April, TVS turun 25,8 persen dari Maret 2010

7 May

JAKARTA, KOMPAS.com – Persaingan pasar motor di Indonesia antara Yamaha dan Honda, bak adegan dua lap terakhir balapan MotoGP di Jerez, Spanyol, Minggu (2/5/2010) lalu. Di mana Jorge Lorenzo (Yamaha) beberapa kali coba menyalip Dani Pedrosa (Honda) dan baru berhasil jelang dua lap terakhir.

Begitu juga yang terjadi di pasar motor April lalu. Merek berlambang gaputala kembali mengungguli rival abadinya dalam prestasi penjualan bulanan di pasar motor nasional.

Berdasarkan data penjualan wholesales teratas, lima anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yang berhasil diperoleh Kompas.com, Yamaha teratas dengan 308.418 unit, di atas Honda yang membukukan 304.529 unit. Di posisi ketiga, Suzuki dengan 35.228 unit, diikuti Kawasaki 5.875 unit, dan TVS 1.548 unit.

Dyonisius Beti, Presiden Direktur PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) mengatakan, tren pasar terus membaik diikuti daya beli masyarakat meningkat. Selain itu, lanjutnya, musim hujan sudah berlalu dan produsen pun mulai meningkatkan produksi guna memenuhi lonjakan permintaan.

Menanggapi kemenangan Yamaha, Dyon menggambarkan seperti balapan MotoGP yang berlangsung di sirkuit Jerez, Spanyol lalu. “Dani Predrosa (pembalap Honda) menang dari Rossi. Tapi Yamaha bukan mengandalkan Rossi, melainkan Lorenzo,” ujar Dyon, singkat, kepada Kompas.com (6/5/2010).

Dengan perolehan ini, maka secara komulatif Januari sampai April Yamaha makin mengukuhkan sebagai pemimpin pasar dengan 1.067.693 unit. Sedang sayap mengepak membayang dengan 1.055.239 unit.

Secara terpisah, Sigit Kumala, General Manager of Sales PT Astra Honda Motor (AHM) menjelaskan, saat ini pihaknya masih berkutat dengan masalah produksi pabrik yang belum optimal, khususnya untuk produk skutik. “Tahun lalu produksi skutiknya belum optimal cuma 105.000 unit. Padahal, permintaan di pasar masih inden semua,” jelas Sigit.

Hanya Yamaha dan Honda yang penjualannya mengalami kenaikan. Yamaha mencatat 13,9 persen dari Maret yang mencatat 270.641 unit. Sedang Honda meningkat 4,45 persen dari 291.528 unit (Maret). ATPM lainnya, seperti Suzuki justru melemah 9,6 persen dari 39.007 unit, Kawasaki merosot 23,2 persen dari 7.652 unit, dan TVS juga turun 25,8 persen dari 2.089.

Rekor Baru

Sementara itu, pasar motor nasional pada April juga berhasil mencatatkan rekor tertinggi selama empat bulan pertama 2010. Penjualan tercatat 655.598 unit minus satu merek anggota AISI lain, Kanzen.

Jumlah tersebut mengalami lonjakkan hingga 68,4 persen dari periode yang sama di 2009, tercatat 389.146 unit. Jika dibandingkan bulan sebelumnya, peningkatan terjadi 7,2 persen dengan 611.142 unit.

Data Penjualan Motor April 2010

Merek
Penjualan
Yamaha
308.418
Honda
304.529
Suzuki
35.228
Kawasaki
5.875
TVS
1.548
Total
655.598
Sumber: Anggota AISI
Penulis: AGK
Editor: bastian
Dikutip dari otomotif.kompas.com

6 Responses to “April, TVS turun 25,8 persen dari Maret 2010”

  1. zaqlutv May 7, 2010 at 9:06 am #

    iya nih, TVS masi kurang exist di masyarakat. apache-ku malah ada yg ngira buatan Mochin, hik hik hiks..😦
    Tapi waktu serpis kedua Sabtu maren di dealer resmi TVS Mojokerto, salesnya bilang; khusus pembeli Neo tromol atopun Neo cakram akan dapat sebuat HP, jadi yang tinggal di Mojokerto segera serbu TVS Mojokerto Jl. Majapahit no.249 kalo mo dapet HP gretongan dengan hanya membeli sebuah motor bebek Neo. Yang beli cash sama kridit ya beda jenis HP-nya..😀

    Tapi sayang kenapa produk lainnya seperti Apache dan RockZ promosinya kurang. Kalau hanya di even2 tertentu kurang mengena. Karena ga semua lapisan tahu. Tapi kalo di media TV ato cetak bisa dipastikan hampir semua lapisan tahu.
    Gitu.. peace dah..

  2. aWi May 7, 2010 at 12:49 pm #

    Zak, sampai saat ini…si Black Macho masih disangka Pulsar, bahkan oleh saudaraku sendiri….

    Jadi kalau nanya-nanya si Pulsie, selalu ke saya….Berhubung saya juga rada tau mengenai si Pulsi, ya saya jawab (tanpa mau mendebat bahwa saya punya TVS Apache … bukan Bajaj Pulsar) hehehehe…..

  3. a21s May 7, 2010 at 3:17 pm #

    TVS semakin d belakang….xixixixiiii ayo dong lebih semangat lg jualannya, biar tambah xsis di blantika music Indonesia….

    Ziiiiiiaaaaaahhhhhh ga nyambung…..heheheeee…….

  4. SkyrideR May 7, 2010 at 10:34 pm #

    Ayo TVS, Mampu ng kmu bikin motor füll fairing yg sporty..😉

    • mulyanto May 8, 2010 at 7:59 am #

      Yoi TVS mesti konsen ke penampilan deh. Pulsar merajalela karena penampilannya oke banget, padahal kualitasnya mungkin bagusan TVS yah. Minerva penjualannya juga udah head to head sama kawasaki, padahal kualitas mesinnya abal-abal.

  5. kukuruyuk May 8, 2010 at 8:14 pm #

    Bro.. mau minta informasi nih… kira-kira harga jual TVS apache itu berapa sih.. tahun 2008 atau 2009… mau bandingkan dengan Ymh, Hd dan puls…. kalau deket-deket ya mau pertimbangkan ini montor untuk sodara aye di Indonesie….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: