TMCI fokus ke kelas Bebek?

5 Apr

Beberapa minggu terakhir saya menjadi referensi adik saya yang sedang bingung memilih motor. Awalnya dia sudah menetapkan antara Bajaj Pulsar 180 atau TVS Apache RTR DD. Dia jelas sudah tahu TVS Apache, karena pernah coba, dan dia katakan “enakeun…”.

Black Macho: the Next Menace

Akhirnya weekend kemarin, dia sudah menetapkan pilihan. Pilihan ternyata jatuh pada merk lain, Jepang punya. Lalu spontan saya tanya, loh kok jadi pilih itu?

Nah jawaban yang buat saya kecewa adalah katanya info dari Dealer TVS, “ke depannya, TVS akan lebih memfokuskan ke penjualan Bebek.”

Itulah salah satu (dari beberapa alasan), akhirnya adik saya tidak jadi memilih TVS Apache. Adik saya yang ingin menjamin bahwa pilihannya adalah benar, menjadi ragu-ragu.

Padahal minggu lalu, saya baru ngobrol-ngobrol singkat dengan Pak Benny, bahwa TVS mempunyai keinginan RTR 180 ada di Indonesia.

Jadi kenapa TVS yang di India sana terkenal mengeluarkan produk master piece-nya berupa motor sport bertipe Racing, kok disini lebih ke bebek?

Jadikan TVS sebagai ikon produsen roda dua bertipe racing yang berkualitas.

Jika itu terjadi, produk kelas Bebek pun akan terangkat. Bukan kebalikannya. Bebek dulu yang diangkat, tapi menghadapi persaingan yang super ketat di kelas ini.

Memang, Pasar di kelas sport lebih sempit (jika dibandingkan di kelas bebek dan matic), tapi konsumen di kelas ini lebih maniak, cerdas, dan ‘berkelas’.

Oleh sebab itu, saya setuju jika RTR 180 ada disini! Sebab itu akan lebih mengangkat ikon TVS sebagai motor racing. (walaupun bukan utk balap-balapan di jalan umum lo).

Kembali ke perbincangan pemilihan motor oleh adik saya. Ada beberapa alasan lain kenapa bisa berpaling:

  1. Gambar yang ada di Internet (www.tvsapache.com) berbeda dengan yang di showRoom dealer. Lebih menarik.
  • Jawaban saya: ya memang berbeda. di ShowRoom Apache RTR 160 RDB/DD, sementara di website RTR 180. Saya juga ingin banget. Lebih garang dengan mesinnya yang lebih besar.
  1. Alhamdulillah, dia baru mendapat bonus dari kantornya, sehingga bisa membeli motor yang lebih mahal.
  • Jawaban saya: ya itu sudah pilihan kamu, de. Tapi menurut hemat saya, uang sisanya bisa kamu belikan Ban yang lebih bagus dan lebar. Kemudian bisa kamu modif sesuai keinginan kamu. Misalnya dijadikan mirip RTR 180. (Ya, mending beli RTR 180, yang sayangnya belum ada di Indonesia).

Resumenya adalah bahwa tipe sport yang menjadi salah satu produk TVS haruslah tetap menjadi ikon. Lebih mahal itu sebuah resiko jika ingin memiliki kualitas.

Apache akan selalu lebih dikenal duluan. Seperti Pulsar di Bajaj (jika dibandingkan XCD yang tidak sesukses kakaknya).

Jadi, pastikan TVS tetap dikenal dengan motor sport racingnya, pastikan RTR 180 ada di Indonesia.

6 Responses to “TMCI fokus ke kelas Bebek?”

  1. icaq's April 5, 2010 at 10:40 pm #

    Yah,…..bebek lagi

  2. blognyamitra April 6, 2010 at 10:59 am #

    Kelas bebek pangsa pasarnya menggiurkan dibandingkan sport meski kudu bersaing dengan pabrikan yg sudah mapan macam Honda ato Yamaha.

  3. Maskur on Servis Di Bengkel Resmi April 6, 2010 at 5:08 pm #

    Mampukah bersaing dengan motor2 jepang,
    motor jepang aja yang 2 keteteran ngejual bebek

  4. aWi April 7, 2010 at 11:25 am #

    Ya, tapi Kawasaki walaupun dari segi jumlah penjualan setiap bulannya jauh sekali dibandingkan 2 teratas, mereka memiliki konsumen fanatik.

    So, walaupun gak signifikan jumlahnya, pengguna produk ini sudah tau kualitas produk yang dibelinya.

  5. Jhony April 8, 2010 at 7:01 pm #

    Beuhhh. bebek lagi..bebek lagi iraha atuh Sport nya… Sayang sekali pilihan jatuh ke lain hati nih.. soal mesin dan tarikan apache mah sudah tidak usah diragukan lagi… saya masih ngelus terus apachenya … sesuai celotehan Mas Awi di awal 2008…
    Motor sampai sekarang belum pernah punya keluhan yang berarti.. busi belum pernah ganti, bensin masih irit, hanya itu aja tuh Mas, keluhannya sama dengan Mas Awi rem belakangnya kalau kena air suka bunyi tikus… cit.cit.cuiiiiiitttt…

    Berani tampil beda… Let’s the apache goes on…..

  6. AD1N April 14, 2010 at 12:08 pm #

    Bebek buat balikin modal…. but RTR series yg jadi benchmarknya …

Leave a Reply

