Teknologi Mesin Sepeda Motor

24 Jun

Saya sering membaca sebuah iklan atau tulisan mengenai suatu produk baru sepeda motor, bahwa produk ini mengusung teknologi terbaru. Lebih canggih….dan lain-lain. Atau yang akhir akhir sering kita lihat, “the world leader in twin spark technologies…..”.

Karena saya sering melihat motor-motor 10 tahun lalu, toh masih jalan dengan performa yang cukup meyakinkan. Kadang saya berpikir, kok bangga banggain ini teknologi lebih canggih. Padahal mungkin sebagian besar calon konsumen tergiur akan harganya yang murah, desainnya yang ok, irit bahan bakar, after-salesnya yang baik, dan lain sebagainya.

Mana saya mau perduli ini teknologi tahun jebot, yang penting gue seneng dan motor ni bisa jalan dan diajak ngebut. Lihat saja Honda Supra-Fit atau Honda Tiger revo, yang katanya (ini katanya, soalnya saya sendiri belum pernah membongkar mesinnya), masih pakai teknologi lama, hanya ganti baju doang.. tapi yang terjadi, di Indonesia adalah yang paling laku…Atau Apache dengan RTR-nya. Memangnya paling cepet kalo diajak balap…..?

Mesin Kawasaki Pertama

Mesin Kawasaki Pertama

Saya mungkin bisa menyimpulkan teknologi itu yang membawanya atau dengan kata lain memprosesnya, sehingga dihasilkan sesuatu yang diharapkan oleh manusia. Nih ada cerita dari negri India.

Pada tahun 1996, Pemerintah India membatasi kadar emisi HC+NOx setinggi 3,5 gram per kilometer (g/km) dan emisi CO sebesar 4,5 g/km. Namun, pada tahun 2005, kadar emisi HC+NOx, yang diizinkan, setinggi 1,2 g/km dan CO sebesar 1,2 g/km. Tiga tahun ke depan, pada tahun 2008, kadar emisi sisa pembakaran kendaraan bermotor, baik HC+NOx dan CO, dibatasi sampai 0,8 g/km. Standar emisi ini hampir setara dengan standar emisi kendaraan bermotor Euro-2 saat ini.

Untuk menghasilkan produk berteknologi ramah lingkungan, irit bahan bakar, namun tangguh, TVS Motor Company menyiapkan tim riset dan pengembangan (research and development/R & D), yang didukung program komputer tercanggih. Lebih dari 400 ahli mesin dipekerjakan TVS Motor Company untuk mengembangkan teknologi mesin sepeda motor terbaru, yang dijual dengan nama Variable Timing Intelligent (VT-i) Engines.

Bersamaan itu, untuk menghasilkan produk dengan harga murah, TVS Motor Company menggunakan bahan baku lokal, yang kandungannya diakui mencapai 100 persen komponen lokal. Mulai dari mesin sampai ban luar. Kondisi ini juga didukung dengan berdirinya pabrik-pabrik spare part dan komponen sepeda motor terkemuka di India.

[Berita disadur dari harian KOMPAS online, 29 Mei 2006] — saat ini, TVS telah memproduksi kendaraan standar emisinya sudah setara Euro-3

Nah tuh, jelas kan. Bahwa teknologi itu ada tujuannya. BBM menjadi irit, BBM menjadi ramah lingkungan, namun tetap bertenaga dan menghasilkan tenaga yang tidak kalah (dengan kata lain menjadi lebih efisien kinerja mesinnya). Namun tentunya jangan menjadi beban pemeliharaannya yang lebih mahal.

Irit BBM tapi bertenaga, and SAVE the world and the next Future.

12 Responses to “Teknologi Mesin Sepeda Motor”

  1. apdri June 24, 2009 at 2:01 pm #

    Pertamanya ane kira tujuan utama orang India bikin mesin DTS-i/IDI supaya irit BBM karena harga minyak di sana mahal (India bukan negara penghasil minyak kalo ga salah)… ternyata pemerintahnya peduli dengan lingkungan juga… hebaaat.

    … kalo ga salah di mesin VT biasa, lama buka/nutup klep berdasarkan tekanan oli (mekanis), mungkin perawatan tidak begitu mahal…
    tapi kalau buka/tutup klep diatur secara elektronik oleh ECU (injeksi) gak tahu juga nih… apa cocok untuk mesin motor cc kecil yang dipake sehari-hari🙂

  2. apdri June 25, 2009 at 9:30 am #

    maaf kurang teliti bacanya, variable timing ya bukan valve timing…
    kayaknya di Indonesia sudah ada produk CDI lokal yang bisa diprogram derajat pengapiannya deh… cmiiw

  3. Martin June 25, 2009 at 10:21 am #

    tiger ma supra fit emank cmn gnt bju doang..dl ja part catalogny d web ahm..
    Tp ktny (ini ktny lho) tirev trikanny lbh yhud drpd tiger yg dl..gosipny sh tirev pk karbu 28 (yg dl 26)..mainjet sm ma tiger yg double bulb (122 klo ga slh)..tp koq kekny lawan tirev (wkt msh pk gl-pro 145) lbh gmpng drpd tiger yg double bulb y?

    Btw dr spek menace yg sy bc, tb2 jd kpkiran knp RTR brgetar..dugaan sy sh krn kruk-as ny d entengin (dan menace lbh enteng lg yg artiny lbh geter)..tp gtw jg dh, lom sy tny k phk tvs seh

  4. Tulus Budi June 30, 2009 at 9:10 am #

    klo teknologi Apache yaitu RTR sebenarnya apa sich keunggulannya?, trus gimana system kerjanya? mohon pencerahan ya?

  5. Martin July 1, 2009 at 8:28 am #

    @tulus budi
    Sbnrny yg dsebut2 RTR it TPS (Throtle Posìtion Sensor)..skrg dah byk mtr yg pk tps, jd rtr it bkn hal yg aneh lg..cara krjany sy rada lupa tp garis besarny it menyesuaikan timing pengapian (katany) berdasarkan bukaan gas / posisi skep karburator dgn rpm mesin.. Jd klo gasny d sentak timing pngapianny dgeser (katany), katany sh dmajuin..

  6. apdri July 1, 2009 at 9:05 am #

    …kabarnya, TVS Flame 125 SR sudah memakai CC-VTi (Controlled Combustion Variable Timing Intelligent)… berarti risetnya berhasil…

    • Razki sutian/SATPAM PT.TIMAH Tbk July 2, 2009 at 10:26 pm #

      Kenapa mesin TVS 160 Apache baru dua minggu sudah bergemiricik yang sebelumnya motor tersebut sudah di Modivikasi untuk medan lokasi tambang dan apakah ada kendala lampu indikator bergambar konci menyala berkedip sepuluh kali kemudian mati pada saat konci kontak dihidupkan. MOHON dijawab permasalahan solusinya dan di berikan trik-trik perbaikan kerena ditempat kami (Belitung) belum ada bengkel resmi untuk TVS Apache.

      • ferry July 3, 2009 at 11:27 am #

        gemericik, apakah karena stelan klep?
        lampu, artinya tanda servis rutin harusnya dilakukan. bisa dimatikan kok, tapi lupa caranya. ada yg ingat?

      • Martin August 23, 2010 at 9:57 am #

        matiinnya tekan + tahan 2 tombol d spido setelah lampu tadi mati..lupa berapa detik, mpe nyala lagi aj..

        bunyi gemercik dimana? mesin? itu bunyi setelan klep..
        cuek aja..hahahaha

  7. dangstars July 2, 2009 at 9:47 pm #

    Ok. infonya

  8. adhiputri July 6, 2009 at 3:14 pm #

    nice post

  9. August August 4, 2010 at 11:57 pm #

    Motor TVS by India

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: