Pesaing TVS Apache RTR 160 di India

10 Feb

Tidak afdol rasanya bila kita tidak membandingkan pasar di negara asalnya, TVS Apache RTR 160 (Fi). Disini (Indonesia, red) jelas berbeda persaingan antar motor jenis sport.

Dari Honda ada yang sudah merajai tahunan seperti Megapro 160cc dan Tiger 200cc, dari Yamaha ada RX-King (dulu), Scorpio (Z), dan V-Ixion (yang baru 2 tahunan), sementara dari Suzuki ada Thunder 250cc dan 125cc-nya yang merajai nomer 2 di jalanan Indonesia. Dan yang menggebrak tahun kemarin Kawasaki R250cc-nya, ditemani kakaknya yang sudah lahir tahunan RR150 dan ZR150. Sementara tuan rumah sendiri baru mencoba bermain di jenis ini Kanzen Road-win 200cc. Terus pemain baru yang sama-sama dari India, Bajaj Pulsar 200 dan 180-nya. Jangan lupa ada Minerva dengan mainan yang mirip tongkrongan Honda. Cukup banyak peminatnya lo… serta banyak lagi yang sekelas dan beda-beda tipis harganya.

Nah saya ingin melihat kalau di India, siapa saja sih yang jadi pesaing si galak Macho ini.

Yamaha FZ16

Red fz16

Red fz16

Specs:

Yamaha FZ16 Engine:
Engine type: Air-cooled, 4-stroke, SOHC, 2-valve
Displacement: 153.0cm3
Bore & Stroke: 58.0 × 57.9mm
Compression ratio: 9.5:1
Maximum output: 14PS / 7500 rpm
Maximum torque: 14 N.m / 6000 rpm
Starting method: Electric starter
Lubrication type: Wet sump
Carburetor type: BS26
Clutch type: Constant mesh wet multiplate
Ignition type: CDI
Primary/secondary reduction ratio: 3.409 / 2.857
Transmission type: Return type 5-speed

Yamaha FZ16 Chassis:
Frame type: Diamond
Suspension (front/rear): Telescopic / Monocross
Brake type(front/rear): Hydraulic single disc / drum
Tire size (front/rear): 100/80-17 / 140/60-R17

Yamaha FZ16 Dimensions:
Overall Length × Width × Height: 1,975mm × 770mm × 1,045mm
Seat height: 790mm
Wheelbase: 1,335mm
Minimum ground clearance: 160mm
Dry weight/Curb weight: 126 kg / 137 kg
Fuel tank volume: 12 liters
Engine oil volume: 1.2 liters

Tampilan lain:

Tangki red FZ16

Tangki red FZ16

Spatbor FZ16

Spatbor FZ16

dashboard FZ16

dashboard FZ16

Yang kedua Hero Honda Hunk

Hero Honda Hunk

Hero Honda Hunk

Tampilan depan Hero Honda

Tampilan depan Hero Honda

General information
Model: Hero Honda Hunk
Year: 2008
Category: Naked bike
Rating: 76.7 out of 100. Show full rating and compare with other bikes
Engine and transmission
Displacement: 149.20 ccm (9.10 cubic inches)
Engine type: Single cylinder
Stroke: 4
Power: 14.21 HP (10.4 kW)) @ 8200 RPM
Torque: 12.80 Nm (1.3 kgf-m or 9.4 ft.lbs) @ 6500 RPM
Compression: 9.1:1
Bore x stroke: 57.3 x 57.8 mm (2.3 x 2.3 inches)
Fuel system: Carburettor. CV type
Fuel control: OHC
Starter: Electric & kick
Cooling system: Air
Gearbox: 5-speed
Clutch: Multiplate, wet
Physical measures
Weight incl. oil, gas, etc: 143.0 kg (315.3 pounds)
Overall height: 1,095 mm (43.1 inches)
Overall length: 2,080 mm (81.9 inches)
Overall width: 765 mm (30.1 inches)
Ground clearance: 145 mm (5.7 inches)
Wheelbase: 1,325 mm (52.2 inches)
Chassis and dimensions
Frame type: Tubular double cradle
Front suspension: Telescopic Hydraulic Fork
Rear suspension: Swing Arm with Hydraulic Shock Absorbers
Front tyre dimensions: 2.75-18
Rear tyre dimensions: 100/90-18
Front brakes: Single disc
Rear brakes: Expanding brake (drum brake)
Speed and acceleration
Other specifications
Fuel capacity: 12.40 litres (3.28 gallons)

Dan yang ketiga (bukan terakhir), Bajaj Pulsar 180cc

bajaj pulsar 180

bajaj pulsar 180

tampak belakang

tampak belakang

digital speedo

digital speedo

General information
Model: Bajaj Pulsar 180 DTS-i UG
Year: 2006
Category: Sport
Rating: 70 out of 100. Show full rating and compare with other bikes
Engine and transmission
Displacement: 180.00 ccm (10.98 cubic inches)
Engine type: Single cylinder
Stroke: 4
Power: 16.50 HP (12.0 kW)) @ 8000 RPM
Torque: 15.20 Nm (1.5 kgf-m or 11.2 ft.lbs) @ 6000 RPM
Fuel system: Injection
Ignition: CDI
Transmission type
final drive:
Chain
Physical measures
Chassis and dimensions
Front suspension: Telescopic
Rear suspension: Triple rate springs
Speed and acceleration
Other specifications
Fuel capacity: 10.00 litres (2.64 gallons)
Reserve fuel capacity: 2.00 litres (0.53 gallons)

Demikian dari ketiga kompetitor. Selain ketiga di atas masih banyak lagi varian yang ada. Misalnya Bajaj Pulsar 200cc, atau Hero Honda CBZ, dlsb.

Dari berbagai sumber

17 Responses to “Pesaing TVS Apache RTR 160 di India”

  1. Hadiy February 10, 2009 at 2:40 pm #

    Wah, kok jadi pulsar yang paling jelek diantara semua.

  2. aWi February 10, 2009 at 2:52 pm #

    Bukan kang Hadiy. Itu urutan random. Saya sendiri gak bisa mengurutkan mana yang paling bagus sampai ke paling jelek. Karena saya gak punya data statistika yang valid.

    Dan juga, motor motor di atas saya setuju yang paling ok menurut saya. Makanya diambil samplenya. Secara kuantiti banyak juga selain di atas pesaing Apache RTR 160 di India.

  3. ipunk February 10, 2009 at 6:26 pm #

    Kyknya HeadLamp FZ16 boleh jg tuch buat diaplikasikan di Apache…lebih macho…apalagi model knalpotnya…wuih gahar..

    B6773SOO

  4. b4dr41n February 12, 2009 at 11:06 pm #

    emang ATPM d Indonesia pelit Inovasi kali yak…. ayo dunk tiru negara lain… ky India or Thai….

    btw.. kanzen emang motor Indonesia gitu….??? ko namanya ga Indonesia banget… (Mochin x…?)

    B6256SOO

  5. Kecret February 13, 2009 at 9:25 am #

    klo sekarang perbandingannya jgn secara cc, but secara harga, couse ada R15 yg secara cc cuman 150 but harganya diatas Pulsar220 dan Karizma Honda 225 …… tapi kemampuannya emank dassyat….

  6. ferry February 13, 2009 at 2:02 pm #

    vixion difairingin😀

    kang awi, ama ada suzuki GS150 kalo gag salah, modelnya ya mirip2 apache, ama hero honda.

    tapi tetep, best bike nya kan apache😀

  7. hary February 17, 2009 at 11:22 am #

    ngomong2 kapan TVS Apache RTR 160 yang Fi ke Indonesia Kang?

  8. aWi February 17, 2009 at 11:28 am #

    Pak Benny / Mba Diah, sudah ada yang nanyain tuh? Saya gak bisa jawab, kang hary…

  9. wedhus_liar March 3, 2009 at 3:26 am #

    @Kecret
    klo sekarang perbandingannya jgn secara cc, but secara harga, couse ada R15 yg secara cc cuman 150 but harganya diatas Pulsar220 dan Karizma Honda 225 …… tapi kemampuannya emank dassyat….

    Bah, itu mesin V-Ixion pake Fairing aja. Secara larinya dan performa kalah telak dengan Apache RTR 160 Fi.. Silahkan cari datanya dari orang India langsung deh.

    Kunjungi http://www.torcy.co.cc

    -= TORCY =-

  10. wedhus_liar March 3, 2009 at 3:28 am #

    @Kecret
    klo sekarang perbandingannya jgn secara cc, but secara harga, couse ada R15 yg secara cc cuman 150 but harganya diatas Pulsar220 dan Karizma Honda 225 …… tapi kemampuannya emank dassyat….

    Itukan vixion pake Fairing

    Secara performa larinya masih kalah telak dengan Apache RTR 160Fi

    Coba cari infonya dari anak India aja deh, lebih akurat.

  11. ferry March 3, 2009 at 10:58 am #

    yup, vixion fairing, sama aja ma disini. makanya ide anak2 yamaha sini, kalo mau bikin fairing malah masukin yg 125cc. itu baru mayan, udah spec racing.

    laku di india karena sebagai motor full fairing cc kecil, baru dia doang.

  12. Bambang April 14, 2009 at 1:58 pm #

    Apache RTR160 untuk larinya emang yahuuud dibanding motor jepang
    tenaganya ruuuar biasa klo untuk oper gigi bila agak sulit itu mah karena setelannya doang yang belum pas buktinya apache gwe untuk oper gigi empuuak buanget dibanding ama tiger/megapro
    untuk komunitas apache RTR160 dimana aja berada eratkan silaturahmi biar makin kompak dan solid trim’s

  13. ferry April 14, 2009 at 2:17 pm #

    malam minggu di depan tmp kalibata buat yg di jakarta.

    pasti ada kok😀

  14. Bang Des June 1, 2009 at 1:24 pm #

    Pengen juga tuhhh gabung pake acara di kerjaii yaaa…….

  15. yamaha murah June 13, 2009 at 5:52 pm #

    OK bgt spec & tongkrongannya, sayang harganya…
    coba bs deketan ama Megapro

  16. Melly August 10, 2009 at 3:50 pm #

    Kira2 udah punya bocoran tak kira2 bakal dilepas brp tu OTRnya ya?
    emm…. jadi pengen euy…

  17. eric faster August 28, 2009 at 12:21 am #

    i like this FZ16, kapan launching di indonesia, berapa harganya ??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: