baru 1 tahun, Tali gas sudah lepas (baca: LEPAS!)

29 Jun

Beuh!… hari itu saya sangat kesal dan bete. Mengapa tidak? kamis itu saya sudah merencanakan akan mengunjungi PRJ di Kemayoran Jakarta. Untuk itu, saya dari kantor sudah cabut duluan sekitar jam 13.45 WIB. Pulang ke rumah, lalu berangkat bersama keluarga ke Jakarta.

Namun apa yang terjadi, sungguh membuat wajah saya merah padam. Tiba tiba tali gas si Black macho lepas. Otomatis dong, mesin gak bisa ditarik…. yang membuat saya panik… di tengah kota, dan tidak ada bengkel pinggiran biasa. Saya dorong itu blackie. Sampai akhirnya menemui bengkel resmi Yamaha di Jl. Merdeka (dekat BIP).

Peduli sapi, saya masuk aja ke bengkel itu. Baru masuk saja, sudah diplototin tuh blackie. Saya tanya, “Mas bisa minta tolong, ini tali gas lepas…” Sambil ragu si montir menjawab, ya saya coba….

Lalu si montir mulai ngutak ngatik tuh… diikuti rekan-rekan montir tersebut. ALhasil ada 5 orang coba bantu. Kira-kira kurang lebih 1 jam!… mereka akhirnya berhasil. Masalahnya si dudukan pentil talinya sudah dolll alias aus. Jadi lepas lagi, lepas lagi (FYI: ini lepas yang kedua!). So, mereka mengakali dengan melilitkan kenur (tali plastik utk layangan) kemudian dibakar (biar nempel)…

Waduh, masa sih sudah Doll alias aus…. dan itu kalo mau ganti kan mesti 1 set. Beuh! (lagi)….

AKhirnya kira-kira jam 16.15 motor tuh bisa keluar. Namun dengan hati hati, karena dikhawatirkan lepas lagi. (jadi trauma nih). Saya coba menuju Dealer Buah Batu. Sesampai disana, tepat jam 16.45 (berhubung macet), dan diterima Bang Joe. Setelah diceritakan ini-itu. si Joe bilang, bengkel dah mau tutup. Besok aja lagi….

Ya sudah saya cabut ke rumah. Dan sampai rumah, saya pinggirkan tuh blackie. Gak saya sentuh sentuh lagi. Saya masih trauma. Sampai sekarang saya ke kantor pake Grey Mio. Biarin lah, kecil kecil tapi gak cerewet…..

Thats all folks!

38 Responses to “baru 1 tahun, Tali gas sudah lepas (baca: LEPAS!)”

  1. apdri June 29, 2009 at 10:55 am #

    …. P3K-nya mungkin digedein dulu setelan gas yang ada di karburator pake obeng… lalu jalanin motor sambil main kopling pelan-pelan sampai ketemu bengkel…
    trik itu ane denger dari orang yang turing ke luar kota dan putus kabel gasnya di tengah jalan…

    • aWi June 29, 2009 at 11:02 am #

      Iya kang apdri. Saya hanya kesel saja, selama ini saya pakai halus (baru 1 tahun, 1 bulan). KM belum lebih dari 8200. Nyaris tidak pernah keluar kota.
      Saya tidak dapat membayangkan, kalo itu motor cape (sering turing dlsb.). Saya rawat tuh blackie sangat baik. Pokoknya the best lah…. Ehhh, taunya dudukannya sudah ausss/dolll…….

      Ya, namanya punya rencana… ada kejadian yg menghambat, langsung deh bete….

      Thanks for your tips….

  2. madie June 29, 2009 at 11:09 am #

    kalo dah 2x putus itu kayaknya mah harus banyak bertobat …gmna amal-amalan bro…..beuuhhhh

    apache hitam aq aja dipake subang mudix km dah 15000..ga ada masalahh tali gasnya…beuhhh…

    astagfirullah bro 1000x…..itu obatnya!

  3. Martin June 29, 2009 at 12:27 pm #

    Yg sblah atas ato bwh? Ga suka d gemukin y? Bgian situ sk g cuci y?
    Btw, anw, buw batal dnx k prjny..

  4. AD1N June 29, 2009 at 5:40 pm #

    Waduh… makin g rekomen ney motor jdnya…

  5. ben June 29, 2009 at 6:10 pm #

    sekedar urun rembug yach…. ada temenku yang kerja di ATPM motor … temenku bilang, untuk tiap part ada pengujiannya, misalnya starter harus mampu di on-off minimal 10ribu kali tanpa kerusakan berarti di starter. untuk kabel gas dan kabel spedo uji tarik dan uji putar dengan beban tertentu … mungkin itu sebabnya motor mereka lebih mahal… soal kualitas part emang enggak bisa dilihat dengan mata telanjang tetapi harus melalui proses waktu. seharusnya masalah daya tahan part menjadi perhatian pihak ATPM, atau jargon murah-meriah akan jadi bumerang bagi produsennya

  6. jonny June 29, 2009 at 6:31 pm #

    Waduh musibah lagi… ngomong-ngomong seing bener tuh motornya kena masalah…. jadi juga di jual he..he..he..

  7. khutanari June 30, 2009 at 8:07 am #

    Sudah bisa diprediksi..kualitas si Black..

  8. ferry June 30, 2009 at 10:12 am #

    ato mungkin malah perlu dibuat bandel aja kang…

    si koneng udah 12 ribu km, jalan selalu pol rpm (seringnya), nyuci kalo pas inget, jatuh bbrp kali, buat mudik ke magelang pun jadi, syukurlah cuma cat aja yg ngelupas sana sini.

    tapi mosok jualan motor pake iklan : motor bandel, jangan pernah dirawat😛

    • oudry July 1, 2009 at 10:53 am #

      hahahahaha😀

      • ferry July 1, 2009 at 4:25 pm #

        kamsud gw, untuk masalah2 yg kelihatan di mata. n pasti langsung bikin motor mau gag mau terhambat jalan, ya, kek kabel putus, banyak yg udah ngalamin, kampas depan, dll, yg udah dibahas.

        dibawa bandel, toh kalopun dikeluhkan juga didiemin aja kan….

        gag usah ngeluh, langsung cari solusi sendiri, sekali lagi brarti masalah QC kan kang….

  9. a21s June 30, 2009 at 10:15 am #

    @kang Awi
    Kalau saya malah belum 6 bulan tali RTR yg nyatu sama gas.. ntu putus… kalau ganti harus 1 set sama tali gas… harganya 30 rb sudah termasuk ongkos pasang.

  10. Asgar June 30, 2009 at 4:39 pm #

    Adung..kumaha si blacki teh atuh….ngariweuhkeun wae…
    Gimana ke PRJ-nya, bang? ajak-ajak atuh. PRJ kan deket kantor ane. Nanti ane temenin deh he..he..

  11. Martin June 30, 2009 at 5:51 pm #

    @jonny
    Iy jual aj, trus gnt ma yg lbh worthed kek fazer250 misalny..kekeke
    Tp sayang jg y, br ja dpt setelan yg pas bwt 60kmpl..

  12. oudry July 1, 2009 at 11:04 am #

    Motor kita bukan motor dewa, begitu juga dengan motor lainnya…, kita liat gmana kita memperlakukan tunggangan kita ini, dan semua produk itu pasti ada kelemahannya dan pasti akan di perbaiki terus menerus oleh produsennya berdasarkan keluhan dan masukan2 seperti yg ada dalam blog kang awi ini…,
    ini cuma contoh beberapa kasus :
    – Motor matic x = pada awal kemunculannya karburator vakumnya bermasalah karna plampungnya telat naik mlulu dan ventilasi pada tutup tangki tidak support, mreka perbaiki satu tahun kemudian.
    – motor bebek sport xx = pada awalnya bermasalah pada kerja water pump sehingga motor cepar over heat , produsen memperbaikinya dengan menarik komponen tersebut dan menggantinya dengan generasi baru 1 tahun kemudian.
    – Motor injection xxx = pada awal kemunculan pengapian kurang maksimal dan terkesan kurvanya bergerak lambat, mreka improve 1 tahun kemudian.
    – motor sport 200cc xxxx = cuma tetep ja gear set nya boros dan klep brisik padahal dah 11 tahun beredar, yang mreka improve cuma body dan sticker baru.

    Tips
    1. Rawat kendaraan secara teratur dan di bengkel resmi
    2. Pemakaian sewajarnya ( ingat motor kita bukan motor balap yang mesinnya hanya dipake untuk paling banyak 2 kali balapan aja, kita pake stiap hari)
    3. terus melakukan kritik dan masukan kepada Produsen agar mereka tetap dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas.

    hehehehe…gtu dulu deh…bawel yak gw…:-D

    • aWi July 1, 2009 at 11:29 am #

      Thanks mas oudry atas masukannya. Keep visiting this Blog, brother!

      Setiap 2 bulan saya selalu kunjungi dealer Bubat. Termasuk cerewet saya sebenarnya. Ada bunyi dikit saya kesana. Ada perasaan gak enak, saya kesana. (walaupun baru sebulan cek rutin dan ganti Oli – MOTUL 5100 harganya 86RB). Agar terlihat prima, sehingga saya bisa narsis hehehehe. Saya gak lebih dari 10x lari di kecepatan di atas 100 kpj. Saya termasuk pemegang prinsip irit bensin (tidak suka ambil akselerasi cepat, kecuali terpaksa — misal menyusul TRUK/BIS dengan asap tebalnya). Kasus jatuh pertama, itu masih adaptasi — hanya kecepetan 30-35 kpj, saya nyenggol mobil. Kasus kedua, memang ngebut — ngejar jam rapat. Bandel memang, hanya gara gara ada yang panas pas disusul…. ampun dah, kapok itu mah.

      To ALL: never mind. Saya tidak membenci tuh Black Macho. Tau sendiri lah, sama pasangan kan kita juga kadang-kadang marahan. But after all, saya kembali ke suasana semula.

      FYI: walaupun tuh motor masih di garasi (sehubungan salah satu part-nya sedang di-cat), saya selalu lap biar tetap mengkilat. Itu ban dilap cairan khusus pengkilat. Tiap pagi saya panasin dan jalan-jalan seputar komplek. Istri sampai suka mesem-mesem, karena pagi-pagi suka sudah di depan garasi, sementara mobil dan si Grey Cute suka dicuekin…. xixixixi. Maaf, bunda…

      So, ngertilah…. saya paling sayang dan paling rawat taunya ada masalah, jadi malu sama istri…. istri, “makanya…..”

      • oudry July 1, 2009 at 11:34 am #

        sama2 kang awi…, gw suka banget sama blog ini, karna bisa ktemu dan ngobrol langsung sekalian nambah pengetahuan juga…, keep writing bro…:)

    • ferry July 1, 2009 at 4:34 pm #

      gw sih juga yakin produsen mikirin, tapi harusnya, ada proses recall yang jelas, untuk masalah yg ada. bener bro oudry, harusnya produsen dengerin kalo orang komplen, bukan malah membungkam….

      contoh banyak kan? inget recall vario? recall cs-1? walo gag semua product misal kek contoh bro martin, masalah megapro ama tiger yg kalo dilihat dari belakang miring), tapi karena mereka termasuk yang model pencatatan kode produksi jelas, jadi mudah recall nya.

      mungkin bisa jadi belajar.

      jangan cuma produk yg belum sampe ke konsumen aja yg diperbaiki, tapi yg sudah di tangan konsumen juga mestinya diperhatikan.

      kalo kang awi termasuk yg cerewet, kalo gw termasuk yg males ngurusin. cuma coba ngerawat yg ada semampunya,

      • oudry July 1, 2009 at 6:00 pm #

        manggut…:-)

  13. ichsandiamond July 1, 2009 at 10:04 pm #

    mohon doa blogers iistri saya mau lahiran

    • oudry July 2, 2009 at 8:34 am #

      semoga lancar dan menjadi anak yang berguna baik untuk orang tua bangsa dan agama, selamat ya bro ichsand🙂

    • ferry July 2, 2009 at 3:14 pm #

      yup, semoga diberikan kelancaran, anak yg sholeh, berbakti pada agama n orang tua.

  14. bukhoy July 2, 2009 at 2:19 pm #

    meser motor mah kanggo di anggo, mun di apik2 sok rudet, hajar we bleh…

  15. ichsandiamond July 2, 2009 at 9:55 pm #

    @blogers
    thanks bro aminnnnnnnnnn ya robal alamin.

    @ sekalian buat blogers tetangga

    udahlah jangan berbicara negatif lagi kenapa ane muat disini karena ada team pemantau dari blog tetangga tiap buat postingan, masa kang awi dibilang dewa fitnah itu kang awiguna CEO blog ini manusia tulen buta kali yang ngomong.

    @buat TAC
    Selamat atas terbentuknya TAC (TVS APACHE CLUB)

    @Brotherhood
    KAMI SEGENAP AKTIVIS BLOG AWIGUNA MENGUCAPAKAN SELAMAT ULANG TAHUN UNTUK BROTHERHOOD YANG KE 21 TERIMA KASIH ATAS UNDANGANNYA DAN KERJASAMANYA UNTUK BANDUNG KONDUSIF.

    • oudry July 3, 2009 at 6:15 pm #

      kalo yg dimaksud bro ichsand itu gw…, gw meminta maaf sebelumnya, kalo gw berpartisipasi disini karena semata mata pengen ikut bertukar pikiran dan berdiskusi, trs kalo emang blog ini mw dikhusus kan hanya untuk “para penghuni lama” juga monggo….,gw gag akan posting dan visit ke sini lagi…., skali lagi gw oudry meminta maaf kalo kiranya gw udah bikin bro2 semua merasa gag nyaman…, …:-)

      • apdri July 4, 2009 at 7:16 am #

        kayaknya semua penghuni baru deh Bro…
        ada yang baru setahun, beberapa bulan, ….
        hehehe piss ah.
        … mungkin memang ada beberapa blog apache yang lain…
        ke blog manapun berkunjung… disaring aja untuk diambil sarinya…
        saatnya minum teh (lho?) 🙂

  16. ferry July 3, 2009 at 11:30 am #

    kang ihksan, sabar wae kang….

    maklum, newbie semua, menghujat orang, bisa kena pencemaran nama baik gag ya?😀

  17. ichsandiamond July 5, 2009 at 8:23 pm #

    @ oudry
    bukan begitu bos maksudnya ada statement dari blog tetangga yang memojokkan kang awi saya tidak menjudge ente kan? hanya saya merasa risih ketika kita disini sharing tukar pikiran koq ada yang tega nuduh kang awi merusak nama TVs begitu sekarang statementnya udah diapus justru saya seneng koq bro oudry share di sini hanya ada beberapa statement yang dikeluarin di blog lain menghujat kang awi saya panas aja liatnya orang gak tahu masalahnya mau so tahu begitu bro.

    Kita seneng koq bro oudry share disni dan ini blog bukan untuk segelintir orang ini blog ya buat bloger begitu bos. tidak ada yang perlu minta maaf orang nt ga salah bro

  18. ichsandiamond July 5, 2009 at 8:27 pm #

    @oudry
    bukan staement yang ente muat bro dibaca dulu yah postingan ane yang nt bahsa kan motor dewa ini mah kang awi dibilang dewa

  19. aWi July 6, 2009 at 12:51 pm #

    @ All, especially oudry. Kang Ikhsan berbicara atas nama pribadi, bukan BLOG. Apalagi saya. Khususnya dalam hal ini mengomentari masalah pernyataan di BLOG tetangga. Dan juga, yang saya baca bukan maksudnya ke mas Oudry. Itu yang saya yakini.
    @ Kang Ikhsan, Thanks bro atas kerjasama Blogger awiguna.net dengan Brotherhood Mother Chapter dalam mendukung Bandung Kondusif. Keep spirit high!

    So, keep writing comment dan visiting. Have a nice monday!

  20. a21s July 6, 2009 at 1:24 pm #

    🙄

  21. a21s July 6, 2009 at 1:35 pm #

    Aduh jadi pucing nie bacanya… nie blog makin hari ko makin ga jelas pembicaraannya… kayanya kita semua butuh renungan… coba kawan-kawan buka http://a21s84ok.wordpress.com/ mundah-mudahan bermanfaat bagi kita semua agar bisa saling menghargai satu sama lainnya… bukan maksud hati mengurui kawan-kawan saya pun masih belajar… saya haya ingin berbagi ilmu & pengalaman…. PISS jangan salah paham yaaa 😉

  22. AD1N July 6, 2009 at 4:22 pm #

    Wah mikin panas niy… jgn ampe Tali Silaturahmi gampang putus deh ky Tali gas… hehehe,,, PISS….

  23. oudry July 6, 2009 at 8:04 pm #

    hehehe…gmana kita udahin aja ..ketegangan ini..dengan saling berjabat tangan…via online tentunya…pengennya c ktemu dengan kawan kawan semuanya…..:-),

    cheers….

  24. oudry July 6, 2009 at 8:12 pm #

    alamat ym : oudry@rocketmail.com

  25. a21s July 6, 2009 at 8:14 pm #

    wah OM OUDRY serem banget PISS brow 😆

  26. oudry July 6, 2009 at 8:24 pm #

    piiiis juga juragan….:D

  27. aWi July 6, 2009 at 9:15 pm #

    Saya sudahi komentar di topik ini. Agar tetap BLOG kondusif…. hehehe (mengikuti Visi Misi Brotherhood MC dalam menciptakan Bandung Kondusif.

Comments are closed.

