TVS Siap Hadirkan Apache RTR 180

15 Apr

Jakarta – Makin berkembangnya pasar motor tanah air, membuat ngiler banyak pihak. Setelah Bajaj mengeluarkan Pulsar 135 LS, rivalnya asal India TVS pun ternyata tidak mau kalah.

TVS Apache RTR180 (Gambar diambil dari walls.indiauto.in)

Sebab pabrikan nomor dua terbesar di India  tersebut ternyata sudah menyiapkan amunisi baru untuk menggempur pasar motor Indonesia yakni dengan rencana menghadirkan TVS Apache RTR 180.

PT TVS Motor Company Indonesia (TMCI) pun terdeteksi sudah meminta izin ke Kementerian Perindustrian untuk memasukkan TVS Apache RTR 180 M/T. Bila benar akan masuk, motor yang tangkinya dapat menampung hingga 16 liter bensin ini tentu akan segera meramaikan pasar motor Indonesia.

Spesifikasi Mesin

Displacement 177,4 cc
Jenis mesin 4 tak berteknologi EFi Karbu (Single Cylinder, 4 Stroke)
Daya 17,3 PS @ 8.500 RPM
Torsi 15,5 Nm @ 6.500 RPM
Transmisi Manual 5 percepatan

Di India sana, TVS Apache RTR 180 ini dilepas dengan tiga empat pilihan warna yakni kuning, silver, merah hitam, dan putih. Hadirnya motor ini ke Indonesia tentu merupakan angin segar bagi konsumen motor sport nasional dan menambah daftar pilih di kelas ini.

Pilihan warna Apache RTR180: Grey, Black, Yellow, and White

Dikutip dari tulisan Syubhan Akib di detikOto.

Informasi detail mengenai spesifikasi dan penampakan si macan putih ini ada di tulisan:

Spesifikasi dan Penampakan Apache RTR 180

Video Apache RTR 180

Tambahan, Spesifikasi Mesin Apache RTR 180:

12 Responses to “TVS Siap Hadirkan Apache RTR 180”

  1. lae togar anak medan April 15, 2010 at 12:56 pm #

    mantaf, mantaf kalau begitu. pasar mongtor sport makin rame

  2. zaqlutv April 15, 2010 at 4:52 pm #

    maaf kang awi…anu… yang mo keluar itu bukannya yang masi karbu? kata orang dealer mojokerto sih gitu..

    • aWi April 15, 2010 at 8:46 pm #

      Iya, harusnya saya ralat. Yg EFi belum dikeluarkan disini (dengan mesin 160cc).

      Karbu dengan single cylinder, 180cc itu yg dimaksud. Thanks mas Zaqlu.

      • zaqlutv April 16, 2010 at 7:42 am #

        iya kang awi, jadi nih kayaknya tuker spakbor belakang ma peleg belakang, cuma airscopenya ada yg warna merah ga yaa..?? ato paling ngga jual stiker logo RTR yang gede itu ga yaaa…??? keren euy…

        btw dealer mojokerto juga bilang kalo mo keluarin matic versi indonesia, soalnya yang versi indihe modelnya kejadulan..kapan keluarnya katanya sih awal 2011..

        matic?? ga minat deh..masi ngeri liat temen bawa matic tuas gas-nya ga balik, walhasil ciuman ma pohon trus mandi di sawah plus luka di sana-sini. kalo ada kopling kan masi bisa tarik kopling biar ga ngegas terus plus ada saklar engine off.. kalo motor semi manual (bebek) masi bisa injek dan tahan pedal gigi biar tali kopling ketarik jadi mesin juga ngga ngegas terus, kalo sempet ya puter kunci kontak matiin mesin..

        lah matic? serem ah.. kurang safety..


        Zaki

  3. alit April 16, 2010 at 8:04 pm #

    waahh..
    kalo jadi c jangan sampe kayak yang 160 dulu.. banyak bgt masalahnya..
    dan pastikan kalo ni motor bner2 cocok bwt kondisi di Indonesia..
    kira2 brapa ya harganya…?????

    • zaqlutv April 19, 2010 at 8:32 am #

      alo bang Alit,
      Berdasarkan dari pengalaman temen-temen yang make Apache, yang banyak bermasalah itu adalah yang masi CBU, kalo yang udah CKD jarang ada masalah. Beda CBU ama CKD itu dari letak nomor rangka. CBU letaknyanya di sebelah kanan, kalo CKD itu ada di sebelah kiri nomor rangkanya.
      Saya pakai Apache facelift CKD rakitan 2009 yang udah dilengkapi rem cakram belakang dan airscope. Alhamdulillah sampai kilometer 2200 belum ada masalah, kalo make ya lumayan digeber rata-rata 70-100kmph. mileage kurang lebih 45:1.
      sebenarnya ada kelemahan yang lumayan menganggu, yaitu tinggi badan saya yang cuma 168cm. Walhasil kalo mundur ampun dah susah be’ner.. ^_^
      solusinya ya di pendekin dikit shock depan 1cm, kalo papras joknya sayang ah, empuk sih.. kucing saya aja seneng tidur di atas jok apache, skrg dah baret-baret bolong gara-gara dicakarin ma dia.. apes..😥

      • Martin April 21, 2010 at 8:47 am #

        @alit
        katanya masih ada problem geter d rtr180..

        @zaqlutv
        klo problem geter ada ga d versi CKD??

  4. zaqlutv April 21, 2010 at 9:14 am #

    tetep ada Om Martin, kalo kelamaan di bawah 6000 rpm antara gigi 1 ampe 3, diatas 6000 rpm nyaman banget. tapi waktu masi pake tigi 97 ya sama sih, jadi soal getaran ya ga ganggu, hal yang wajar. namanya juga tumbukan piston ya timbul getaran lah. solusi cukup pake sarung tangan minimal bahan kulit kalo ga ada yg dilengkapi protector, bisa redam getaran..

    cuma ya itu, joknya tinggi banget, bini gw yang cuma 156cm susah kalo mo turun, heheheee..
    makanya kalo peleg belakang 17 punya apache 180 dah ready stok, gw ambil ah plus spakbor belakangnya..

  5. rizky April 21, 2010 at 9:09 pm #

    halo kang, nibruk ya. ok jg apache 180cc. tp kyknya tuh motor bs lari lbh dari 124km/j (mungkin sekitar 140 km.j; kondisi standar). soale punya sy yg 160 cc DD 2009 bs lari 133 km/j, pdhl standar. hanya ganti kampas and rem kopling dgn yg racing, busi denso iridium dingin, and bensin prtamax dan prtamax plus. selain itu kudu cari mekanik tvs yg bagus. soale beda mekanik, beda seting, beda performa. mudah2an yg 180cc sgra kluar. thanks kang

    • aWi April 21, 2010 at 10:16 pm #

      Siaplah … saya juga sudah penasaran sama performa si Menace ini

    • ferry June 15, 2010 at 12:34 pm #

      kampas ganti merk apa?

  6. bowgank June 10, 2010 at 5:59 am #

    Salam kenal masbro… Saya tertarik dengan warna yg putih, semoga jadi di-launching pertengahan tahun ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: