Pengalaman ganti shockbreaker melalui klaim

7 Mar

Pagi ini saya pergi ke dealer TVS Buah Batu dalam rangka mengganti shockbreaker black macho yang cat-nya mengelupas (Lihat Gambar). Saya mengajukan klaim terkait masalah ini, berkat bantuan Kang Ikhsan alias Kepala Suku yang menghubungi Pak Mardani, kepala divisi Area Jabar yang mengurusi spare-Part TVS (mohon dikoreksi jika salah).

Prosesnya cukup cepat, saya foto shockbreaker itu, lalu saya kirim via email ke Pak Mardani. 2 hari kemudian saya ditelepon bahwa klaimnya diterima, dan saya diminta datang ke dealer Buah Batu untuk proses penggantian. Thanks to Pak Mardani dan Kang Ikhsan & Kyki atas perhatiannya.

Sebelum diganti

Sebelum diganti

Keterangan: Awalnya hanya mengelupas sedikit saja, namun hari demi hari – sejalan sering dicuci, si kulit mengelupas, dan akhirnya hampir seluruh bodi kepalanya habis. Dan seperti yang ditunjukkan oleh garis merah, seperti penyakit menular — bagian lain yang saya perkirakan akan meluas.

Setelah diganti

Setelah diganti

Tampak kembali ke semula. Senangnya hatiku. Walaupun saya sedikit kecewa karena saya ingin yang warna merah, namun stocknya kosong (kecewa yang kesekian kalinya). Sepertinya saya sudah maklum, kalo stock selalu kosong.

Dijawab oleh bapak yang bertanggung jawab mengurusi penggantian ini, dengan alasan sebenarnya shockbreaker harus sesuai peruntukannya Apache hitam shock hitam, yg merah utk Apache merah. [Gak beralasan sih, menurut saya]. “Kalau mau merah, pak awi kasih sticker aja sendiri”.  Tapi ya sudah, saya kan hanya konsumen biasa, bukan konsumen istimewa😉 ….. hehehe ….

Nah, di kesempatan ini pula, saya mencoba minta ganti ujung stang (sebelah kanan) yang catnya mengelupas juga, dan malahan timbul karat-yang kalau didiamkan bisa merembet. Kalau yang ini stock ada (sedikit kaget hihihi). Harganya 19ribu. [kirain bisa gratis juga — karena bukan kesalahan saya]. Ok, langsung pasang sama Kang Dadang.

Terakhir, saya sempet curhat masalah bunyi-bunyi di si Macho, dari bunyi gemerincing (kalo mesin iddle atau rpm rendah), sampai bunyi di seputar headLamp-nya (kalau rpm tinggi – seakan-akan sedikit longgar mur-murnya karena si Apache kelebihan power barangkali). Saya merasakan ada 4 macam bunyi (wah banyak amat). Tapi yg bingung, timbul tenggelam. kadang ada, kadang hilang.Kang Dadang juga sama gak ngerti dimana masalahnya.

Selesai sudah. Total jenderal 25rb termasuk jasa memasang shock-breaker.

19 Responses to “Pengalaman ganti shockbreaker melalui klaim”

  1. kyko_pushing March 8, 2009 at 9:48 am #

    Woloh Udah diganti toh kang awi….
    Selamat kang atas shock barunya…
    Hehehehehe
    Saya tinggal tunggu motor rontok aja biar ganti motor….
    Kidding….
    hehehehehe

  2. ferry March 10, 2009 at 11:42 am #

    ternyata ada yg sama…tapi gw cuma ngalamin di stang. stang kiri kanan, ngelupas total semua, padahal liat temen2 yg lain pada utuh semua.

    getar, kemarin udah di betulin, gara2 baut pemegang mesin yg sempat patah, gantinya gag bagus, kendor lagi.

    kemarin diganti aslinya, harga 15 ribu (mahal amat ya), n dikencengin semua baut2.

    sekarang getar sudah gag ada lagi, mak wuzzz wuzzz wuzzz….. (plus stel klep lagi)

  3. ipunk March 10, 2009 at 3:28 pm #

    Bro…kalo klaim panel footstep depan catnya nglotok diganti ga yech….kalo ga bisa…rencana mo gw korek semua tuch cat biar kliatan rongsokannya…hehehehehe….abis gw pernah nanyain cat mesin pada no mesin nglotok…eh malah dijawab…tapi mesinnya gpp kan…:P…damn😮

    B6773SOO
    Red Indiana Apache
    “lonely sweeper…en malah nyampe duluan di pel.ratu…ekekekekekekekk…”

  4. kepala suku March 10, 2009 at 8:49 pm #

    @ipunk

    bro td ane ke bekasi bw motor jadi ga kebawa tuh engine guard gw jadi malu hati gw anterin dah kerumah ya tapi sekalian nginep dirmh ente boleh gak.

    kalo klaim coba aja berhubungan dengan community atu coba telp pa tommy langsung kali aja bisa.

    begitu bro

  5. ipunk March 10, 2009 at 9:46 pm #

    @ kepala suku
    ttg EG..nyantei aja brader….hehehehehe….btw insya Allah tgl 14 March’09…gw mo ke BDG…ada bisnis ama temen komunitas gw nech…sekalian gw ambil tuch EGnya….ntar gw kabarin lg dech…
    Thx atas sarannya….no. Pak Tommy brp yech…??

    B6773SOO
    Red Indiana Apache

  6. RonKar March 11, 2009 at 11:50 am #

    Hmm…baru liat2 kabar tentang mongtor ini..cukup tertarik nih..worth it banget yah??😛

  7. ferry March 11, 2009 at 2:39 pm #

    asal gag mau jual😀 sampe jadi wabah. selama gag berniat menjual, gua rasa gag bakal merasa rugi.

  8. i-punk March 12, 2009 at 3:23 pm #

    Buat pihak ATPM bagian KLAIM…
    Bapak/Ibu…sy ada masalah dgn spedo digital apache saya,jakarta siang hari ini 12/03/09 jam 13.oo diguyur hujan lebat, dan apache pun terpaksa bergumul dgn air hujan,sy tinggal di seputaran mampang…sy melintas di kuningan (jl.Rasuna Said) menuju Grand Indonesia…dan sy tau kantor TVS motor Ind. sy lewati dikawasan kuningan…(pasti anda/atpm tau klo siang ini hujan lebat)…begini Pak/Bu…saat di perjalanan sy liat speedo digital bermasalah…blank..dan sampai di lokasi Kantor…saya liat speedo ditigal apache tetap/masih bermasalah……(walah….)..sy sdh berusaha mengeringkan bagian speedo dgn lap..tapi sia2 saja…. saya btuh advise dr bagian klaim untuk masalah ini….apakah bisa diklaim….(pasti bisa dunk…la wong motor blom berumur 6bln..baru 3 bln nech..)
    Bu Diah…Pak Tommy..Pak Tejo…tolong di f/up yach…(jgn cuman baca blog duank tp ga ada reaksinya….)..silahkan dihubungi saya di no.081314470174…thx..

    B6773SOO
    Red Soul Apache
    “fitur canggih tp kena hujan bermasalah….ugh….”

  9. kyko_pushing March 12, 2009 at 4:24 pm #

    Telpon Dealer bersangkutan bro….
    Kalo gak datengin aja….
    Kalo gak mau diganti u know lah caranya ky mana….
    Hehehehehe
    Pasti diganti kok…..

    Dijual Red Apache Harga Nego….
    Gw kasih sama box kappa gw….
    Plus Knalpot Keren…..

    Kyko Nu Ganteng

  10. a21s March 12, 2009 at 6:03 pm #

    kalau Apache gw cat d block mesinnya ngelupas atau ngelotok sama kaya shockbreaker Bro Awi gtu.. emang sih cuma sedikit tapi ga enak juga d liatnya.. apa lagi kalau sampai menyebar… kira2 bisa diklaim ga yaaa…

  11. ipunk March 12, 2009 at 10:49 pm #

    @a2is
    Cat mesin nglotok,di Red apache gw jg tuch…nglotok pada bagian no.mesin…beugh…bete…trus ama bagian panel footstep kanan jg klo di lampu merah..khan suka diliatin dari sblah kiri(no. mesin)…risih jg sech…pernah temen gw ngomong “masa motor baru cat udeh nglotok…gmn standar QCnya tuch,jangan2 yg dijual di INdonesia motor 2nd di India”…bete…cuman bergumam aja…namanya jg india….ugh…gimana nech bagian klaim….(meneng bae yack…)

    B6773SOO
    Red Soul Apache

  12. a21s March 13, 2009 at 10:18 am #

    @ipunk

    bro minta ganti aja yuuukkk, sama yg baru kali aja dapet Apache 160 RTR FI… wkwkwkw…!!!

    B6321KRG
    Red Soul Apache

  13. kyko_pushing March 13, 2009 at 2:16 pm #

    @ipunk
    Yang jelas Quality Control Nya Kurang bagus nih bro….
    Coba saja yg memegang brand Apache Dan Quality Control nya bisa mendengar kan aspirasi konsumen…
    Buakan hanya didengarkan tapi di check benar or tidaknya….
    Ngerasa paling pinter kali yah…
    Hehehehe ( Konsumen dianggap orang Luar )

    Bandung saja khususnya ARCI dijanjikan test Ban All Season sebanyak 5 pasang, ampe sekarang bau ban nya saja belom ada….
    H O A M……

    Saya takut ujung2nya nanti seperti saya…
    Pingin jual motor saya….
    T_T ampe sekarang lom ada yg nawar….

    Peace Ah….
    Keep Smile….
    Jangan cemberut apa lagi ngo di belakang…
    ( Dosa )

    Kyko…
    ( Tere – Janji Manismu )
    Tepar MODE ON

  14. ipunk March 13, 2009 at 3:23 pm #

    @a2is
    mo klaim …ganti yg RTR Fi…yuk mari yuk….BTW..masalah speedo apache tlah On lg…beugh..kok tiba2 nyala…speedo mati suri…ekekekekkk…sekarang tinggal ngeringin bagian kacanya aja masih ada embun….(gw kira cuman di bandung aja yg lg berembun…..ternyata di speedo apache gw jg bermusim….xixixixii)…masalah nglotok…biarin aja dech…mungkin masih kecil…ntar klo korengnya udeh gede br klaim…
    @ Bro Kyko
    QC..ngechecknya sambil joget kali….weeeh test ban all season 5 psng…cakep tuch….ekkekekkk..tapi janji tinggal janji…hehehehehe.
    sabar yach brader…

    @ Buat Mba Diah thx atas telp.nya….sy akan coba konsultasi masalah speedo dan laennya..mengenai komplaint sy dgn dealer

    B6773SOO
    “Lets get the beat” theme song h*nD* Beat

  15. kyko_pushing March 13, 2009 at 3:34 pm #

    @ipunk
    Hahahaha Sambil buat martabak india bro QC nya….
    Tenang nanti mau ambil pic ahh di motor gw mana yg kira2 bermasalah…
    ( yg ngelotok2 )
    Btw ada gak yah pegawai TVS yg make motor TVS???
    Apache khususnya….
    Kan enak tuh dya bakal tau sendri masalah motor nya….
    Setau saya cuma mekanik di bandung yg pake apache…
    itu pun 1 orang….

    kyko
    Tivana safana tivana safana… ( zzz gak jelas deh ini lagu sapa )

  16. kyko_pushing March 13, 2009 at 3:39 pm #

    @ipunk
    Lupa lagi apa yg mau diomongin…
    Owh iya bro kalo bs minta ganti aja ti spedo…
    dari pada nanti bermasalah lagi…..

    Masalah ban 5 pasang udah ARCI ikhlasin aja…
    Omdo ah….
    Dari pada nanti dapet omongan ” masa ngambek gara2 gak dapet ban ??? ”
    jadi naek darah kan liatnya…. ( masih sanggup kok beli sendri )
    hehehehehe

    Bro ipunk kalo bisa kirim foto2 di motor bro ipunk tentang…
    1. cat blog mesin mengelupas
    2. kabel body gosong
    3. dll

    Pokoknya yg menurut bro ipunk gak wajar….
    biar kita bahas di blog ini bro….
    kita buat judul baru….
    Hehehehehe
    Punten kang awi ngerepotin….

    bersama kita maju….
    Tivana safana Tivana Savana ( udah 7x denger lagu ini )

  17. ferry March 13, 2009 at 3:42 pm #

    speedo gw diganti kok, kesalahan di kabel speed kalo gw, alias, gag jalan dari speed, odo, trip meter. tapi lampu nyala, indikator bensin nyala.

    yg jelas, bisa klaim garansi.

    bro kyko, knalpotnya buat gw aja😀 harga diskon habis2an deh….

  18. a21s March 13, 2009 at 4:14 pm #

    @ Bro Kyko
    Gw setuju banget Bro, kalo bisa kirim foto2 tentang…
    1. cat blog mesin mengelupas
    2. kabel body gosong
    3. dll
    ntar gw kirim juga ahhhh biar rame…

    @ipunk
    Hahahaha bukan cuma Sambil buat martabak india bro QC nya….tapi pada mabok bawang bombay….wkwkwkwkwkkkk

  19. kyko_pushing March 13, 2009 at 4:17 pm #

    @a21s
    ciakakakakakak bawang bombay….
    ok silahkan kirim saja ke email saya nanti kita liat foto sapa paling extrem buat dimasukin topic….
    hehehehee

    kyko_jabbawockeez@yahoo.com

    Ditunggu report data dari bro semua….

    Tivana safana tivana safana ( makin gak jelas deh )

Leave a Reply

