My Black my Macho 2 years

4 Jun

Tak terasa, 27 Mei lalu tepat si Black Macho menemani saya 2 (dua) tahun di perjalanan Ada suka maupun duka. Seperti yang pernah saya tuliskan di postingan 1 tahun lalu. Kurang lebihnya adalah sama.

  • Alhamdulillah tidak sampai pernah lagi jatuh atau menyenggol motor lain. Kalau kaca spion sih, jangan ditanya, banyak rider lain yang sradak sruduk, dasar nasibbb
  • Kondisi cat atau bodi masih seperti dulu.
  • Lampu, masih semua lampu… Fine. Belum pernah diganti. Ok.
  • Accu, masih juga tokcer. Sekali starter langsung nyala. meskipun itu pagi pagi buta dinginnya minta ampun (juga kalo 2-3 hari gak pernah pakai). Ok
  • Ban, karena hardcompound… masih terlihat keras dan bunga-nya masih tebal. Tapi akhirnya kena paku juga tuh, sekali. Yang jadi korban, velg jadi sedikit lecet kena perkakas di mamang tambal ban. Terus inginnya sih ban ganti, yang tapak lebar.
  • Speedo digital, masih OK.
  • Secara rata-rata harian relatif menurun dibandung 1 tahun pertama yang bisa 1 liter bensin menghabiskan 48Km, sementara di tahun kedua menjadi 1:42. ohya, BBM tetap memakai Pertamax. Sekali waktu pernah premium, gara gara susah cari Pertamax.
  • Dalam tahun kedua saya menggunakan Oli produk Pertamina, Enduro Racing SAE 10W-40, 3 x saya ganti. Sebelumnya di tahun pertama Motul 5100 – SAE 10W-40. Beda dikit perasaan ridingnya.
  • Tali kopling, Rem, dan juga kampas rem semua saya ganti ke orisinil bawaan TVS.
  • Ternyata selama 2 tahun saya belum pernah keluar kota. Kasihan deh gue. Dan baru menghabiskan 17.250 km.
  • Di tahun kedua gak pernah mencoba lagi memecahkan top speed yang 120kpj, cukup rata-rata di 70-80 kpj saja.
  • Oli di bagian mesin sebelah kiri mulai rembes di 6 bulan terakhir. Saya dapatkan info dari teman-teman, juga mengalami hal yang sama. Hal ini mungkin berkaitan dengan kualitas si penutup yang bulat itu, tidak dapat menahan panasnya mesin Apache.
  • Resume, yang saya rasakan di tahun kedua tidak ada pernah lagi keluhan yang bersifat major. Saya makin sayang saja sama si Black Macho.

Mudah-mudahan di tahun ketiga akan ada sedikit banyak perubahan disana-sini, mengingat akan datangnya saudara si RTR 180. Entar gak mau keliatan ketinggalan… hehehe. Just my dream…

12 Responses to “My Black my Macho 2 years”

  1. zaqlutv June 4, 2010 at 3:19 pm #

    assalamu’alaikum…
    wah si black macho tahun pertama mileagenya 1:48? punya saya baru 4000an km lumayan boros 1:41. padahal pemakaian jarang di RPM tinggi, rata 7000 s/d 8000 rpm. Beban pengaruh ga? sebab ridernya berbobot 80kg belom sama bawaannya… :p

    oiya Kang, di Bandung ada yang modif ringan ganti pake shock upside down ga? pengen nih..😉
    trus ada bocoran kapan yang 180 keluar ga? udah ngebet sama peleg belakang ama spakbor belakangnya serta stiker RTR di airscope-nya.:mrgreen:

  2. aWi June 4, 2010 at 3:47 pm #

    Waalaikum salam Zak.

    di Bandung mestinya ada kalau utk modif ringan. Tapi saya gak tau mau merekomendasikan yang mana. Kalau modifikasi berat, tuh anak anak Garut jagonya…🙂

    Mba Mieke gak nyebutin kapan-kapannya. Hanya memang sedang diuji coba. Sama saya juga kesengsem sama spatbor belakang, shockbreaker, sticker stripe-nya. Tapi kayaknya susah kalo beli potongan gitu…😦

  3. Tatang June 6, 2010 at 4:46 pm #

    Kang Awi… kok blog nya sempat melorot kagak siaran he.he.he… eeeee rupanya gati kaos dulu yah ?????

    Oke selamat on air lagi… salam buat si hitam putih nya he…he…

  4. zaqlutv June 7, 2010 at 10:59 am #

    Kang Awi, pagi tadi nganter istri ke kantor mendadak ban belakang bocor, untung tukang tambal ga jauh. lalu apa yang terjadi? tukang tambal ban nyaris putus asa untuk bisa ngeluarin ban dalam:mrgreen:
    karena proses lama akhirnya istri bareng sama temennya yg kebetulan lewat, kantornya emang udah deket sih.
    walo akhirnya berhasil dilepas, tapi setelah selesai ditambal, tukang tambal bannya nyerah, akhirnya manggil anaknya untuk masang bannya kembali:mrgreen:
    ga disangka ban apache sekeras itu. walhasil peleg pada baret-baret, ga mulus lagi😦
    proses 1 jam lebih.. apes..😦

  5. aWi June 7, 2010 at 4:05 pm #

    Sama nasibnya kalo gitu. Velg jadi korban keganasan tukang ban yang stress susah banget ngeluarin tuh ban dalam … :p

  6. galih June 8, 2010 at 6:56 pm #

    hari gini masih pake ban dalem…. tube less dong oom

  7. zaqlutv June 9, 2010 at 9:20 am #

    anu om galih..
    alasan masi mo pake ban dalem karena saya memikirkan umur komponen kaki-kaki apache supaya lebih awet..
    peleg bawaan apache sudah peleg palang (baca: cast wheel), lah kalo dipasangkan dengan ban tubless apa nanti umur komponen seperti as dan lakernya jadi cepet aus karena sering kena guncangan keras akibat jalan ngga rata? daerah saya jalanannya ngga bagus seperti di kota. maklum deket gunung.. kayak permukaan bulan:mrgreen:
    ya memang kalo pake tubless kalo bocor masi bisa ngacir n bisa tambal sendiri..
    cuma dengan kondisi seperti di tempat saya ya tetap pakai ban dalam, nih masi nyari ban luar yang murah tapi ngga murahan (naksir power vtx dan m600 nya mizzle):mrgreen:
    lagi pula kalo pake ban dalem secara ngga langsung ikut ngebantu penghasilan orang lain (baca: tukang tambal ban)😉

  8. a21s June 9, 2010 at 2:30 pm #

    wwwiiihhhhh….. 2th sudah menemani perjalanan kang awi…. jangan sampe ada dusta diantara kita….ekekekekeeee….

  9. ferry June 15, 2010 at 12:32 pm #

    hallo all, lama cuma baca2 doang :)) punten kang awi…

    si koneng udah lebih jauh ya😀 udah 27.000km. ban dah gundul total, menawan disaat kering :))

  10. abang July 2, 2010 at 10:01 am #

    Saya juga nih dari awal mileage cuman di 1:40 paling pol 1:45 kalo jalannya santai terus.
    Tapi mana betah bawa Apache jalan pelan?
    Iri sama yg lain yang bisa lebih irit. Mungkin bener ya bobot rider berpengaruh.

  11. rizky July 14, 2010 at 8:52 am #

    halo kang, damang? apache 160 cc aja udah enak, gimana yg 180 cc ya? dengar2 masuknya awal tahun 2011, kok lama banget. tanaya; TVS ada yg cc-nya 200 nggak+model turing. soale yg sekarang utk jarak jauh+lama riding pegel banget pinggang. thanks kang…

  12. Parmis July 15, 2010 at 3:45 pm #

    berarti telat maning. wong katanya mau di semester kedua tahun ini si 180 keluar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: