Efek Gempuran 2 Produk, NMP dan Byson bagi Apache

4 Oct

Kehadiran 2 motor baru dari Honda dan Yamaha, New Megapro dan Byson sungguh dinanti para penggemar motor Sport di Indonesia. Tercatat dan terinfokan banyak yang inden jauh jauh hari untuk mendapatkan kedua motor ini. Belum lagi kehadiran Yamaha Scorpio yang baru, yang pastinya akan menambah persaingan pemasaran Motor jenis Sport.

Kedua merk ini jelas di Indonesia sudah berdarah daging, sudah puluhan tahun (tidak lupa merk Suzuki, namun sayang dalam 10 tahun terakhir justru kalah oleh Yamaha). Jadi jelas Produsen Jepang ini sudah melekat di benak dan dipercaya oleh masyarakat Indonesia. Apapun yang keluar pastinya ditimang-timang dan dibeli.

Yang saya bahas bukan mereka di atas. Bagaimana nasib Produsen India seperti TVS. Dalam kasus ini mereka juga memasarkan jenis Sportnya, TVS Apache RTR 160-nya. Pastinya siap-siap rela jumlah penjualan terkoreksi dong.

Seperti diketahui kelas Sport memiliki niche market tersendiri. Jatahnya kalau bisa dibilang stabil di kisaran 7 s.d 8% dari seluruh pasar Motor di Indonesia. Justru yang naik di Tahun 2010 adalah pasar Skutik.(sumber: Data AISI 2010)

So, adakah strategi mengantisipasi serangan bertubi-tubi dari produk yang baru dikeluarkan kedua merk di atas. Hmmm…. patut ditunggu. Karena saya pikir kalau begini-begini saja, harap bersiap-siap ke pinggir untuk menonton New Megapro dan Byson berlalu-lalang di jalanan. Karena memang sekelas jenis motornya. (Saya gak akan bahas Jenis bebeknya, Neo x3i dan RockZ).

Cukupkah dengan segera menelorkan masterPiece-nya TVS Apache RTR 180? I dont think SO. Harus ada gebrakan dari sisi marketingnya. Lihat tetangga sebelah, Bajaj. Walaupun sama-sama pemain baru (masih di bawah 5 tahun), tapi mereka bisa dibilang cukup sukses dengan menancapkan Image sebagai produsen Motor SPort berkelas. Ada fans fanatiknya tersendiri.

Benamkan kuat-kuat di masyarakat Indonesia, Brand Image TVS. Satu langkah PR yang mesti dibereskan nih. Ini sebenarnya sudah gencar dilakukan, tapi masih kurang.

Selanjutnya perkuat 3S-nya. Karena masih sering ditemui keluhan disana sini.

Dari sisi Produk, saya cukup mengakui kualitasnya.

Time will tell.

28 Responses to “Efek Gempuran 2 Produk, NMP dan Byson bagi Apache”

  1. belajar bisnis internet October 4, 2010 at 4:25 pm #

    Iya betul sekali, saat ini motor dengan merk yamaha dan honda sedang booming sekali. Bahkan di pelosok daerah pun rata-rata setiap rumah sudah mempunyai motor dengan merk tersebut.

  2. M_rijo October 4, 2010 at 4:36 pm #

    nomero uno….!!!

  3. M_rijo October 4, 2010 at 4:42 pm #

    iya tu kang,

    Hrs cpt brmanufer, hee
    Klu g slh dngnr, fihak bajaj ktnya smpe menurunkan harga produknya(pulsar 180).
    Untk ttp bs brsaing dngn produk baru honda dan yamah.

    *dpt info dr forum sebelah(g th bnr ato slh)
    ^_^

  4. Kurniaprorider October 4, 2010 at 6:04 pm #

    Absen dulu Bro,ntn berita teroris dulu

  5. cooby October 5, 2010 at 8:15 am #

    denger2 bajaj pulsar 180 TURUN HARGA !!! gmn nih TVS …. masih mampu bersaingkah?? ato masih tetep JAIM dan jual mahal.
    tingkatin dulu 3S-nya … baru patok harga.

  6. aWi October 5, 2010 at 9:15 am #

    Kalau memang benar Pulsar 180 turun harga, makin ditinggalin aja tuh Apache 160 DD-nya yang menjulang di 18,5 jutaan.

    Trus, kira-kira, Kalau Apache 180-nya launching dipatok berapa tuh? Masa 20 juta seh … Mending Byson atau NMP aja deh….

  7. Parmis October 5, 2010 at 9:18 am #

    Jangan-jangan gak keluar-keluar, taunya sudah dibalikin lagi ke India, Bang… sudah ngeper duluan. Hehehehe

  8. aWi October 5, 2010 at 9:23 am #

    Mungkin kali ya, pak. :p

    Minimal ninggalin satu yang pernah tampil di PRJ, ngendon di Pabriknya di Cikarang sana … (sampai karatan).

  9. cooby October 6, 2010 at 9:56 am #

    TVS makin lama makin tenggelam …. kasihan bang Iwan Falls yg sdh menjadi duta motor ini.
    masa harus kalah ama NIDJI (honda)
    sama KOMENG (yamaha) … ato ama SULE (SUZUKI Titan)

  10. cooby October 6, 2010 at 10:27 am #

    Cash back P135 sebesar 500 ribu diperpanjang,

    P.180 harga OTR Jakrta Rp. 15.950.000 plus cash back 500 rb.

    P200 cash back Rp. 2.100.000

    For more info please call

    -EDMOND
    SPV JAR SMNHD
    021-96966098
    =====================================================
    saya dapat info dari blog sebelah.

  11. Tulus Budi October 6, 2010 at 1:35 pm #

    TVS keasyikan maen bebek, bentar lg muncul TVS yg modelnya mirip JupiterMX 135 cc juga, mungkin nanti juga ada yg bermodel ayam jago mirip FU dan Athlete bermesin Apache 160/180 …. mangstabsssss…..

  12. AD1N October 6, 2010 at 2:25 pm #

    bingung mo komen apa kang….. (cape hehehe),….

    Pelayanan masih jauh banget dr standar pabrikan jepang…

    Jangankan compete dgn NMP or Byson…. dengan Bajaj aja kelewat…

  13. Rancho October 6, 2010 at 6:00 pm #

    Sukses buat TVS dan semoga bisa sejajar dengan pabrikan india lain.
    Doa tulus dari p200 rider.

  14. aji October 8, 2010 at 11:37 am #

    CHAYOOOOO… TVS!!!!!

    Terus semangat dan berjuang!!!

  15. tafridefraaz October 9, 2010 at 4:53 pm #

    go TVS tapi nggak seinovatof bajaj nih…

  16. tafridefraaz October 9, 2010 at 4:53 pm #

    ralat inovatif mksdnya:mrgreen:

  17. blogvisual October 10, 2010 at 12:08 pm #

    Sepertinya TVS jalan d tempat… atau udah k abisan ide…??????

  18. kirana October 12, 2010 at 11:48 am #

    AYO TVS …..mesti open minded, jgn anggap kualitas & teknologi merupakan nilai jual untuk pasar indonesia. sini yang penting model dan purna jual ( 3s) serta harga yang lebih miring dari merk jepang yang sudah mengakar lama di indo.
    TVS baru main 3 th sudah main harga gak beda jauh dengan raja motor Y & H.Sudah pasti pada milih H & Y walau pun secara kualitas munGkin gak setangguh TVS……

  19. mulyanto October 15, 2010 at 10:02 am #

    TVS mendingan bikin bebek 135-150 cc 5-6 speed kopling semi automatis (banci). All around deh (apalagi kalau 4 klep). Dipake cewe bisa, dipake ibu ke pasar bisa, buat adu lari sama NMP/Byson juga bisa.

  20. powerpuffgirlz October 22, 2010 at 9:02 pm #

    Kalo soal kualitas produk Honda untuk megapro sebenere udah tak tergantikan, di daerh gue aja diapke mpe pelosok2 yang jalannya kurang ok dan tetap perform keren tuh..

  21. aWi November 1, 2010 at 3:43 pm #

    Ya mereka kan sudah puluhan tahun, jatuh bangun menjual produknya disini. Jadi sudah banyak dipercaya oleh Masyarakat Indonesia

  22. Bardoel November 2, 2010 at 9:50 pm #

    payah memang si TVS ini, ibarat petarung, harusnya bisa bertarung secara sejajar dengan musuh-musuhnya tapi kathoke mloroot… karena gak di setuti! Kurang berani modall…

  23. kyko November 16, 2010 at 9:25 am #

    Absen gan…
    Cuma mau ingetin…
    Besok kurban mbek apa sapi?

    Нέнέнέ…( •̃͡-̮•̃͡)
    Apapun motor nya persahabatan dijaga…
    Xixixixixixi

    Hidup Honda…
    Biar kerasa dulu kang awi…
    Jangan ky katak dalam tempurung tuh kuch kuch hotahai….
    Pulsar aja bisa maju masa TVS kagak bisa…
    Нέнέнέ…( •̃͡-̮•̃͡)
    Tp biarlah… Toh tu motor udah kagak nangkring lagi dirumah… Kasian si merah penuh dengan pengorbanan dan penghianatan…. L3b4Y….

  24. Parmis November 16, 2010 at 11:20 am #

    TVS motor dari mana, Bang? China?

  25. meet_hana November 30, 2010 at 11:00 pm #

    Sebenarnya yang terpenting adalah tidak menjadikan “kemenangan persaingan” dulu untuk merk2 baru ini, tapi mempersiapkan after market alias bengkel2 terlebih dahulu, jadi masyarakat merasa yakin dan tergaransikan dengan baik..
    Udah gitu, namanya merk baru, harus banyak promosi yang menarik, atau melakukan suatu yang unik.. Fokusnya jangan menang dulu de, tapi upgrade dan adaptasi dulu sama dunia penjualan spd mtor.

  26. za December 8, 2010 at 9:54 am #

    Waduh, Mas Anton pakai sepeda dong. Gowes. Olahraga. Gak polusi lagi😀

  27. Aank wijaya January 29, 2011 at 9:18 am #

    main gempur”an skarang nii????
    hati”…
    jangan serius ntar brantem lageee!!!
    wkwkwk..

  28. a21s January 31, 2011 at 11:25 am #

    Masih aja ramai d bicarakan yaaa… udah sempet sepi ehhhh rame lagi, udah pada nyadar kali yaaaa…😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: