Belum bisa pecahin rekor

18 Sep

Pagi ini saya mempunyai kesempatan menguji si black macho. Karena saya ditugaskan ke Jakarta, tepatnya ke Kantor Pusat Jasamarga di Taman Mini untuk urusan kerjaan. Nanti si black saya titipkan di Mall BTC, selanjutnya saya naik travel Cipaganti kesana. FYI, Sebelumnya saya belum pernah dengan sengaja/niat memaju adrenalin saya bersama black macho.

Melalui jalan yang lumayan sepi, karena baru pukul 5.30 pagi. Saya susuri jalan dengan santai awalnya. Karena waktu menunjukkan masih lama sebenarnya. Travel yang saya naiki, akan berangkat jam 6.30, berarti masih banyak waktu untuk saya menikmati perjalanan dari rumah di daerah gedebage ke pasteur (BTC).

Tiba-tiba ada yang menggoda saya, penunggang Kawasaki Ninja 150RR sepertinya sedang buru-buru, lalu saya kuntit. Kebetulan kami akhirnya sama-sama diberhentikan lampu merah. (sebenarnya sih beliau tidak menyadari ada yg nguntit, karena saya tepat di belakangnya). Saya tunggu lampu hijau, sambil menyiapkan ancang-ancang. Begitu juga motor-motor lain. Karena track-nya lurus, sepanjang Jl.WR Supratman, sepertinya seru untuk dicoba.

Hijau menyala, wuissss. Saya coba tancap gas. Gigi 1-2, lalu 3, tanpa terasa sudah 67 kph, masih tepat di belakang si Ninja 150RR tadi dalam waktu kira-kira 5 detik. Weiss, masih bisa ngimbangin, euy. Eh tau tau, setelah gigi 4 trus 5, di atas kecepatan 90kph, si Ninja melesat jauh. Ini memang menunjukkan Apache cocok untuk balapan/drag race dengan banyak kelokan.

melewati jembatan layang pasupati

melewati jembatan layang pasupati

Lanjut ke perjalanan yang masih saya nikmati. Saya melewati jembatan layang pasupati. Tanpa terasa sudah membawa si black macho ke kecepatan 100kph, yang saya sendiri belum alami. Wah boleh nih dicoba memecahkan rekor yang diklaim TVS bahwa max-speed APAche RTR 160 adalah 118kph (dari brosur). Lalu saya putar gas dalam-dalam.

Mendekati ke 114kph, tiba-tiba saya merasakan bodi belakang goyang. Padahal tenaga masih ada nih. Wah ngeper euy. Motor asa ngagibeg. Angin? masa sih, secara berat motor yang 136Kg, dan saya yang 90kg, bisa kebawa angin…. hehehe. Ya sudah, saya gak berani. Gagal deh pecahin rekor pabrik yang 118 kph. Ada apa, ya? Walaupun dengan kondisi motor yang standar pabrik.

FYI, ini real speed dengan speedometer yang digital. [barangkali ada yang meng-underestimate, masa sih cuman 115kph. Saya yg pake H*nd* M*g*Pr* bisa 135 kph.]

real speed with digital speedo

real speed with digital speedo

Ok. demikian pengalaman saya bersama black macho pagi tadi. Lumayan seru, dan buat tau saja kemampuan si blackie ini. Selanjutnya saya selalu bawa dia seperti sedia kala.

103 Responses to “Belum bisa pecahin rekor”

  1. edy September 18, 2008 at 1:43 pm #

    tesnya jangan di jalan raya, kang🙂 ksian pengguna jalan lain
    ato pas tengah malem kan udah sepi tuh hehehe
    di raja mandala (kalo ga salah nama) juga enak, jalan lurus, lebar
    jadi jalur favorit kalo riding jkt-bdg:mrgreen:

    tentang speedometer kayanya ga ada yg akurat 100% deh
    apalagi untuk kendaraan yg diproduksi massal
    beda kalo peruntukan balapan

  2. aWi September 18, 2008 at 1:59 pm #

    kang Edy, ini juga karena sepi. Di bulan puasa gini, jam 6 pagi, masih satu-dua mobil atau motor saja. hehehe. Saya gak akan ngulang lagi kok. Cuman ngetes. Lain waktu, jalan normal😉 Ingat anak-istri di rumah🙂

    Iya, kang. Saya juga yakin bahwa buatan manusia gak ada bisa 100% akurat. Tapi utk ini mendekati lah …. keukeuh maksa hehehehe😉

  3. ai_zeus September 19, 2008 at 7:46 am #

    Buritan bergoyang ketika kecepatan tinggi ?

    Coba diakali dengan menggeser riding position ketika kecepatan tinggi dengan duduk agak mundur dan badan dibungkukkan sedikit untuk memberikan tekanan ke roda belakang dan mengurangi hambatan angin.

    Kalau masih goyang juga, berarti ban minta diganti dengan ban yang memiliki grip ke aspal lebih baik, seperti ban dengan medium compound.

  4. parmis September 19, 2008 at 8:15 am #

    wah mestinya dhe blues saya ikutan lawan black macho + kawasaki ninja kira2 yang duluan siapa ?

  5. parmis September 19, 2008 at 8:19 am #

    kalau tao iklan nya sih yang saya yang menang

  6. Hadiy nih September 19, 2008 at 8:57 am #

    Pengalaman yang sama gw di Gatsu cma sampe 113Kpj, tapi ada Apache rider di pamulang dah ngerasai lari 136Kpj waktu sharing disabang kemarin…’

  7. apache4fun September 19, 2008 at 10:02 am #

    Lapor bos, baru bisa sampe 110. soalnya jalanannya kurang sip nih…😀

  8. aWi September 22, 2008 at 11:11 am #

    tidak sengaja lagi…

    saya coba untuk kedua kalinya, kali ini dengan riding position yang disarankan bro ai_zeus, dan dengan sukses tidak bergoyang bagian pantatnya…

    dan dengan sukses pula menyamakan rekor pabrik yakni 118 kpj….. itu sebenarnya bisa nambah lagi, keburu ada belokan … takut euy

    tp untuk mencapai itu. lumayan lama.

  9. mulyanto September 22, 2008 at 2:27 pm #

    adu ama fizr-ku yang jadu aja😀

  10. aWi September 22, 2008 at 2:53 pm #

    Wah sama mas mul, yang jam terbang banyak dengan fizr-nya, gak ah….😉

  11. ferry September 22, 2008 at 3:12 pm #

    baru bisa 115 kpj, versi speedo apache. udah kenceng, masih sisa bukaan grip gas. cuma jalanan dah habis, jadi grip sisa gag kebuka😦 kalo buat jalanan jakarta, brani kok sama merk n type apapun….(asal ban udah ganti yg lengket…)

    @bro hadiy
    pernah kumpul ama yg laen gag? ikutan dong, masa sendirian mulu kalo dijalan…

  12. Jonny September 24, 2008 at 9:04 am #

    Bro, kalau saya sih nggak berani lewat 100 soalnya kalau kekencengan, saya masuk angin alias jadi pilek kalau pulang rumah he..he..he..

  13. Cooby September 30, 2008 at 11:40 pm #

    Pagi ini msh sampe 115km neh,tuh aja tmn gw yg pake satria FU cm 95km.posisi sejajar ma apache gw,kok bs ya bedanya jauh bgt tuh spedonya.Trus tiba2 dr blkg da tigi revo nyalip gw (wuzz…) Tmn gw pake FU bs ngejar,sdg gw ‘kalah nyali bro’, yah akhirnya gw tetep berthn di 115km ja. Surabya-tulungagung dg jarak 204 km,gw cm habisin 3 lt, itupun tanki gw isi full premium. Getaran d knalpot ma peer blkg keras bgt,gw mampir d TVS kediri utk betulin.Knalpot da beres,tinggal peer blkg yg msh getar.’save otw’

  14. zatriany plat w October 5, 2008 at 1:26 pm #

    RTR 16 boleh jg..
    Bensin irit punya, lari lumaya dari pada MEgi pro ,ma Tigi nkayake bisa diadu tuh..denger2 dr mekaniknya TVS, mu lebi kenceng ganti karbu punya Tiger aja, lama jg oke..bs lari mpe 130 k/j bro..kl pnya nyali sih..
    Bung Cooby aja standart Nyali nya atut ma Tiger n FU..padahal klo berani sih bisa lo balap tuh 2 motor dr JApan

  15. badrain October 6, 2008 at 1:02 pm #

    Hehehe ko kenceng2 ya….

    Paling banter Tooooop Speednya cuman 80 km (Sudirman-Jkt), n berat lagi nafasnya….but bwt bensin TOP dah iritnya (Rp. 50000/ minggu) jarak tempuh sehari +/- 50 km (Ciledug – Sabang).

    B 6256 SOO

  16. ferry October 10, 2008 at 12:43 pm #

    tembus 121 kpj… yakin masih bisa lebih, tapi gag ada trek yang bener2 aman buat buka grip…

    @Cooby
    FU ama revo lebih kenceng? gag banget deh, biasa juga gw asapin dua2nya, mau tarikan, ato top speed, masih megang apache. kecuali Fu ama revonya udah oprekan.

    @zatriany plat w
    bukannya karbu mikuni yg di apache udah termasuk yg paling bagus? bisa aja sih ganti, tapi ganti yg karbu racing, kalo standar tigi, kyknya masih bagusan mikuni yg di apache.

  17. Jonny October 10, 2008 at 8:03 pm #

    Inget bro… keluarga nunggu anda selamat di rumah he..he..he.. jangan ngebut ah.. kan bukan mau balapan … he.he.he. kecuali ikut dengan didi kempot di stasiun balapan .. Ok bro, selamat ber TVS

  18. ferry October 13, 2008 at 1:57 pm #

    udah kok mas jonny😀 udah sampe jakarta, udah puas nariknya…

    kalo tega ma motor, pake gigi 3 ato 4 aja pentokin ampe 130an, baru oper ke 5… kata orang tvs latumenten sih kalo pengen nembus lebih kenceng pake trik gitu… tapi ane blm nyoba.

    enak service di latumenten…biar jauh dari depok, tapi puas…
    berangkat jam 11 siang, pulang rumah jam 3 sore. masih lebih cepet daripada service motor jepun, lama antrinya :))

  19. mulyanto October 13, 2008 at 8:19 pm #

    Lama antri ada gunanya. Mesin jadi lebih dingin. baut-baut dibuka pada suhu yang lebih dingin, jadi lebih aman. Kalau baru datang, langsung diservis.. berdoalah agar mesin tidak malah jadi rusak. Kalau mau lebih aman, cuci motor di cucian motor yg dekat bengkel. Kemudian tuntun motor ke bengkel untuk diservis.

  20. aWi October 14, 2008 at 9:39 am #

    mas Mul, di dealer Buah Batu memang ada tempat cucian sekaligus. Jadi gak perlu cape-cape ke tempat cucian yg deket bengkel.

    So, kalau saya selalu dicuci dulu pas ke bengkel…. baru di-service… Lebih aman toh…. hehehehe

    Gak ngantri (pas nyuci), gak ngantri pula pas service … jadi ke kantor bisa dikira-kira …. coba kalo motor jepun … halah … mau jam berapa selesainya ….

    hahahahaha, CAP CAY DEH

  21. ferry October 14, 2008 at 1:35 pm #

    sepanas apa siy apache? habis perjalanan jauh aja masih brani kok nempelin tangan beberapa detik. jadi panasnya masih dalam suhu yg tolerable, tidak berpengaruh ke bentuk (cast, besi, dll). lagi pula, service ringan, bukan turun mesin😛 cuma buka beberapa baut, (yg terkait mesin). itu juga dilakukan setelah ganti filter dll yg gag ada panas2nya. buka baut dimesin slalu terakhir, setelah mesin dingin.

    tapi no offense, gag papa, kalo ada kekurangan toh pasti orang juga cari pembenaran…mungkin kalo beres jepun pada cepet n gag antri juga pada seneng…

    peace…

    ferry
    -B 6230 ELV-

  22. Jonny October 15, 2008 at 9:02 pm #

    Mas Aei, kalo rabu 15 okt kemarin lewat teuku umar samping DU kagak ??? sy lihat ada taft guy pake kebo item RTR count dount, kalo dari helm and tongkrongannya sih Bro Awi yang humas ARCI … ti ay (Kayak RCTI he..he…)… bener nggak bro… kl y sudah pas jadi humas, orang pada melongo tuh sama motor RTR nya

  23. gto October 17, 2008 at 1:51 pm #

    anak baru:) aku hari ini pulang dr jkt top speed cuman mentok 112 mau tambah gas ga jadi maklum mesin masih masa ingreyen(baru700km).aku ada keluhan soal bensin apache aku punya perbandingannya 1/30-35 kira2 kenapa ya?dan bunyi mesin klo dah panas bunyinya kaya mesin jait,ada yg bisa kasih penerangan ga?

  24. Jonny October 17, 2008 at 2:10 pm #

    Settingan klep and karburator tidak oke itu bro … Normalnya 1: 50 hingga 1:60 sudah dicoba…. Klep yang tidak pas, bunyinya emang kayak gitu bro. Set ulang deh… Insya ALLAH, mantabbb

  25. gto October 17, 2008 at 3:54 pm #

    ok thx kemarin udah di set lg waktu servis,sekarang lg di itung lg.untuk bensin pake premium ga apa2 kan?,soalnya kemarin pake premium.

  26. Jonny October 18, 2008 at 5:44 pm #

    Bro Gto, untuk suara mesin kayak mesin jahit setelah mesin agak panas saya pun pernah complain ke Service centre and tanya kepala mekaniknya, lalu saya bandingkan dengan RTR yang lain memang ada sedikit berbeda… Katanya sih itu masih gesekan logam dalam mesin karena masih indreyen.. Mereka bilang silahkan check ulang setelah service ke dua dan ke tiga… mereka jamin katanya akan hilang sendirinya (kalee sudah leucir … alias sudah pass licin antar logam sesuai) Kalau masih juga kata mereka juga… Ganti onderdil daleman tergantung dari jenis trouble apa yang terjadi … gratissssss (kan garansi 3 tahun )… Oke begitu bro

  27. gto October 20, 2008 at 8:27 am #

    ok thx berat nih infonya nanti klo dah servis ketiga aku posting infonya .sekarang bensin si grayhunt udah normal 1/50 kemarin aku isi full pagi ini setelah jarak 100km cuman isi 2 L🙂 sekarang aku isi pertamak tarikan lebih mayus.

  28. gto October 20, 2008 at 9:54 am #

    bro joni, sekarang motornya masih ada bunyi di mesin ga?

  29. gto October 20, 2008 at 10:05 am #

    bro jonny klo aku mau servis di latmenten bisa ga?soalnya aku belinya di bogor.

  30. ferry October 20, 2008 at 3:17 pm #

    @bro gto

    bisa servis mana aja kok. sejauh ini, aq 2 kali servis, di kalimalang ama latumenten. konsumsi masih kisaran 1:45-1:50 untuk pemakaian wajar. nunggu servis ketiga, mau tanya2 masalah bunyi juga, gag mengganggu, cuma pengen alusan aja…

    ferry
    B 6230 ELV

  31. Jonny October 20, 2008 at 6:39 pm #

    Bro gto, saya masih riset terus itu kebo itemnya… untuk bensin sudah tidak ada masalah. Asal setingan oke bensin mak nyessss. ponakan kemarin tes Tasik Bandung.. bensin isi tangki penuh sampai tutupnya lalu setelah tiba di Bandung, ke pom lagi lalu isi bensin lagi, nggak jadi karena malu… waktu tutup bensin di buka ternyata …. masih penuh, turun dikiiit banget di bawah tutupnya. Suwer deh.. boleh diadu… 1 : 60 mah jamin deh…..
    Bunyi kayak mesin jahitnya masih ada dikit, kemarin saya ke service dealer lagi and masih di utak-atik… Kesimpulan Mekaniknya… tunggu aja hingga habis indreyen 2500 katanya….Tapi tidak mengganggu performance nya ko bro. Tetep tarik muantaaaaaaffffffff. Gimana Bro Awi … kok sidakep bari balem aja… nggak comment he…he…he…

  32. Jonny October 20, 2008 at 6:42 pm #

    Oke bro Gto ketinggalan pesannya… untuk service itu RTR nya boleh dimana aja… bawa buku service nya selama masih masa garansi mesti dilayani dengan baik. Malah saya masih dalam masa garansi karena ingin di setting ulang boleh aja do service mana suka anda bayar settingan ini itu cuma 15 rebu…murah kan.. (sayang harus nyabut lembar buku service … nanti jatah olie hilang he…he..he…)

  33. gto October 21, 2008 at 7:53 am #

    waktu pake permium klo udah kelamaan(bogor ke jakarta terus muter2 dijakarta total KM sekitar 110 km) aku ngerasa mesin agak kurang narik tapi setelah aku pake pretamak tarikan ada terus kaga ada abis2nya.ok aku jg lg riset terus buat bensin ama mesin.oh ia kemarin abis pulang dari jakarta mata kanan si grayhunt buta ga tau kenapa:( hari ini klo jd aku mau operasi mata kanannya.

  34. gto October 21, 2008 at 7:59 am #

    bro ferry memang ga menggangu secara keseluruhan,tp klo ga ada bunyi makin keren kan motornya bener ga:) jadi waktu berenti di lampu merah kaga ada bunyi mantaf kan.

  35. gto October 21, 2008 at 8:15 am #

    oh ia ngomong2 speed sabtu kemarin aku tembus 122km/jam itu dah pake pertamak terus temen aku yang punya tvs bogor sering ampe 125km/jam nanti akumau bandingin klo dah servis ke 2 ama ke3.

  36. gto October 21, 2008 at 8:17 am #

    bro cooby udah jalan lama gitu(204km) tarikan mesin masih mayussss kaya pertama jalan ga?

  37. ferry October 21, 2008 at 11:38 am #

    @bro gto
    bener siy, lebih mak nyuss kalo bunyinya cuma ngebass aslinya dari knalpot. tanpa ada bunyi mesin.
    selain mesin, getaran stang masih brasa, padahal kemarin udah di cek komstirnya.
    besok rencana pas di latumenten kalo sempet mau setting karbu juga, biar lebih irit (kalo ada dana tambahan mau ganti kabel busi racing yg warnanya juga kuning :D). soale kalo makenya gila, dapetnya cuma 1:40an.
    saat ini odo udah 3200an km, tarikan tetep kayak pas masih inreyen, gag ada perbedaan (tapi paling yahud pas suhu mesin optimal alias gag dingin n gag kepanasan juga), top speed masih baru sempet 121 pas mudik (shell). premium cuma pernah 115an, di jalanan belantara jakarta. niatnya setelah servis ketiga semoga semua problem awal teratasi. dan konsumsi bensin sebagus bro jonny.

    jadi punya banyak kepengenan niy buat si koneng, pengen ganti ban 100depan, 130belakang(sama velg), oil cooler. plus embel2 lain spt busi, kabel busi, karbu, dll. mesin biarin aja. tapi apa daya, kemampuan nabung kecil :((

    kang awi udah diapain aja black macho nya?

    ferry
    B 6230 ELV

  38. Jonny October 22, 2008 at 8:23 am #

    Bro ferry, tak terasa ya pengen ini pengen itu modif ini modif itu eeeee hitung-punya hitung koceknya jadi deh seharga Kawas – aki 250 4 tak baru he…he…he…

  39. Jonny October 22, 2008 at 8:28 am #

    Agak sepi sekarang mah…yang punya rumahnya nggak ngasih komentar bro he…he…jadi malu masuk posting he…heee

  40. ferry October 22, 2008 at 9:51 am #

    iya niy, kang awi kemana ya? lagi sibuk di lab kayaknya…

    bener bro jonny, kalo mau nambahin sesuai dana yg ada, kayaknya jadinya malah gag puas… yah, sementara biarin apa adanya dulu aja. wong gini aja udah bisa busungin dada😀

  41. Jonny October 22, 2008 at 4:19 pm #

    He..he..Bro ferry, kata orang mah modif itu kayak virus … semakin di modif semakin menggebu-gebu… Saya jg ingin bikin fairing, tapi kayaknya itu RTR nya bagusan naked he..he.. Apalagi warna item… wah garang bro.

  42. amin October 22, 2008 at 10:29 pm #

    bro2 apachers.
    saya baru aja buka situs team-bhp india.berhubung santer terdengar tvs apache menace mau keluar lagi dibulan november tahun ini (launching diindia, ga tau kapan akan masukindonesia).

    ada sketsanya sayang beribu sayang,sketsanya dibuat nge blurr..
    catatan :
    -biarpuny gambarnya nge blurr,tapi keliatan sosoknya yang stunning banget.
    -kayaknya dah monoshock.
    -“mungkin” sudah menganut snalpot undertail

    mari kita berharap2 cemas,apabenar ini sosokyang ditunggu2.
    untuk viewnya,silakan ketik http://www.enginesengineering.com/works/TVS/Gallery_TVS/

    maaf ga bisa langsung dilink(ga ngerti caranya,nubie soal internet ^^)

  43. Jonny October 22, 2008 at 11:26 pm #

    Jangan shock dulu… lha wong RTR 160 aja masih di rasa-rasani… plus minusnya mau tarik ke menace… gak janji deh… masih demen riset kecil-kecilan dengan RTR 160 aja dulu…. Oke bro thanks

  44. gto October 23, 2008 at 8:47 am #

    kemarin mata si G hunt udah udah di benerin,teryata untuk bohlam lampu engga ada garansi.bro2 semua pernah ada masalah keluar oli di bagian bawah mesin ga? untuk kang awi atur nuhun,karena milis ini sangat ngebantu semua yg punya apache

  45. aWi October 23, 2008 at 11:01 am #

    Bro-bro sekalian… punten pisan euy saya sempet menghilang beberapa hari.

    Saya senang banget dapet info, wawasan, dan pengalaman dari bro-bro dengan tunggangan hebatnya pas baca di komen-komen

    Saya sedang ada musibah, jadi sering kesana-kemari (Jakarta – Bandung, red), karena ibu mertua sedang kritis (sekarang Alhamdulillah sudah masuk ruang perawatan). Nunggu operasi (kecil) jantung. Kemarin aja, nginep di rumah sakit. hehehe

    Punten pisan belum kasih komen. Tapi saya senang banget bro-bro sudah berkunjung ke Lesehan ini.

    Thanks, bro’s. Ditunggu selanjutnya komennya..

  46. gto October 23, 2008 at 1:39 pm #

    Kang awi,saya Doakan ibu mertua kang awi cepat sembuh, moga operasinya sukses.

  47. aWi October 23, 2008 at 1:57 pm #

    Hatur nuhun, bro gto… amin.

  48. ybandung October 23, 2008 at 3:05 pm #

    Halo Mas Anton,

    Semoga Ibunda lekas sembuh ya Mas.

    Wah keren Mas, saya sendiri dengan karisma x di jalan layang pasupati cuman berani sampai 100 km/jam kurang dikit. Rasanya sudah maksimal … soalnya gas dah pol haha ..

  49. aWi October 23, 2008 at 3:28 pm #

    @ mas Dung
    Nuhun, mas dung. Amin.

    Wah, jgn dibandingin atuh mas dung. Karisma kan terkenal iritnya, jadi dipake memang untuk harian. Bukan balapan hehehehe

  50. ferry October 23, 2008 at 3:43 pm #

    @bro jonny
    bener juga ya…kalo udah kena satu, maunya kena semua😀

    @bro gto
    di si koneng, ada keluar oli dikit di bawah sproket depan. gag tau dari mana, soale rantai emang penuh gemuk gitu dari baru. gag kering. tiap ke bengkel lupa nanya pula.

    @kang awi

    semoga ibu mertua diberikan kemudahan dalam operasinya, dan segera diberi kesembuhan.

  51. gto October 23, 2008 at 5:39 pm #

    bro ferry
    si G hunt jg keluar oli semenjak dari servis pertama ga tau dari mana,apa lg klo semaleman pake standart samping itu oli sampe turun kestandart,aku lg cari2 penyebabnya,ampir tiap hari aku cek oli mesin.mudah2an itu oli dari rante motor, soal nya waktu servis tu rante di oli in ama montirnya.

  52. Jonny October 23, 2008 at 8:32 pm #

    Bro GTO, soal olie netes saya ngalamin… eee ternyata setelah dikomplain itu olie dari gear rantai. Hanya saya punya keluhan yg mirip sama juga sih, yaityu setelah service pertama bunyi mesin jadi agak ngeletek dan kalau panas bunyinya kayak mesin jahit… wah jadi nggak PD… hal ini jg terjadi Pada motor TIGIE and PULSIE ….Barangkali ada pengalaman harus digimanain nih bro.. soalnya di service point resmi nya bilangnya gitu-gitu aja kurang memuaskan… Klise katanya tunggu abis indreyen aja… Benar-benar jadi lemes deh… takut ada apa-apa nih lagi dipakai

  53. Jonny October 23, 2008 at 8:35 pm #

    Kang Awi,, saya turut mendoakan semoga Ibunya cepat sembuh… diberi kesabaran dan ketabahan ya… Insya Allah…

  54. gto October 24, 2008 at 8:19 am #

    ia bro jonny untuk masalah itu kayanya kita harus tanya langsung sama empunya motor di indihe sana:)
    untuk oli mudah2an bener dari rante soalnya klo dr blok mesin pusing deh kepala:<…..

  55. ferry October 24, 2008 at 4:40 pm #

    kalo gw siy yakin dari rante kyknya, tadi pagi ama kemarin pulang kerja, gw cek, oli mesin masih cukup bening, sementara yg ada di pangkal standar samping udah kentel item. mungkin besok bisa ditanyakeun… soalnya ini udah jauh dari inreyen, masih ada aja bunyi nya. sampe sempet mikir, masa udah kena di sahernya? (tau nyebutnya gimana harusnya :D) tapi kok bunyinya gag terus2an, (gag dari awal) ya?

  56. gto October 25, 2008 at 7:41 am #

    bro ferry,memang bener mesin bunyi klo dah panas,klo mesin masih adem suaranya matafff,aku lg coba2 cari info di indihe sana,kali aja ada yg tau:>

  57. jonny October 25, 2008 at 7:42 am #

    Iseng-iseng saya masuk ke komunitas tigie and motor jepun lain… eeeeh ternyata keluhan soal mesin ternyata juga didominasi juga motor jepun… bahkan urusan ngeletek sudah dari 2001 yang lalu bikin pusing itu temen-temen. Kalau RTR sih kayaknya sy punya feeling soal settingan mesin aja.. karena yang sy amati, waktu tu RTR keluar showroom s.d. service pertama kagak ada keluhan, bunyi lemes nyaring.. bensin irit (sdh dibuktikan), tapi setelah di service ke 1 mulai deh bunyi keluar.. and antara montir 1 dengan yg lain kok nggak sama jawab nya. Hipotesis sy, boleh jadi pemahaman karakter mesinnya yg belum sama… jadi settingan jadi berubah. Sy masih amati terus bunyi mesinnya. Kalo soal tarikan mah percaya deh sama itu RTR mumpuni. Ok bro sharing aja kalo ada perkembangan soal tuh mesin. Anehnya punya keponakan, RTR merahnya itu sdh >1000 Km mesinnya halussss banget (nyaris tak terdengar he.,..he… ) bunyinya. Wah ngiler jg tuh….Dia setting waktu beli di tasikmalaya…

  58. gto October 25, 2008 at 8:07 am #

    bro jonny beneran tuh,wah harus tanya sama montirnya setingannya gimana.atau jangan2 sabelum pakai harus servis dulu,soalnya aku waktu pertama pake suaranya halus banget cuman pas waktu dibawa ke jakarta terus muter2 lama2 kerasa mesin agak aneh,waktu di cek dirumah kedenger deh bunyinya.

  59. gto October 27, 2008 at 9:46 am #

    pengumuman setelah di cek and recek perbandingan bensin si g hunt adalah 1/40-45km. bro2 yang di jakarta kemarin sabtu acaranya gimana?seru ga?

  60. ferry October 27, 2008 at 12:18 pm #

    acara seru dan mengenyangkan…

    tapi lupa susunan ketua TMC Jakarta. bro hadiy yg mungkin inget. gw juga pulang duluan, berhubung ada acara lain.

    kemarin pas di latumenten, tanya sama montir, oli rembes netes dari pelumasan rantai. tapi bisa juga karena seal kurang rapet, bisa dikencengin dengan ngencengin sproket depan pake obeng ketok n obeng biasa (untuk 3 bautnya)

    mengenai bunyi mesin, montir bilang, mau alus? tapi tarikan kurang, gimana? intinya emang stelannya mau dibuat kenceng tarikan, apa suara halus. tinggal setting aja.

    lupa nanya mengenai konsumsi BBM ma montir n ma bro semua kemarin pas ketemu.

    oia, jakarta ada rider apache cewe…namanya lupa tapinya😀

    ferry, koneng B 6230 ELV

  61. Jonny October 27, 2008 at 8:42 pm #

    nah bro gto, berarti punya ente belum bisa ngalahin iritnya motor ane he…he…he… sudah 3 minggu ini tidak ngisi bensin..pada hal tiap hgari muter terus tuh motor… jamin deh di atas 50 km/ltr…

  62. gto October 28, 2008 at 1:32 am #

    ia nih bro ferry dan bro jonny si G hunt minumnya lumayan boros nanti aku mau coba
    servis ke2 dilatumenten aah kayanya disana montirnya dah pengalaman,mau minta sama montirnya si G hunt di iritin bensinnya, tambah tenaga dan bunyi mesin tik hilang dr telinga”hehehehe serakah ya:)”

    oh ya sama mau tanya masalah oli keluar soalnya masih penasaran itu oli masih keluar aja.aku sabtu sore kemarin ke daerah latumenten iseng2 mau liat deler tvs di sana cuman ga ketemu terus ujan lagi
    :,boleh ga bro jonny?

  63. gto October 28, 2008 at 2:07 am #

    bro jonny sory tulisan nya ke potong,maksudnya nanti klo siG hunt masih kaga irit kaya bro jonny nanti aku numpang servis ke bandung di tempat bro jonny servis boleh ga bro jonny?
    bro amin udah punya apachenya lom?atau lagi nunggu yg FI denger2 tahun depan mau muncul di indonesia

  64. jonny October 28, 2008 at 8:33 am #

    Boleh ke TVS kopo aja… bisa ke manager shopnya Pa Sarif atau ada Sandi, biar nanti ada mekaniknya pokoke rada ngoboy lah he…he..
    Untuk bensin… posisi terakhir check km362 lalu saya isi lagi bensin 12,5 liter sekarang posisi km 972 and bensin masih berada di posisi setengah tangki… saya mau biarkan sampai tanda isi bensin menyala (warna led menyala kuning), baru isi lagi.. Bagaimana tuh bro gto… mudah-mudahan irit deh… he…he

  65. ferry October 28, 2008 at 9:52 am #

    buat kang awi, kang, trimakasih banyak ya, boleh saling tukar info apache di blognya kang awi… semoga kebaikan kang awi membawa hal positif dalam hidup kang awi.

    @bro gto, dealer latumenten, lokasi, dari arah semanggi, ketemu perempatan citraland, lanjut terus, pokoknya ikutin jalan aja, lewat bawah, gag usah lewat fly over. trus lurus, sampe lewatin rel, ikutin jalan terus sampe ketemu banjir kanal, ikutin terus, kira2 1-2 kilo, pelan2 aja, soalnya kalo dari jauh plang TVS nya ketutup pohon. kalo gag salah, ada BCA sebelumnya.

    ama mau curhat, kemarin jatuh, sekali lagi gara2 ban licin, kepeleset di rel kereta, padahal jalan lagi pelan banget. habis ada kereta lewat soalnya. hasilnya, ada lecet dikit di tudung lampu depan kanan, lecet di pelindung knalpot, sama distang. plus lampu sein kanan lepas mika lampunya dari rumah lampu. sementara dilem dulu, nanti kalo service ketiga aja baru ganti :(( si kuning langsat jadi ada bekas luka…

  66. aWi October 28, 2008 at 12:21 pm #

    @ ferry, sami sami kang. Mudah-mudahan blog ini bisa jadi sumber informasi, inspirasi, dan kreatifitas rekan-rekan semua.

    Saya masih jadi lurker untuk sementara. memantau. Masih belum kasih post baru. Lagi sibuk untuk laporan akhir tahun … hehehe

    silahkan dilanjut bro’s

  67. Kecret October 28, 2008 at 5:22 pm #

    TVS Menace denger2 mesinnya 180 ya? modelnya seh setanding ama yamaha FZ16 ….. kapan masuk indonesia ya? …. ada saingan neh buat P180 gw…

  68. gto October 28, 2008 at 7:56 pm #

    bro ferry kemarin aku lewat fly over terus lewatin rel kereta,pom bensin masih terus kedepan 1-2 km tp ga ketemu terus ujan terus balik pulang deh:> nanti aku coba lg klo mau servis.bro ferry ko cedera jatohnya sama percis,dulu waktu aku jatuh lecet2 nya kaya bro ferry cuman klo aku plus lecet di ujung rem tangan.

    sudah di teliti si G hunt ngluarin ingus alias oli dr deket gir rante tiap pagi aku periksa di daerah deket gir selalu muncul oli yg mau netes:

  69. jonny October 29, 2008 at 8:27 am #

    Kang Awi, bagaimana ibu mertuanya sudah sembuh…. Kita doakan semuanya untuk kesembuhannya. Amiin. Rada clingak clinguk nga ada posting Kang Awi mah he…he… Malu masuk rumah orang, yang mpunya lagi sibuk he….he…

    Wah lab elektro tea banyak proyekna atuh… bagi-bagi atuh kang Awi he…he…he…

  70. ferry October 29, 2008 at 10:05 am #

    @bro gto

    mungkin memang blm sampe, solanya ya itu, palang reklame tvsnya ketutup pohon, posisi kayak 2 ruko, menjorok kedalam, jadi gag keliatan mungkin. kapan jatah servis?

    @kang awi

    idem bro Jonny, semoga ibu mertua dalam kondisi sehat wal afiat selalu, dan semoga tetep banyak proyek. ARCI bandung gimana kabar? ada jaket ato apa gitu?😀

  71. gto October 29, 2008 at 10:40 am #

    ia kang awi bagaimana ibunda mertua?moga cepat sembuh dan sehat.

    bro ferry, sekarang si G hunt dah 1460 km mungkin 1 sampe 2minggu lg dah bisa servis ke dua.minggu depan aku mau ngecek oli bocor di tvs bogor,minggu ini soalnya lagi sibuk.

  72. aWi October 29, 2008 at 1:20 pm #

    Halo bro gto, ferry, jonny…
    ALhamdulillah ibu mertua sudah dirawat di rumah sudah mulai terkontrol. Tapi sedang menunggu jadwal operasi (kecil) cuteter (betul gak ya tulisannya) pake balon. Nuhun atas semua perhatiannya.

    Untuk si black macho juga alhamdulillah tarikan dan suara mesin makin maknyusss. Apalagi headlamp ditempelin sticker gambar api merah menyala, wuihhh kesannnya makin garang…. macho…. sexy

    Tapi ada tapinya nih… pas sudah musim hujan begini, tuh motor jadi sering ketemu air. Efeknya ada suara di deket roda depan bunyi seperti cit…cit….cit, kaya tikus…. wah jadi gak pede euy…. ada masalah yg sama?

  73. Jonny October 29, 2008 at 8:25 pm #

    Kagak ada tuh oom Awi… barangkali itu perlu di grease di bagian gear-gearnya…

    Wah kalau di kateter mah berarti sakit jantung yah kang Awi… Mudah-mudahan lancar ya…
    Sebaiknya tidak mengkonsumsi atau minum air dingin/minuman dingin lagi (berhenti). baiknya air hangat aja…(kalau bener itu yang dimaksud)… and ada olah raga poernafasan khusus kalau tidak salah. Soalnya Kakak sy kebetulan pernah juga di kateter…

    BTW, motor lagi …. nggak jadi ya ke subangnya ???? sy juga lagi sibuk akhir tahun nih lieuuur laporan tahunan he..he..he

  74. gto October 29, 2008 at 10:03 pm #

    kang awi klo saya lom ada masalah kaya gitu,paling dr rem,klo lg ngerem bunyi bernada tinggi mungkin gara2 kotor.
    hari ini si G hunt jadi di cek ternyata bener oli ngerembes keluar dr bagian atas deket gir(…..netral)aku lupa nyebutnya apa:) tp dah di betulin(di tempel pake lem),besok pagi aku mau cek lg

  75. ferry October 30, 2008 at 10:30 am #

    buat semuanya😀

    si codet (gara2 ada luka, ganti nama deh😀 biar segarang kemampuannya juga) juga ada bunyi, tapi lebih ke piranti rem (baik depan maupun belakang). khus terjadi saat awal basah2an. rem belakang, sepertinya tromol kurang rapat, sehingga ada kotoran masuk. soalnya, kepakeman rem masih bagus. rem depan, mungkin karena bahan kampas (blm sy ganti). bagusnya, saat ini roda depan lebih loss kalo diputar pas distandar tengah. awalnya, seret.

    kalau benar rembesan ternyata rembesan oli dari gir depan, berarti benar kata montir latumenten. hal itu karena seal kurang rapat. bisa dikencengin di dealer. CMIIW

    Ferry, apache codet

    B 6230 ELV

  76. Cooby October 30, 2008 at 11:57 am #

    @Bro gto,
    mesin motor gw msh aluz bgt.pdhl gw pakenya rata2 100kpj,tunggangan msh MANTAB.
    Oli netes, tuh mslh ada d gear dpn.lepas penutup gear dpn,bro2 akan temui penutup gigi tranmisi.d situ ada 3 baut,cek bautnya.djamin kendor. Rapatin pake obeng ketok,klo msh blom sembuh jg bw ke bengkel terdekat.
    Tuh mslh prnh gw alami jg, tp skrg dah beres.
    Bensin gw malah 1:36, udah gw tes 3x.
    Spedo prnh ngacau/ga akurat smpe 160kpj,pdhl tuh gigi 4 loh (busyet kncng bgt hehe).
    “Bravo apacher indonesia”

  77. gto October 30, 2008 at 1:51 pm #

    bro cooby and bro jonny bener tuh,kemarin memang dibagian situ yang di tambah lem terus di kencengin lagi:> td pagi sih dah di cek,udah ga ada oli lg.
    bro cooby 160kpj wahwahwah klo beneran ngeri baget tuh:> bensin 1/35-36 lebih boros dr yg aku punya sekarang,dulu waktu pertama si G hunt 1/30-35 mungkin setingannya bro coby

  78. aWi October 30, 2008 at 2:12 pm #

    @ Bro Jonny. Info sekalian juga buat rekan Apacher Bandung lainnya
    sabtu, 1 November 2008 KAWAH PUTIH (ciwidey)
    sabtu, 8 November 2008 SUBANG

  79. ferry October 31, 2008 at 10:55 am #

    oli, yg bener kata bro Cooby

    bensin gw saat ini 1:40-45
    boros juga, mau narik kayak gimana dapetnya segitu…alus, kenceng sama aja.

  80. gto October 31, 2008 at 2:17 pm #

    si G hunt sekarang dah 1/40an idem sama bro ferry,bro2 sekalian si G hunt nanti rencana mau aku pake tutup oli yg pake selang, kira2 ngaruh ga ya buat suhu mesin?,pikir2 buat nurunin suhu dalem mesin.
    .subang ya kang awi?mudah2an yg dr bogor pada mau berangkat jg:>

  81. gto October 31, 2008 at 8:06 pm #

    bro2 udah ada yg coba top speed lg lom:)?aku akhir2 ini ada di bogor jd ga bisa coba2 lg.

    bro jonny,bensin bisa irit pemakaian sehari2nya bagaimana,kecepatan rata2 di atas/di bawah 60kpj?aku sekarang ini lagi cari cara buat ngiritin bensin sama suhu mesin agar lebih setabil(soalnya kalau suhu si G hunt lagi pas uenak buanget tarikannya,suara mesin lebih halus.

  82. gto October 31, 2008 at 8:10 pm #

    bro jonny,bensin bisa irit pemakaian sehari2nya bagaimana,kecepatan rata2 di atas/di bawah 60kpj?aku sekarang ini lagi cari cara buat ngiritin bensin sama suhu mesin agar lebih setabil(soalnya kalau suhu si G hunt lagi pas uenak buanget tarikannya,suara mesin lebih halus.

  83. Cooby November 1, 2008 at 3:00 am #

    Bensin boros+mesin kasar tp bs lari 130kpj,itu RESIKO.

    Pengen irit+mesin aluz tp cm bs 60kpj, ga mau.malu ma si Megi.

    Mau pengen bensin irit (1:60)+mesin aluz bgt kyk honda jazz,lari motor bs nembus 145kpj, yah itulah manusia (JUST JOKE) jgn terlalu d ambil ati ya bro2 apacher.
    Motor jg perlu kompensasi, so jgn terlalu d tekan ke bwh trs ,ntar ngambek loh??
    Utk pendingnan Si BlackHorse dah gw kasih kipas (comot pny’e CPU/power supply).Gw contek aplikasi teknologi vixon,tp smpe skr blom t’rasa efeknya.

  84. gto November 1, 2008 at 9:35 am #

    bro cooby beneran tuh pake kipas cpu gimana caranya tuh?aku mikirnya pake tutup oli yg pakai selang klo udara panas dr mesin keluar maka suhu mesin lebih stabil,cuman yg jd ganjelan di hati klo pake tutup oli itu tekanan presisi mesin takut ga rata/ga ada,kira2 ada yg bisa kasih pencerahan ga?
    ia sih bro cooby ada tenaga bensin boros ada irit tenaga pas2an:>

  85. lering November 2, 2008 at 1:13 am #

    salam hangat buat apacher/Arci. Ikut gabung neh..
    Khusus buat kang awi..saya doakan semoga ibu mertuanya cepet sehat lagi..dan hatur nuhun blog apache nya..jadi memanjangkan silaturahmi..
    Sahabat ARCI bandung yang kmaren Touring ke kawah putih..sharing disini mengenai travelling nya yahhh..gmna tuhh performance indihe nya dengan jalanan berkelok-kelok dan naikk turun…

  86. lering November 2, 2008 at 1:21 am #

    semakin harii.indihe ku smakin enak banget tuhhh (info km 2500)..mesin halus..bensin irit banget..lagi nyari dana nihh buat pake cakram blakang..ma ganti header knalpot..biar tambah serem indihe nya!
    Info..untuk pake cakram blakang di garut 700 rb dah beres merek nissin (sama kyk CBR,RR,tigi juga)..di Bandung mahal euyy..1 jeti instalasi cakram blkng…Doain yahh

  87. Cooby November 2, 2008 at 2:34 am #

    @bro lering
    Tuh cakram nissin lokal ato ga bro,coz klo d sby cm 400rb smpe jadi,itupun pake nissin lokal.
    Mending gnti ban luar aja dl bro,coz udah musim ujan.ban apache licin klo kena air,gw aja mo jatuh td sore pas ujan,pdhl gw cm jln 25kpj loh.
    Prcm klo pake cakram tp ban ga ngigit ma aspalnya,malah bs2 jatuh loh bro.
    (Tularkan virus apache pd rekan2 bro2 skalian)
    Save otw,bravo apache indonesia.

  88. Jonny November 2, 2008 at 5:00 pm #

    Kecepatan motor tidak lebih dari 80 km. Soalnya lewat itu saya langsung inget anak-anak sama ibunya di rumah he…he… So, bensoin sampe sekarang masih irit kok. Speed normal-nromal aja tuh. Ponakan sudah buktikan juga apache merahnya dari tasik ke bandung cuma 3000 perak… Any comment ?????

  89. Cooby November 2, 2008 at 8:36 pm #

    Iya bro jonny,hrs inget bini d rmh.
    Ntar pas d jln ada si megi nyalip bro jonny, diem aja g usah d ladenin.
    Truz,Plg ke rmh keluarin CBR-nya dr garasi.cari tuh si megi yg nyalib td…hehe..
    CBr yg mana ya? Yg biru ato yg merah,ato yg merah muda skalian.. Hehe..

  90. lering November 3, 2008 at 5:37 am #

    # bro Cooby
    Sya juga konfirmasi ke bengkelnya, ni nissin lokal apa genuine, dia bilang sihh ga lokal, malah kalo nissin lokal cuma 500 ribu se set ma master rem sgala. Thanks info bannya, jadi saya bisa hati2 kalo jalanan licin. Btw slama ini saya ga ada complain ma ban nihh, dah dipake djalanan licin jg.
    Bro cooby..alamatnya dmn nihh..
    Oya..kira2 kalo tvs tyre dganti ma yang lebih gede, terutama yg blakang misal mpe 120-130/18 velg blkang nya harus diganti ga bro..sharing yahh

  91. aWi November 3, 2008 at 1:38 pm #

    Bro Lering. Bengkel di Bandung nanyanya dimana? Beneran 1 juta? Mahal juga, ya?

    cobain 130-70/18″ bro … mantabs

    Saya mah, pengen airscoop dulu, seperti versi refresh. Bisa dibuatkan dimana, ya? Any info?

  92. ferry November 3, 2008 at 2:45 pm #

    @kang awi

    udah ganti apa aja kang?

    nanya, arm belakang bajaj 200 masuk gag ya? kalo masuk, mau total arm, velg depan belakang, ban, ama oil cooler.

  93. jonny November 4, 2008 at 6:54 am #

    Bagusnya sih ganti motor aja kalau pengen puas lagi hik…hik…hik…
    Saya sudah coba pake fairingnya FU di RTR nya and passss banget… nanti posting ke mailnya kang awi buat di tempel disini oke Kang Awi

  94. lering November 4, 2008 at 3:24 pm #

    # bro awi
    saya nanya bengkel yang di jalan pagarsih, bener 1 jeti..mahal bro.Velg ukuran 130-70/18 ganti velg ga?..bro awii..keren tuh klo ada air scoop..tampil manizz..sharing ya klo dah dapet! Untuk fairing front..prof. jonny dah coba pake satria fu..keren tuhh..coba aja minta ke beliau di posting gambar nya…

  95. aWi November 5, 2008 at 9:49 am #

    @ jonny, ditunggu pisan foto-fotonya di awi31@yahoo.co.uk😉

    @ chelamy, ditunggu sharing pengalaman turing di Kawah Putih 1 Nov kemarin disini

    @ ferry, si black macho dipending dulu upgrage-nya. kendaraan satunya minta duluan di-upgrade :p

  96. Jonny November 5, 2008 at 6:10 pm #

    Oke komandan, saya sudah mail ke alamatnya… silahken di komentari… kaleee aja kepake he..he..he…

  97. tri jendy December 24, 2008 at 11:05 am #

    gimana sich cara nya ngencengin yamaha fizr tahun 2003,keadaan mesin nya masih standard dari pertama beli dan pingin buat balap liar..!

  98. Jonny December 24, 2008 at 7:59 pm #

    Bro tri, kalau mau cepet… ya di boring aja atuh… jadi cc nya ngagedean… dijamin ngebut..

  99. black_be February 16, 2009 at 1:34 am #

    halo…

    saya juga pengguna tvs apache, top speed saya saat ini +_ 130 kpj,main jet 110,pilot jet 20, gear dpn 14,saya mau nanya,kira2 ada ga gear belakang no 41 ya??? kata mekanik ,kalo ada bs tingkatkan speed tembus 145 kpj,kalo ada pls email ke saya ya,thanks bgt..

  100. black_be February 16, 2009 at 1:35 am #

    oh ya email saya aloy_sius@yahoo.com,thanks ya..

  101. Slam September 17, 2009 at 10:38 am #

    Kmaren sore pas mau buka puasa gue dapet top speed apache ku, Bimbim Black…
    Benar yang di brosur, 118 kpj, itu jg cuma sedetik, coz ada mobil dari lawan arah terlalu ke tengah…
    Btw itu bisa dinaikkan lagi pa kagak kagak ya, secara motor gue masih inreyensich, km baru 330-an…

    Sbenarnya utk mesin standar berapa sich top speednya?

    Ngaruh gak ya ke mesin jangka panjang (inreyen main geber aja) secara penasaran tarikan mantab…………..

  102. anton July 14, 2010 at 9:35 am #

    untuk airscope murah banget kog cuma 180 ribu tu 1 pasang heheh.

  103. a21s July 14, 2010 at 2:34 pm #

    @bro Anton says : mahal itumah gw beli cuma 120rb 1 pasang….!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: