TVS Apache RTR 160 v 180

16 Apr

Is it worth to be waited? Apa yang membedakan si Menace ini dengan versi terdahulunya? Not just kapasitas mesinnya saja, yu mari kita bandingkan melalui tabel ini.

SPESIFICATION Apache RTR 160 (standar) Apache RTR 180
ENGINE
Type 4 stroke 4 stroke
Displacement 159,7 cc 177,4 cc
Cylinder Arrangement Single Single
Maximum Power 11,19KW(15,2 BHP) @ 8500 RPM 12,52KW (17,3PS) @ 8500 RPM
Maximum Torque 13.1 NM @ 6000 RPM 15,5 NM @ 6500 RPM
Bore x Stroke 62 mm x 52,9 mm 62,5 mm x 57,8 mm
Compression Ratio 9.5:1 9.5:1
Carburettor Mikuni BS-26 Mikuni BS-29
Valve Train 2 valves, single Cam 2 valves, Single overhead Cam
Valves per Cylinder 2 valves 2 valves
Power to Weight Ratio 111,76 BHP/ton 124.08 BHP/ton
Starting Electric and Kick start Electric and kick start
Iddle Speed 1400 RPM
Ignition IDI-dual Mode Digital Ignition IDI-dual Mode Digital Ignition
PERFORMANCE
Maximum Speed 118 KpH 124 KpH
SUSPENSION
Front Telescopic Forks 105 mm stroke Telescopic Forks 105 mm stroke
Rear (mig) with Mono tube inverted gas filled Mono tube inverted gas filled
DIMENSIONS
Height 1050 mm 1100 mm
Length 2020 mm 2085 mm
Width 730 mm 730 mm
Wheelbase 1300 mm 1326 mm
Ground Clearence 180 mm 180 mm
Saddle Height 790 mm 790 mm
WHEEL & TYRE
Rim Size (Front) 1.85 x 17” 1.85 x 17”
Rim Size (Rear) 2.15 x 18” 2.15 x 17”
Tyre Size (Front) 90 x 90 x 17” tube tyre 90 x 90 x 17” tubeless
Tyre Size (Rear) 100 x 80 x 18” tube tyre 110 x 80 x 17” tubeless
BRAKES
Front 270 mm petal disc 270 mm petal disc
Rear 130 mm DRUM 200 mm petal disc
WEIGHT
Kerb Weigth 136 kg 137 kg
Max.PayLoud 130 kg 130 kg
FULL TANK CAPACITY
Full 16 lts 16 lts
Reserve 2.5 lts 2.5 lts
CHASSIS
Type Double Craddle Double Craddle Synchrostiff

Oke lah kalau begitu. Anda pasti bisa menilainya…

Kalau saya bilang. Muantaaab juragan

11 Responses to “TVS Apache RTR 160 v 180”

  1. Ardianto April 16, 2010 at 4:49 pm #

    Wau, semakin rame nih pesaing honda dan yamaha. Terutama honda tigi

  2. Ardianto April 16, 2010 at 4:53 pm #

    Wuih keren, bakal jadi pesaing megapro dan tiger. Paling-paling menang apache, soalnya honda baiknya dulu, sekarang. . . Kayaknya kagak tu

  3. tikaku April 16, 2010 at 7:17 pm #

    Mas… kyaknya itu antara apache 160 dengan 180 tidak terlalu signifikan bedanya… yang jelas terlihat hanya powernya aja beda dikit. Sebetulnya kalau mau tinggal pistonnya di gedein dikit agar sama dengan 180 (tentu di bore up) nah belum tentu loh yang 180 bakal sama nantinya.. bole jadi yang 160 bore up 180 akan lebih bagus… padahal harganya dari 160 ke 180 beda sekitar 2 jutaan… kan sayang yah….

  4. aWi April 16, 2010 at 9:29 pm #

    Nah, bro Tika bisa ngitung-ngitung. Harga pantas si Menace berapa sih.

    So, kalau si RTR standar disini sekitar 17,5 juta … maka si Menace jangan lebih dari 19,5 juta…. Entar dibilang mahal…. We’ll see, brother.

  5. Tulus Budi April 19, 2010 at 1:31 pm #

    kalo Apache160 single disc ajah diposisikan hanya 500 rebu dibawah Pulsar 180 -> kira2 Apache RTR 180 akan diposisikan 500 rebu ampe 1 juta dibawah Pulsar 200 ato bahkan lebih mahal ….

  6. Jhony April 19, 2010 at 9:04 pm #

    posisikan saja yang 180 itu 17 juta dijamin banyak yang melirik … lha wong teknologi mongtor itu standarnya itung aja berat logamnya gitu loh… harga dasar berat logamkali harga logam pada umumnya (karena membuat blok mesin dengan nuangin besi coran biasa pada dasarnya sama aja yang beda cuma cetakannya aza)…

    Contoh :

    Kalau sebuah motor harganya 17 juta,
    berat logam (blok mesin, piston, rangka, velg) dan logam lainnya katakanlah 100 kg dengan berat komponen non mesin (ban dan plastik2) katakanlah sisanya 30 kg… maka kalau harga dasar logam (pukul rata campuran antara baja, besi dan alumina) misalkan paling mahal Rp.30.000 per kg (harga besi baru) maka harga dasar konstruksi nya adalah cuma Rp. 3.000.000 doang, plastik dll katakanlah per kg Rp. 5000 maka jumlahnya sebesar Rp. 150.000
    Ongkos cetak produksi dan pengecatan motor paling banter sekitar 1 – 2 juta maka harga motor tsb. paling tidak maksimum hanya antara 5 – 6 juta saja.. jadi dari 6 ke 17 juta yang bermain adalah pabrikan, eksportir, ATPM, pajak dsb… lebih mahal ongkos lain-lainnya daripada harga dasar motornya sendiri. Sebagai pembanding kalau bro beli kompresor dengan motor bensin aja harganya di bawah 3 jutaan kan… silahkan hitung lagi bener wajar nggak harga motor di atas

    • Prazt May 13, 2010 at 9:44 pm #

      wah…wah… wong meduro iki, ngitung timbangan rongsokan….. kekekekekek

    • bambang October 22, 2011 at 12:13 am #

      xixixi… bener juga tuh ya… tp ongkos riset n desain ud diitung blom???lebih murah lagi klo bikin motor pake kertas koran

  7. Martin April 21, 2010 at 8:37 am #

    masukin aja tuh menace..biar kita bisa comot fender blkg, spido, swing-arm, ma velgny..hahahaha
    mnurut saya harga menace seharusnya lebih tinggi daripada pulsar180 klo dilihat dari mesin..tapi kaki2nya pulsar lebih ok..jadi harusnya harga menace sama ma p180..

  8. Prazt May 13, 2010 at 9:41 pm #

    masih bangga dengan Tigi…?
    rasanya gak dech, malah jadi keliatan tampak bodoh, buang uang utk teknologi jadul.

    Kita tunggu aja masuknya Menace, atau impor aja bore-up kit, saya pasti beli, tapi kalo gak segra masuk, saya siap ke bengkel corter, bore up jadi 180 or sekalian 200cc aja. Gak susah kok, apalagi Jogja kan gudangnya modif engine.

    • Martin May 14, 2010 at 8:28 am #

      masalahnya apakah piston penggantinya sesuai? mxdnya piston RTR tuh pendek, ring tipis, & enteng (150gr dah termasuk pin+ring)..klo diganti ma yg lebih berat, kemungkinan besar getaran bakal lebih besar..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: