Yang lain dari Jualannya ATPM

13 Nov

Membaca tulisan mbah Dukun tentang Konsep Motor Modern di Blog-nya, mengingatkan saya akan pemikiran dahulu tentang bagaimana meningkatkan Nilai jual motor itu sendiri, disamping memberikan kebebasan kreatifitas si empunya motor.

Karena yang dijual oleh ATPM tidak saja berupa motor, namun aksesoris menjadi daya tarik dan penjualan tersendiri. Pemilik motor dengan mudah dapat menyesuaikan bentuk motor tanpa harus beralih ke produk aftermarket namun tetap dalam koridor line up ATPM itu sendiri. Jadi secara ekonomis produsen mendapatkan keuntungan ganda, dari penjualan motor itu sendiri dan aksesoris. (dikutip dari tulisan Mbah Dukun di ducatimonster.wordpress.com)

That’s It. Jangan hanya menjual part yang menjadi standar motor itu sendiri. Berilah beberapa part pilihan lain, yang menjadikan motor itu memiliki keunikan tersendiri, yang membuat peningkatan rasa memiliki dan ketertarikan akan motornya.

Saya ambil kasus TVS Apache. Di India sana, ada beberapa varian Apache … dimulai dari RTR 160 standar, Apache Refresh (disini mungkin RTR DD), Apache RTR Fi 160, Apache RTR 180, sampai yang terbaru RTR 160 Hyper Edge. Yang masing-masing ada kekhasan sendiri. Sementara di Indonesia yang dipasarkan baru RTR 160 standar dan RTR Refresh alias RTR DD.

Bagaimana yang ingin mengubah tampilan dengan RTR 180 impiannya? (misalnya). Saya cukup kesulitan jika mewujudkan si Black Macho seperti si Menace tadi. Tentu saya harus mencari tempat modif yang bisa melakukan itu. Standar pabrikan? Tentu tidak bisa sampai sana, cukup mendekatilah. Mau nunggu si RTR 180 disini? Sampai kapan.. begitulah pemikiran saya.

Nah, Bagaimana kalau ATPM menyediakan minimal part yang sebagian milik si Menace. Dan part tersebut bisa plug and play. Tentunya jika hal ini bisa ada, maka ada peningkatan nilai si motor dan ATPM. Pastinya, seperti yang ditulis di atas, ada keuntungan dari penjualan part itu sendiri.

Removable Rear Fender Apache RTR 180: I Like!

Racing GT stripe-nya, aku suka. Rear Velg yang 17″ serta disc brake-nya aku suka. Apalagi Removable Rear Fender-nya, mirip motor racing. Daripada harus kesana-kemari mencari part atau aksesoris untuk Motor saya, kenapa tidak Dealer/ATPM menyediakan itu sendiri? Belum tentu pas dengan motor kita kalau harus ke tempat lain…. Apalagi TMCI sudah bikin pabrik di sini. So whats the Problem, Guys?

Saya melihat di website resmi motor Aprilia dan Kymco menjual aksesoris. Dan Itu salah satu cara menjual yang menurut saya bisa menjadi daya tarik.

9 Responses to “Yang lain dari Jualannya ATPM”

  1. Maskur® November 14, 2010 at 8:52 am #

    pertamax

  2. zaqlutv November 14, 2010 at 11:35 am #

    “….Apalagi TMCI sudah bikin pabrik di sini. So whats the Problem, Guys?”

    sibuk bikin bebek goreng eh motor underbone maksudnya..:mrgreen:

  3. Boombox Walker November 15, 2010 at 3:51 pm #

    hmm, penting juga sih part aksesoris modifikasi yang keluaran pabrikan. jadi pada saat mo modifikasi bisa pake part asli.

  4. Apa_Chep? November 26, 2010 at 8:06 am #

    Mang Kudu ada tu part accesoris coz biar ga bosen sama tampilan motor standard kaya yamaha walaupun sudah banyak acc yg diproduksi diluaran toh ATPM ttp ngeluarin prodk acc nya jg. Oh ya kayak Suzuki Skywave banyak yg bilang u/ acc susah nyari diluaran dab didengar ATPMnya so ada acc tambahan yg dijual di dealer2nya. Moso TVS Apache yg produk global ga ada sama sekali?

  5. meet_hana November 30, 2010 at 10:47 pm #

    setuju banget! Ibaratnya jualan handphone, aksesori2 pnympurna hp yang lengkap menambah value loh.. Apalagi kalo ATPM nyediain part-part untuk modifikasi akan mempercantik.. Tapi sih sebenernya hal kaya gini udah mulai jadi perhatian ATPM ko.. Waktu pameran, sering banget ko ATPM2 ini nujukkin motor modif mereka.. Yah walopun blm dikeluarin yg genuinennya ya

  6. Pelaut bahari December 10, 2010 at 2:55 pm #

    Setuju boss.. jgnakn part akesoris part yg umum aza susahnya minta ampyuuun ampe kudu nunggu 2 bln bru dtng…. Btw sekarang enggine guard bwt si apache sudah mulai dijual di dealer (sementara baru ane jumpai di xmalang)….

    menurut info yg aku dgr, pabrik di karawang ini sulit mendpt persetujuan dari owner ato bs di bilang birokrasi yg rumit…

  7. AD1N December 20, 2010 at 2:05 pm #

    sepertinya masih sulit dilakukan untuk part asesoris tuh Kang… ATPM masih belum bisa menjadikan user sbg marketing berjalannya yang tepat sasaran…

  8. bobby_kelanarimba January 30, 2011 at 10:00 pm #

    Saluuuttt to ide-nya bro,
    Honda dah ada jg tuch bro,
    walau kayaknya msh utk matic,
    Tp,asal aja aksesorisnya ntar gak ngerusak standar motor aslinya toh bro…

  9. a21s January 31, 2011 at 11:29 am #

    Kata ATPM emang gw pikirin….wkwkwkwkwkwkw…😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: