Karma

6 Jul

Who does believe in Karma? I dont!

Karena sesungguhnya yang ada adalah seperti menuai benih, kita akan mengambil manfaatnya. Siapa yang berbuat kebaikan, kita suatu waktu akan mendapatkan balasannya. Begitu juga sebaliknya.

Saya begitu yakin, tulisan yang dibuat bisa ada yang suka dan tidak suka. Its Ok. Saya sendiri tidak bermasalah dengan itu. Yang saya ceritakan di Blog ini masalah saya, pengalaman saya, tapi bisa yang lain yang tersinggung. Kok bisa, ya? Sepertinya ada yang care…. hehehe.

Ini saya punya cerita. Ceritanya hampir persis dengan yang saya alami sekarang. (kurang lebih 8-10 bulan lalu). Saat itu, saya kedatangan pengunjung baru dengan motor barunya (Apache tentunya), lalu beliau sepertinya komplain dengan yang dialaminya. Sampai ceritanya ke mailing list (e-mail) pengguna Apache. Ceritanya: (menurut saya saat itu), kok terlalu dilebih-lebihkan (sampai ke urusan menajemen marketingnya diserang. Pak Benny jadi kena hehehe). Dan akhirnya membuat blog ini menjadi keruh. Suasana yang kritik membangun, menjadi kritik menjatuhkan. Apalagi beliau kemudian menuliskan di Blog beliau sendiri. (mungkin teman-teman yang sudah 1 tahun bersama Blog ini, juga ikut di Miliz pasti tahu).

Awalnya, saya masih sabar membaca komentar dan tulisan beliau. Lalu saat, beliau menuliskan tulisan Motor Bobrok, saya langsung panas. Karena saya merasa, saya yang lebih lama punya produk ini tidak memiliki masalah yang dia alami. Yang seakan-akan, ini motor parah banget. Lalu saya tulis di email itu, “Pak, kalo motor/kendaraan itu tergantung bagaimana kita memperlakukannya. Kalo kita memperlakukan sayang dan cinta, pasti motor itu tidak akan bermasalah…mungkin ini masalah bapak. bla….bla….bla…. (sampai terus menyebutkan bahwa memuji-muji materi/bahan TVS saja sudah yang terbaik).”

Apa yang terjadi setelahnya? Beliau balik berkomentar menyerang saya. Saya menyesal meladeninya. Saya pikir beliau mungkin memang mengalaminya. Dan beliau beli motor itu dengan uangnya. Beliau apalagi lebih berpengalaman di permotoran (sejak tahun 70-an, senior rupanya). So, jadi wajar beliau yang sudah berharap lebih terhadap motor ini, menjadi kecewa berat. Even though saat itu, saya sama sekali belum pernah bermasalah. (di saat yang lain sudah bermasalah), saya tersadar orang punya masalah berbeda-beda. Saya tidak bisa menjudge, bahwa (waktu itu saya bilang ke beliau), itu bapak salah asuh, jadi motor bapak juga jadi masalah. Bapak punya dosa apa… (karena saking kesalnya).

Lalu masalah umum mulai mencuat dikala salah satu pengunjung BLOG, menceritakan keluhannya. Baik itu terhadap motor maupun dealernya. Yang saya rasakan juga menghinggapi saya. Saya mulai saat itu, lebih terbuka terhadap komentar yang masuk. Selama tidak menjurus ke personal, SARA, dan kasar. Saya sendiri sebenarnya menjadi lebih sibuk, untuk memfilter komentar yang masuk. Agar minimal masih enak dibaca. Tapi ya itu, tadi saya terbatas oleh waktu. Sehingga banyak komentar keras yang masih bisa lolos.

Namun itu bagi saya pembelajaran yang sangat berharga. Saya sebagai admin Blog harus lebih dewasa menyikapi semuanya. Saya disini sendiri, independent. Tidak terkait klub atau komunitas atau personal lainnya. Setidaknya sampai saat ini. Jika ada yang tidak suka postingan saya, silahkan komentar dengan dewasa, bertanggung jawab dan jujur. Maksudnya, nama disini, bisa beda nama di Blog lain. Catatan disini, bisa beda info ke Blog lain. Katanya sudah 15.000KM, bisa 11.000 di Blog lain. Beda 4000KM, besar brother. Nama asli dan pekerjaan (gak usah lah.) Asal konsisten dan komit bertanggung jawab atas namanya. Thats why i dont approve inappropriate name and content in this BLOG!

FYI: coba lihat histori postingan di Blog ini. Anda bisa melihat dari bulan April 2008 sampai saat ini. Topik sangat beraneka ragam. dari Keunggulan TVS Apache, Bersama kita Maju, sampai Kelemahan TVS Apache. Hanya saya bingung, kenapa topik yang mengupas kelemahan/kekurangan motor kok yang paling banyak dibaca? Tanya kenapa? Padahal saya sudah menyediakan dan mengupas kehebatan ini motor. Thats why This BLOG has award from PT.TMCI. Karena turut mengenalkan produk TVS ke masyarakat Indonesia.

Im not proud about it. But thats is proved, this Blog turut andil dalam pengenalan suatu produk. Saya tidak mengambil keuntungan dari itu. Catat! Tidak sepeserpun!

So, memang kalo berita positif selalu sulit menyebar. Lain cerita kalo berita negatif. Seakan-akan BLOG ini penuh dengan kebencian / sumpah serapah, dlsb kepada produk TVS. mudah sekali menyebar dan membuat image BLOG ini sebagai BLOG garis keras. Coba tolong baca postingan yang baik-baik, lalu buat komen disitu. Biar tahu, bahwa anda memang orang yang netral.

Catat: yang menulis keras terhadap PT TMCI dan produknya adalah para pengunjung. I Dont! I’m just share it.

In another side, saya juga tidak menyediakan ring untuk adu tulisan/argumen (debat kusir). Kalau mau berantem, silahkan di luar. Tapi kalau menyerang owner BLOG, silahkan tuliskan nama asli dan pekerjaan. Nanti saya layani. Lain itu, saya anggap SPAM!

Memang I’m just only Human, ordinary Man. Yang punya keterbatasan.kelemahan.kekurangan. Yang sempurna hanyalah ALLAH SWT. Thats for sure!

6 Responses to “Karma”

  1. jonny July 6, 2009 at 7:34 pm #

    Kang … Mas Awi…. boleh sedikit ngomentari yah walaupun belum tentu dijawab lagi he..he…

    Mas Awi yang sudah bersusah payah memberikan informasi se obyektif mungkin tentang ini motor… sudah jangan terpengaruh kiri-kanan… saya senang blog nya Kang Mas Awi kok.dan saya yakin banyak broter lainnya pun setuju (ya nggak ????) Soal motor, sejak saya terpengaruh info nya Mas Awi sampai sekarang swear merasa find find saja dengan nih motor, walaupun yah ada sih sedikit-sedikit kekurangannya… Namanya aja buatan manusia.. motor apapun pasti ada kekurangannya.
    Over all … kelebihannya saya rasakan lebih banyak daripada kekurangannya… kalau tidak mungkin sudah masuk bengkel berkali-kali.
    Sewar lagi… motor saya belum pernah rusak ini itu, kecuali ganti olie, busi, lainnya biasa suara mesin jahit mah tigii aja lebih keras.. jadi saya biarkan … toh mengeluh juga tidak ada tanggapan dari Dealer ATPM…

    Oleh karena itu Mas Awi, terus maju dengan menyajikan aneka infor baik tentang motor ini maupun yang lain… saya yakin tujuan anda membuat blog ini (disamping target sejuta umat he…he..) tentunya untuk sebanyak mungkin berbuat kebaikan… Itulah sebabnya dari awal selalu usul ke Mas Awi coba kalau ada postingan yang masuk di filter dulu… Qaulun ma’rufun wa maghfirotun khairun min shadaqatin yat bauha aza…. Perkataan yang baik dan pemaaf tentunya lebih baik dari sedekah atau pemberian apapun tapi ujungnya menyakitkan…

    Mari kita bangun masyarakat yang cerdas… santun… berlomba-lomba untuk berbuat baik… mumpung masih diberi umur untuk menikmati hidup.. Kita tidak tahu apakah di Surga atau neraka nanti akan ada MOTOR Wallahu Alam… So… dont worry be happy… enjoy your life brother

    Peace to all
    Brother ” D – 6418 ”
    Wassalam

  2. a21s July 6, 2009 at 8:12 pm #

    MAJU KEDEPAN ….. BERARTI MENJEMPUT KEMENANGAN
    DIAM DITEMPAT ….. ADALAH KEKALAHAN
    MUNDUR ….. BERARTI KEHANCURAN
    KEEP FIGHTING …. BE A WINNER

    TETAPLAH MENJADI PRIBADI YANG BAIK …. DAN TETAPLAH TERSENYUM 😛

  3. apdri July 7, 2009 at 9:34 am #

    ada karma yang ane sukai …
    yang warnanya coklat tua, rasanya manis …
    ukurannya sebesar ibu jari …
    banyak dijual buat buka puasa di bulan ramadhan …

    hehehe peace ah… just kidding🙂

  4. a21s July 7, 2009 at 10:21 am #

    hehehe kalau karma ntu aye juga sukang bang apdri itumah sunah rosul… 😆

    • Kulo nuwun July 7, 2009 at 10:34 am #

      Klo sunnah rosul tu malem jumat, mas….
      he nga nyabung ya..

  5. Kulo nuwun July 7, 2009 at 10:36 am #

    buat yang belu baca anouncement di millis ARCI,

    Dear All,

    Buat teman2 dijakarta,Dalam rangka penanaman 1000pohon TMC mo adain touring ke jogja, free Hotel + 1kali makan/hari. non BBM, Buat yang mau gabung caranya,

    1. Siapin Waktu dan Stamina juga Motornya biar ready di tgl 18-19 July 2009.
    2. Buruan daftar ke AYU di 0818857455 nga usah pake lama, biar gampang panitianya.
    3. Lengkapi surat2 kendaraan, safety riding juga uang buat beli bensin ..Jiahhg..

    So buruan tunggu apa lagi, buruan daftar tapi nga boleh bawa pacar

    Thanks
    Ayu / 0818857455

Leave a Reply

