Ban TVS cocok untuk kondisi jalanan kering?

14 Oct

Sengaja saya coba tuliskan ini untuk mengimbangi informasi mengenai bahwa Ban TVS adalah licin saat jalanan tergenang air alias hujan. Berdasarkan pengalaman saya pribadi memang betul, bahwa kita mesti ekstra hati-hati saat berkendara dengan kondisi jalanan licin dengan menggunakan ban standar TVS. Utamanya pada saat kita akan mengerem mendadak baik itu sedang berbelok atau di track lurus. Dengan kondisi track luruspun dan kecepatan 30kpj, saya masih mengalami slip ke kiri bagian belakang.

Namun berbeda pula saat kondisi jalan kering. Saya merasakan ban TVS sangat lengket dengan jalan. (tentunya tidak ada pasir). Saya mencoba berkendara di track lurus dengan kecepetan tinggi, ban TVS bisa juga diajak kompak dengan jalan. Lalu saya mencoba di tikungan dengan kecepatan 90kpj, ban black macho masih stabil terasa nempel dengan jalan. Saya rasakan berbeda sekali saat kondisi jalanan basah.

Saya pikir kalo misalnya ganti ban, harus di saat tepat, misalnya musim hujan sudah mulai. Sementara ban TVS standar kita simpan untuk kondisi alam kembali berganti.

Hmmm, apakah di India sana, jarang hujan, ya? hehehehe

9 Responses to “Ban TVS cocok untuk kondisi jalanan kering?”

  1. Rayburn October 14, 2008 at 3:01 pm #

    Ya repot donk bro.
    kl mulai musim kemarau musti ganti lagi
    ama yg ori.
    malah rusak tuh velg, dibongkar2.

    motor Puls@r g jg gitu.
    merk MRF (ban ori)
    kl ujan ga brani kenceng.
    byk yg ud slip pas ujan.

    ap emang tipikal ban India ga mikirin saat licin ya.
    bahaya bgt itu.

    rencana mo ganti ban Duro.sprtinya bagus jg.

    nb: ada rekomendasi t4 pasang ban yg bagus.

  2. ferry October 14, 2008 at 3:23 pm #

    sepertinya orang indihe takut pilek semua, jadi gag pada hujan2an bawa motor 😀 makanya dibikinin ban buat trek kering doang, bukan medium. kalo ban belakang, mending ganti battlax sekalian, kalo depan duro cukup. gw juga pengen ganti, tapi blm ada dana, soalnya pengen sekalian ke 130 belakang, depan 100.

    ferry
    -B 6230 ELV-

  3. mulyanto October 14, 2008 at 6:52 pm #

    edan nikung pake 90kpj, di tikungan mana wi?

  4. Fajri October 14, 2008 at 10:15 pm #

    Wah,kng awi lngsng post soal ban,mksh infonya kang,brarti,mmpng skrg halodo,bsa nbung bwt ntar gnti ban y?
    Jd intinya klw ujan musti extra carefull y…

  5. aWi October 15, 2008 at 10:12 am #

    @ fajri
    Yup, sangat hati hati. Siapkan feeling dan mata, barangkali akan rem mendadak.

    @ mas mul
    di tikungan supratman (pertigaan) dekat Pusdai… dari bawah (selatan, jl.ahmad yani), lari terus sampe 110kpj, lalu di belokan mau lewat pusdai, kecepatan masih 90kpj, masih mantabbs nempel di jalan itu ban… lalu lanjut ke gedung sate…. (suasana masih pagi pagi buta—ngejar travel di pasteur)

  6. mulyanto October 15, 2008 at 11:35 am #

    kalau tikungan itu yah bisa 90kpj.

  7. Jonny October 15, 2008 at 8:54 pm #

    Mas Awi ngak kapok nyosor bemper mobil lagi tuh he…he…

  8. gto October 17, 2008 at 2:11 pm #

    gomong2 licin aku punya pengalaman hari senin ini waktu pulang dari jakarta,tempat kejadian di daerah terminal baranangsiang bogor,waktu itu kecepatan 30km/jam entah mengapa ban belakang tiba2 selip ke kanan lalu ke kiri dan akhirnya mencium aspal.pas diliat ternyata aku ngelibas oli sepanjang 2meter 🙂 untung lg pelan motor sama aku nya cuman lecet2,tanya donk aku mau ganti ban belakang bagusnya pake apa?ukuran maksimalnya berapa?

  9. badrain November 20, 2008 at 10:55 pm #

    Dear All Apacher,

    Mo sharing aja niy… td ban blkg my “Titan Apache” kempes kena paku…
    terus dorong deh k tukang tambal band…
    Ban dalam di keluarin… terus dia tanya ” Bro ban dalem niy motor g ada murnya ya (idealnya didalem ada mur lagi, ktnya)….

    Bener ga niy semua apache ban dalemnya begitu….?????

    Salam kenal juga bwt Rider Yellow Apache di Tugu Proklamasi Menteng (papasan dari pasar burung Pramuka)…

    Thanks ya bro 4 infonya….

    “The Titan Apache”
    B 6256 SOO

Leave a reply to Rayburn Cancel reply