4.80 detik apa sudah hebat?

13 Feb

Saya tergelitik iklan anyar TVS Apache RTR 160 dengan menonjolkan akselerasinya. Katanya untuk menempuh 0 – 60 kpj hanya dalam 4.80 detik? Itu juga masih klaim pabrik.

Raja Jalanan

Pertanyaannya apa sudah hebat untuk motor kelas 160cc bisa 4.80 detik?

Ini saya kutip dari tabloid lama OTOMOTIF Edisi 50 no:XVI 16 April 2007. (disana tidak ada nama Apache sih, karena mungkin belum lahir disini), tapi ya bisa jadi bahan perbandingan lah…

0-60kmh
Yamaha V-Ixion: 4.86 sec
Bajaj Pulsar : 5.56 sec
Honda CBR 150R: 4.36 sec
Honda Tiger Revo: 5.56 sec

0-80kmh
Yamaha V-Ixion: 9.37 sec
Bajaj Pulsar : 11.14 sec
Honda CBR 150R: 8.43 sec
Honda Tiger Revo: 11.43 sec

Top Speed
Yamaha V-Ixion: 120kmh
Bajaj Pulsar : 130 kmh
Honda CBR 150R: 140 kmh
Honda Tiger Revo: 120 kmh

————————————————————

Sementara RTR versi Fi, mengklaim 0-60 kpj, dalam 3.2 detik. 0-100 kpj dalam 9,5 detik, 60-0 kpj 0.8 detik, dan Top speed 140kpj.

39 Responses to “4.80 detik apa sudah hebat?”

  1. 4j4x February 23, 2009 at 1:39 pm #

    yang 4,8 detik itu di dyno atau di jalan ya kang awi?
    Tapi emang salut sih sama Apache ini, sepertinya tarikannya memang dahsyat.
    Walaupun saya belum pernah test-ride motor ini, tapi kayaknya saya yakin akan akselerasi motor ini. Duh jadi pengen test-ride ini motorūüôā

  2. jengjengjeng February 24, 2009 at 10:01 pm #

    menurut gw sih dah lumayan yach.
    masa sampeyan ga bisa nyipulin ndiri seh?
    wong jelas 0-60km/j apache cuman kalah ama cbr.

    bajaj ama tigor aja kalah(di kecepatan ini)

    yah jauh lebih mendingan dari motor2 non jepang laen.wong harganya jg murah

  3. Awan February 25, 2009 at 12:38 pm #

    Pak AWI, setiap hari saya melakukan perjalanan dari Sidoarjo – Surabaya, jarang atau sama sekali tidak terlihat TVS Apache, barangkali marketingnya jalan ditempat ya… Kemudian dulu saya pingin beli juga…tapi nggak jadi..sekarang saya pakai Honda CS1..wah bensinnya boros..tapi untuk tarikan dan kecepatan mantap..saya pernah coba akselerasi 0 – 60km/jam hanya 4,5 detik tapi bensinya pakai pertamax plus atau minimal pertamax karena kompresinya diatas 10.

  4. ferry February 25, 2009 at 3:08 pm #

    CS-1 mayan juga siy…
    cuma dari design, banyak yg gag stuju.

    tapi dijalan ya jelas cuma bisa dilihat di spionūüėÄ

    B 6230 ELV

  5. ipunk February 25, 2009 at 6:05 pm #

    @ cak awan
    piye kabare sidoarjo cak?..sedikit koment aja nech…dilihat dr speknya cs-1 punya bobot berat dibawah apache…(cmiiw..)..so kalo cs-1 bisa lebih cepat dlm 60kpj dgn 4,5 dtk…wajar cak…lebih enteng…stau sy..cs-1 punya basis mesin honda sonic yg didesign lebih kepada speed,jd klo bicara soal konsumsi bbm irit..maaf..anda salah pilih motor…cs-1 lebih boros dibanding produk bebek honda laennya, yah paling beda2 tipis….tp lumayan..gitu aj..thx…ada yg mo nambahin…monggo..

    B6773SOO
    “arek waru”

  6. wedhus_liar March 3, 2009 at 3:15 am #

    Begini pak Awi, tes 4,88detik 0-60Km/jam itu berdasarkan tes lapangan yang real bukan melalui alat tes. Sistem testnya pake Wheeling bukan Drag. Saran saya, jangan percaya pada tabloid Otomotif, karena berita mereka itu dibeli.

  7. wedhus_liar March 3, 2009 at 3:21 am #

    Begini pak Awi, tes 4,88detik 0-60Km/jam itu berdasarkan tes lapangan yang real bukan melalui alat tes. Sistem testnya pake Wheeling bukan Drag. Saran saya, jangan percaya pada tabloid Otomotif, karena berita mereka itu dibeli.

    Detil testnya ada disini :

    Silahkan dilihat.

    Saya sudah buktikan sendiri, antara Apache, Vixion, MegaPro, Tiger, Pulsar 180 dan Scorpio

    Untuk test 0-60km/h dengan Wheeling Apache lebih cepat mencapai akselerasi daripada yang lain saya sebutkan. Saya juga pemakai Apache RTR 160, dalam dunia motor sekelas ini, Apache memang lebih Unggul dibanding Vixion, MegaPro, Tiger, Pulsar 180 dan Scorpio.

    Untuk Top Speed, saya sudah pernah mencapai 147Km/h dengan Apache RTR 160 dengan spare part standar dan Top Speed 152km/h dengan karburator Keihin PE28. Saat menggunakan Keihin PE28, akselerasi lebih Liar.

    Hal ini sudah saya buktikan sendiri… Silahkan cek di thread kaskus ato di http://www.torcy.co.cc.

  8. ferry March 3, 2009 at 10:59 am #

    otomotif bilang, megapro sebagai motor laki paling irit. tapi di artikel lain, yg test keliling jakarta, dapetnya 1:30an kecil. apache gw masih bisa 1: 40an kecil (udah narik2 terus itu juga)

    yah, kalo yg tau mah mahfum….

    • Martin November 11, 2009 at 10:03 am #

      emang tukang boong tuh..tar di artikel ini mereka bilang A, eh beberapa edisi ke depan mereka bilang B..

      contoh kasus:
      1. megapro paling irit (katanya), pdhl pas dulu ad komparasi RTR ma megipret hasilnya lebih irit RTR

      2. substitusi part, mereka suka tulis part ini bisa di pasang “PnP” menurut sumber A, tapi mereka ga pernah nyoba..gmn bisa masukin info yg ga pernah dicoba..

      3. kasus serupa no.2, substitusi kampas kopling pulsar. katanya pake punya scorpio aj, dijamin lebih mantab tarikannya..jgn lupa per koplingnya juga pake punya scorpio.. sekarang lihat aja konstruksi koplingnya pulsar, ma scorpio mirip ga??? nah dah gitu OTOMOTIF edisi beberapa minggu yg lalu (lupa edisi berapa) bagian tanya jawab itu loh..ada yg nanya kampas pulsar bisa disubtitusi pake apa? nah di jawab ma Mr.X (lupa lagi namanya, ga penting soalny) kurang lebih intinya gini “wah saia kurang tahu konstruksinya kopling pulsar, blablabla”..loh kn mereka pernah bahas hal ini di edisi sebelumnya dan ga cuman 1x..

  9. wedhus_liar March 3, 2009 at 4:58 pm #

    Begini pak Awi, tes 4,88detik 0-60Km/jam itu berdasarkan tes lapangan yang real bukan melalui alat tes. Sistem testnya pake Wheeling bukan Drag. Saran saya, jangan percaya pada tabloid Otomotif, karena berita mereka itu dibeli.

    cek disni :

    Motor lain kayak Vixion, Tiger, Megapro, Minerva 150R,Pulsar 180 udah saya coba untuk test ride Wheeling, akselerasi paling mantab Apache RTR 160.

    Apa yang dicantumkan pada tabloid itu mereka BOONG…

  10. Allen March 19, 2009 at 4:04 am #

    Saya pernah test drive di salah satu dealer TVS di kota Jogja dan saya ngobrol dengan Seorang marketingnya dan banyak keunggulan di motor ini dibandingkan motor yang sudah terkenal di kelasnya. Saat ada acara Bikers di salah satu tempat Expo TVS di uji dengan beberapa motor dikelasnya termasuk Tiger dimana tiger ini ber-CC 200. Apache unggul dengan semua motor diantaranya (honda CBR, GL pro, Bajaj pulsar) namun dibandingkan tiger motor ini masih kalah, ya iyalah dr CC-nya aj beda hehehe.. Namun akselerasi motor ini bagus sekali. Yang saya simpulkan disini motor ini termasuk yang murah di kelasnya namun mempunyai mesin yang hebat.. Sekarang cuma kebutuhan yang membedakan maunya motor yang mana untuk dikendarai baik sehari-hari maupun buat turing..
    Salam bikers!!!

  11. aWi March 19, 2009 at 10:09 am #

    Seneng Turing atau perjalanan jauh ke luar kota??? Pake Bajaj Pulsar lah … mantap bro… tarikan nafasnya panjang

    Sering dipake untuk aktivitas di dalam kota, dengan padatnya lalu lintas, Stop and Go maksudnya??? Pilihlah TVS Apache…

    Memang beda karakter dan kebutuhan rider kok…

  12. Kecret March 19, 2009 at 11:20 am #

    yuppppp emank paling bagus punyadua-duanya, pulsar & Apache, pulsar untuk touring dan Apache untuk city-ride, saat ini aq baru punya pulsar180 edan seh torsinya manstabs buangettt…. klo kelincahan di perkotaan emank kurang… akselerasi kalah ama vixion, btw ada yg pernah ngejajal apache vs vixion ? but bukan speed di speedo ya? don’t trust with your speedo…..

    • Martin November 11, 2009 at 9:56 am #

      saia udah pernah aduin ma vixi..hasilnya pelan tapi pasti, vixion meninggalkan RTR ku..hahaha (keberatan neh motor)

  13. apdri March 19, 2009 at 11:59 am #

    touring pake pulsar, dalam kota pake apache…
    tinggal motor buat naik gunung/adventure nih yang belum ada versi indianya.
    bobot dan tenaga tidak perlu sebesar pulsar/apache supaya gampang dikendalikan di jalan tanah/berbatu.
    kayanya bisa pakai basis XCD/Flame tapi ban & kaki-kaki mesti diganti…

  14. a21s March 19, 2009 at 2:16 pm #

    Kalau gw udah punya 22nya purlar and apache, emang bener kalau mau turing pake pulsar lebih nyaman and ga bikin cepet pegel dibandingkan dengan Apache d pake buat turing cepet cape karena design stanknya terlalau nunduk, setiapa hari berangkat and pulang gw naik red Apache… jalur yg gw lewatin jalaur baypass dari cawang-priuk.. kalau pagi lumayan sepi kalau ada Vixion, Tiger, Megapro, Minerva 150R,Pulsar 180 semuanya kekejar tuh gw udah pernah sampai Top Speed 140kmh setelah gw ganti pilot jetnya 17.5….heheheheh… pernah juga gw kerjar Ninja 150 RR ma scorpio 220cc, emang awal start gw ketinggalan tapi kekejar juga tuh….gw juga ga percaya kalau gw bisa naik motor sekencang itu abis enak banget biar udah 140kmh sebenarnya masih bisa d tarik lagi cuma udah keburu rame jalanya…di kecepatan 140kmp motor ga goyang sama sekali apalagi getaran d mesin rasanya ga ada… kalau Apace yg lain gw ga tau deh.. coz ini gw alamin ama red Apache gw… pokonya gw puas banget pake Red Apache

    B6321KrG
    Red Soul Apache

  15. ferry March 19, 2009 at 3:38 pm #

    kelebihan pulsar emang di torsinyaūüėÄ

    tapi tenaga blm, ya jelas, kalo buat touring, jaga speed, pulsar enak. posisi riding juga enak. tapi sekali speed drop, lama naiknya lagi.

    stabil, apache pilihannya, torsi memang masih kecil dibanding tiger n pulsar, wajar juga wong cc lebih kecil. tapi yg paling stabil apache. jan, titik beratnya gw bilang paling pas di motor harga2 segitu.

  16. Delta March 20, 2009 at 10:11 am #

    bener bro a2is,
    Sy jg heran kenapa si apache begitu lewat 80kpj getaran jadi ilang yah? Padahal rpm sdh 6000 lebih.
    Sy kirain cuma sy yg ngerasian ternyata bro a2is juga yah?

  17. apdri March 20, 2009 at 11:21 am #

    Apache apa memakai karet peredam pada baut engine mounting-nya?
    Sasisnya seperti apa ya bisa stabil gitu, model pipa spt Tiger atau deltabox spt Vixion?
    Maaf nih nanya, belum punya Apache soalnya …

  18. deltras March 20, 2009 at 11:03 pm #

    pake stabiliser di mesin bro,,
    selain itu knalpot apache kalem bnerr?
    ga berisik gt,,

    kLo buat selip2,manuver, paling enak pake Vixion,,
    tarikkan gas ga ad yg kosong,,,(injeksi)

  19. apdri March 21, 2009 at 8:08 am #

    hmm Apache dah pake stabiliser/balancer di mesin ya…
    pantesan di motor sport yang belum pake itu getarannya makin hebat kalo rpm makin tinggi… lama-lama bikin geli/kesemutan.

    knalpotnya diganti aja Bro sama yang lebih ngebass, bisa dilihat di link ‘Jualan (ARCI)’ di atas, siapa tahu cocok …

    Vixion lebih lincah, bobotnya lebih ringan dari Apache, tapi harganya lebih berat, hehehe…

    oya, Apache apa ada keluhan mesin ngorok seperti Pulsar? kira-kira setahun yang lalu saya baca di milis Bajaj (yahoo group). Solusinya macem-macem, seperti stel ulang balancer, gonta-ganti oli cari yang cocok, ganti CDI merek lain, dsb…

    • Martin November 11, 2009 at 9:53 am #

      apache gak punya stabilizer mesin dalam bentuk apapun

  20. ferry March 21, 2009 at 12:23 pm #

    apache sama sekali gag pake mounting karet buat megang mesin. tapi spertinya, struktur rangkanya juga menentukan. karena dari bentukan, lebar, dll, beda ama bajaj n scorpio yg sama2 pake double craddle.

    mesin apache gw pake 7 bulan, gag ada gejala apapun, kecuali yg udah pernah dibahas disini. cuma ya itu, kalo suhu udah panas banget, ya brasa kurang aja. sayang aja sih….

    • Martin November 11, 2009 at 9:49 am #

      sekedar info aja, motor sport ga pernah ada yg pake engine mounting dari karet (karena banyak hal, salah 1 ny stabilitas)..yg pake engine mounting karet setahu saia itu triumph triple speed ma harley, f1zr, jupiter z, vega r 105cc, +pulsar

      klo dah panas kurang narik mxdny? saia rada curiga ma koplingnya (kampas / plat / dua2ny)..soalnya gmn gitu..hehe

  21. ryan June 4, 2009 at 9:53 pm #

    data yang bener tuh honda tiger yang paling kenceng

    • Martin November 11, 2009 at 9:43 am #

      hahaha…siapa yg bilang? lum pernah nyobain yg lebih kenceng ya? banyak noh..

  22. KREMBIZZ July 19, 2009 at 5:12 am #

    ak mo beli apache brow…..emg sey harga enteng tp ap bener kuwalitas seperti yg d iklannya……tlg informasinya ya brow …tanks

  23. tarix jabrix August 18, 2009 at 6:14 pm #

    @Allen & @A2is

    Bullshit! Apache bisa ngalahin CBR150R, Vixion apalagi KRR, gw pernah nyoba nge-Drag ama Apache temen gw, jgn dulu pake CBR atau KRR, gw Nge-Drag pake Vixion punya temen gw, 100 meter Apache kalah tuh!! kalo memang betul buktiin kalo Apache loe bisa menang lawan Vixion temen gw, nih no HP gw : 085284074112, nama gw Tommy.

    • Martin November 11, 2009 at 9:42 am #

      i dun’t believe it 2, even i’m an apache user

  24. Laksito August 20, 2009 at 1:24 pm #

    @ wedhus_liar ( 3 Maret 2009 )

    Mas Wedhus, mniqu mantun nggentos Mikuni kalih Keihin PE28, konsumsi bhn bakaripun, dad0s pinten, Mas? Matur Nuwun, Mas Wedhus ….

    @ a21s

    Bung Azis, stlah makai pj yg 17.5, konsumsi bhn bakarnya, bgimana? Terima kasih, Bung Azis ….

  25. ichsandiamond August 20, 2009 at 11:34 pm #

    Urgent euy!!!!!!! dijual motor TVS RTR 160 CC KM 22000 Irit buanget full tank bisa sebulan, rantai baru ganti, ban belakang swallow 120 depan indoparts 110, siap ngacir, part engine baru pada ganti jadi suaranya buening banget, plus hand guard, klakson 8 suara, plus yang original, dudukan box kali ajah ada yang mau pake box, harga 13,5 juta(masih bisa nego) hub 0818638818
    @ laksito yang jelas agak sedikit boros bung

  26. ichsandiamond August 20, 2009 at 11:40 pm #

    @ Tarix Jabrix
    Kalo mtr ngedrag yah pasti udah dimodif dong coy mtr gw pernah ngalahin bajaj 200 cc di pasopati, kalo vixion gw belum pernah balapan karena memang gw bukan pembalap tapi setahu gw bila mtr sama ccnya kalo ngedrag tergantung yang bawa karena drag beda dengan trax 5 km kan, membuktikan produk ituh bukan harus balapan coy kawan gw silering balapan ama vixion ujung-ujungnya masuk hospital, hanya info ajah motor segimana hebat pun kalo yang bw ga bisa yah susah sama ketika rossi suruh pake becak ya susah motormah gimana yang bawa kawan gw anak drag juga dengan mega pro bisa ngalahain scorpio di yogya so CC bukan ukuran my brow yang jadi ukuran ridernya begitu brow salam kenal gw ichsan

  27. Laksito August 21, 2009 at 2:29 am #

    @IchsanDiam0nd

    Leres, leres, Kang Ichsan. Rupina, mah, at0s sunnatuLL0H, nya’, ada rupa, ada harga. Ada perf0rma, ya ada pengorbanan.

    @KREMBIZZ

    Bung KremBizz, bgimana, jd ambil Apache? Beware of 3Snya, ya . Siapkan hati ‘tuk mencerna layananlayanan purna jualnya. Walaupun kuda hitam India milik saya baru tiba d garasi tgl 12 kemarin ( order tgl 10 Jul ), saya uda “menikmati” pelayanan penjualannya yg hmmh bikin geregetan ….

  28. Rizky November 8, 2009 at 9:06 pm #

    halo kang, daramang. Sagara Mirah, nama tvs apache kuring, sdh sering bolak-balik surabaya-malang. top speed 125 km/j (masih ngangkat). tapi blm bisa lebih soalnya sikon lalu lintas nggak mendukung. gejala pegal pundak-tangan tdk ada.vibrasi no. sering tarik-tarikan dgn mega pro, v-ixion, tiger, pulsar 180, 200…semua kalah. ane hanya kalah ama kawasaki 150cc 2 tak. kl mau oke tarikannya, pake pertamax plus or shell or dioplos pertamax, pertamax plus dgn shell…pasti mantap deh…salam sukses kang…

  29. Rizky November 8, 2009 at 9:10 pm #

    halo kang, daramang. Sagara Mirah, nama tvs apache kuring, sdh sering bolak-balik surabaya-malang. top speed 130 km/j (masih ngangkat). tapi blm bisa lebih soalnya sikon lalu lintas nggak mendukung. gejala pegal pundak-tangan tdk ada.vibrasi no. sering tarik-tarikan dgn mega pro, v-ixion, tiger…semua kalah.kl ama pulsar 180 and 200, msh sepadan. ane hanya kalah ama scorpio, kawasaki 150cc 2 tak. tarik2an mulai dari lawang sampai pandaan lebih kurang 30 km-an.kondisi standar tuh motor ane.kl mau oke tarikannya, pake pertamax plus or shell or dioplos pertamax, pertamax plus dgn shell…pasti mantap deh…salam sukses kang…

  30. Martin November 11, 2009 at 9:37 am #

    @Rizky
    loh, 2x post tp bd..hahaha, jd yg bener yg mana neh?

    klo p200 ma p180 larinya beda jauh ga? lum pna saya aduin ma p200 soalnya, klo nyoba udah..hihhihi

  31. zan November 23, 2009 at 10:17 am #

    emang hebat, dengan harga 17 jeti bisa ngalihan yg harga > 20 jeti. perlu anda ketahui apache saya msh orsi/blm dimodif (sy tdk phm mesin). motor apache bisa di kebut sampe 135 km/j; vixion ma megapro ketinggalan jauh. sungguh

  32. ncoo October 31, 2010 at 12:01 pm #

    walahh lumayan sgitu mah.. apache bisa mpe 130kpj mah… jdi penasaran niy.. tes ama cbr sayah… hehehe,,,

  33. aWi November 1, 2010 at 3:40 pm #

    Wah, di pas 120 juga … sudah ngeper nih nyali …

Leave a Reply

