung bisa bergabung di komunitas kami di PAMOR TVS ( Pguyuban Motor TVS ) Bandung
Bisa join di Group FB nya PAMOR
http://www.facebook.com/groups/pamortvs/
Terima kasih Kang Awi…….Bravo TVS
ijin gabung,
mau tanya nee ada yg tau ga caranya setel lampu dpn TVS apache 160 RTR DD untuk jarak pandang nya ga?
soalnya shock depan diturunin biar lebih nungging, nah alhasil jarak pandang lampu dpn jadi minimalis nee….
tanks inponya
di bawah batok nya ada baut + mur, kendorin aja mur nya pake kunci ring 10mm, trus……
mas avi numpang gabung dulu ya ai baru 1minggu pakai malum over gitu TVS Apache RTR 160 warna putih langsung aja ya apa yg cocok oli masin kanapa lampu warna merah berkedip2 yg ada gambar kunci dekat spidometernya saat jalan.
yuk teman2 main yuk di situs poker online aman dan terpercaya http://www.royalflush99.com asik lo main poker online
situs poker online http://www.mentaripoker.com/mentaripk/index.php
Situs poker online pertama yang anti robot dan cheating. Mentari poker di support bank bca, mandiri dan bni dalam proses deposit dan withdraw. Teraman, Terbaik dan Terpecaya adalah komitmen kami untuk anda pemain poker online di seluruh nusantara
PROMO 100% IS BACK….!!!!!
Salam royalflush99 untuk semua para pecinta royalflush99
setelah promo spektakuler berakhir.. maka tidak perlu tunggu lama…
hari ini juga kami luncurkan promo bonus 100% is back
untuk para pemain lama royalflush99 tentu nya sudah tidak asing lagi.. karena
kami pernah meluncurkan promo 100% ini… dan kini promo itu berlaku kembali
buat para pecinta setia royalflush99
sesuai nama nya… pemain yang melakukan deposit.. akan mendapatkan bonus
chip sebesar nilai deposit yang disetorkan ( syarat & ketentuan berlaku)
syarat dan ketentuan
1. bonus chip 100% akan di kirimkan secara langsung setelah
pemain melakukan deposit (baca keterangan cara klaim bonus dibawah )
2.para pemain tidak bisa melakukan
WD sebelum turnover/fee/pajak belum mencapai 30x lipat dari angkat deposit
3. minimal deposit 50rb
maximal deposit 1jt
per 1 x deposit.. berarti setiap pemain hanya dapat mengklaim bonus 100%
apabila jumlah deposit tidak melebihi jumlah maximal deposit.. apabila ada
pemain yang melakukan deposit diatas 1jt maka yg dihitung untuk
mendapatkan bonus 100% ada lah 1jt
4.klaim bonus 100% berlaku 1×12 jam dari jam register/deposit atau di anggap hangus
5.Promo bonus 100% is back dapat berakhir sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan
secara lisan ataupun tulisan ( bonus yang di klaim sesudah tanggal promo berakhir
tidak akan dilayani)
6.Keputusan dari pihak royalflush99 adalah mutlak tidak dapat diganggu gugat
Bro salam, gw punya yg versi 2012 apache rtr 160 full std baru km6622 hehe jalan pas ada moment aja,dari model dan dll mantep unggul banyak dan ekonomis.aki kering bawaan distibutor soak umur setahun pas ganti sejenis awet ampe kini,lampu plat nomer putus setahun dicopot sekalian modif pake led biar serba led,lampu sain masih ok tapi pengen modif copot ganti led jugasemua led khusus blakang.oli baru coba 10w30 buatan H.Rpm11500 tes topsped per gigi 2 70kmp gigi 3 96kmp gigi 4&5 Blm diketahui dan blm sempet yang pas kondisi jakarta cukup gigi 3 saja.rem spontan depan belakang pakem banget bisa ngesot biar bonjengan ban termasuk gede apa ganti ban gambot biar joss.kencangnya mendebarkan bener banget karna mesin halus ngeri lawan didepan ga tau klibas klw ga di klakson std sepasang bunyi mobil elite.masih 98%.secara gw hitung matematis 5speed gear box rasio dan rpm 11500nya unggul biar pun dari VS yg 6speed gearbox rasio 250cc std.klw ban kena paku ga bakal kempes klw dibiarin nancep udah 3x biar pun pakai ban dalem pemgalaman bikin heran,tapi ya ga mungkin gw lama lamain nempel berhari hari mau ga mau biarin ditambel aja biar aman.untuk irit belum sepempat tes keakuratan.salam all rider
motor saya tidak bisa di stater kaki, gman cara mengatasix?mohon balasanx