Maret milik Honda, tapi 2010 masih milik Yamaha

7 Apr

Tertinggal dua bulan pertama di 2010 dari rival Yamaha, membuat produsen motor terbesar di Indonesia, PT Astra Honda Motor (AHM) terus berbenah diri. Akhirnya, pada Maret 2010 Honda motor berhasil kembali memimpin penjualan.

Honda v Yamaha

Dari data yang diperoleh AISI, merek motor berlambang sayap mengepak berhasil mencatatkan penjualan domestik 291.257 unit. Jumlah itu meningkat 19,6 persen dari bulan sebelumnya yang menjual total 243.412 unit.
Sementara Yamaha kembali menduduki posisi keddua penjualan nasional dengan total 269.041 unit. Meski posisi turun setingkat, namun penjualannya mengalami kenaikan 7,2 persen dari bulan lalu 250.894 unit.

Menanggapi situasi ini, Presiden Direktur PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) Dyonisius Beti mengatakan, Yamaha tetap konsisten menjaga pertumbuhan penjualan, sama seperti bulan-bulan sebelumnya. “Kami lebih mementingkan sustainable growth (pertumbuhan kesinambungan) karena lebih nyaman bagi pihak dealer,leasing,pabrik,karyawan,dan vendor. Tidak seperti jet coster yang naik lalu turun drastis,” ujar Dyon.

Meski demikian, perubahan peringkat penjualan bulanan belum bisa menggeser kekokohan merek garputala dalam perolehan komulatif sepanjang kuartal pertama tahun ini. Yamaha masih kokoh memimpin dengan total penjualan 759.275 unit sementara Honda masih harus puas di posisi runner up dengan angka 750.710 unit.

Julius Aslan, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, lonjakan penjualan memang terjadi khususnya di pasar ritel sepanjang Maret. Situasi ini membuat distribusi otomotis tergenjot menjadi pertumbuhan positif bagi penjualan wholesales.

“Selain itu hadirnya beberapa produk baru ikut menggenjot penjualan, ini merupakan situasi yang baik, dan diharapkan terus membaik lagi,” tukas Julius.

Dikutip dari Kompas Online!

4 Responses to “Maret milik Honda, tapi 2010 masih milik Yamaha”

  1. bachex April 8, 2010 at 10:11 pm #

    Pernyataan yg nyleneh dari Dyon. yg namanya jualan itu gak ada yg tau bakalan laku berapa. temen gw aja jualan baju sehari kadang bisa laku 20 biji kadang malah gak laku sama sekali. ya itu wajar.

  2. nORk April 9, 2010 at 9:15 am #

    2:1 untuk yamaha

  3. Maskur on Buah Kepel April 9, 2010 at 1:16 pm #

    BUlan depan bagaimana, apakah Honda lebih unggul, atau Yamaha makin di depan?

  4. Semakin kevevet April 26, 2010 at 11:00 pm #

    Tambah aja 100 diler diler baru, isi gudanng mereka dengan stok rasio 1,5 naik deh penjualan wholesales… hahahahahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: