Apa sih istimewanya Sistem Injeksi?

16 Sep

Banyak yang penasaran sama TVS Apache RTR Fi. Kapan ya ada di Indonesia? Apa sih bedanya dengan versi RTR 160? Makin galak dong dibandingkan versi sebelumnya? Berapa ya harganya?. Bahkan ada yang rela menunggu versi Fi (EFI) di Indonesia, sambil beliau menabung. (benar gak, bro ai_Zeus hehehe). Yang pasti di Indo, varian bebek sudah didahului oleh Honda Supra-X PGM-Fi, dan kemudian diikuti oleh Yamaha Vixion untuk varian motorsport.

Nah ada baiknya, sebelum mengenal si RTR Fi, kita mesti tau dulu kelebihan atau bahkan kekurangan dari sistem ini. Ini saya kutip langsung dari Blog Ferly, yg membahas Yamaha Vixion dan Honda Supra-X PGM Fi.

versi Fi (EFI)

versi Fi (EFI)

Sistem injeksi bensin pada motor diciptakan untuk menyempurnakan kekurangan dari tipe karburator. Motor injeksi menawarkan beragam keistimewaan sebagai berikut :

1. Campuran udara dan bensin selalu akurat (perbandingan ideal) pada semua tingkat putaran mesin.

Pada motor injeksi, volume penyemprotan bensin selalu akurat karena dikontrol oleh ECU sesuai dengan masukan sensor-sensor yang bertebaran di sekujur mesin. Seperti sensor rpm, jumlah udara masuk, posisi katup gas hingga kondisi cuaca di sekitar mesin.

Bahkan pada kondisi pengendaraan tertentu seperti percepatan, deselerasi dan beban tinggi, ECU mampu mengontrol perbandingan bensin dan udara tetap ideal. Kondisi ini memberikan keuntungan tersendiri yaitu mengurangi emisi gas buang dan lebih hemat pemakaian bensin.

2. Tarikan lebih responsif

Pada tipe karburator, antara pengabut bensin (spuyer) dengan silinder jaraknya agak jauh. Selain itu, perbedaan bobot berat jenis antara bensin dan udara mengakibatkan volume udara yang masuk tidak imbang dengan jumlah bensin yang dihisap. Sehingga tarikan menjadi kurang responsif.

Sedangkan motor injeksi menempatkan pengabut bensin (injektor) dekat silinder. Saluran bensin yang menuju injektor bertekanan antara 2,5 s/d 3,0 kg/cm2 lebih tinggi dari tekanan intake manifold. Berhubung diameter mulut injektor sangat kecil, ketika sinyal listrik dari ECU mengaktifkan injektor maka bensin yang menyembur berbentuk kabut.

Saat katup gas dibuka, udara dan bensin menghasilkan campuran yang homogen serta perbandingan yang ideal. Dibantu mutu api yang bagus akan menghasilkan pembakaran sempurna. Hasilnya tarikan lebih responsif sesuai perubahan katup gas.

3. Mesin mudah dihidupkan tanpa dipengaruhi perubahan kondisi cuaca

Pada temperatur rendah (dingin), menghidupkan mesin berkarburator dibutuhkan campuran lebih gemuk dengan menarik cuk. Cara manual ini tak lagi diperlukan pada motor injeksi karena sudah dilengkapi sensor temperatur mesin serta sensor temperatur udara masuk. Saat menghidupkan mesin (starting) dan kondisi dingin, secara otomatis jumlah semprotan bensin ditambah. Sehingga mesin mudah dihidupkan dalam kondisi apapun dan tidak terpengaruh kondisi cuaca.

Apa kelemahannya?

Sistem injeksi buat motor mampu bekerja dengan baik karena didukung banyak komponen. Mulai dari sensor-sensor, perangkat elektris sampai otak komputer atau ECU. Karena perangkat motor injeksi sangat kompleks maka menimbulkan dampak negatif (kelemahan) antara lain :
1. Harga lebih mahal
2. Jika terjadi kerusakan, perbaikan lebih sulit
3. Kerusakan kecil pada kelistrikan dapat mengakibatkan motor mati
4. Karena mulut injektor sangat kecil sehingga sangat sensitif terhadap kotoran dan air yang ikut dalam bensin
5. Butuh alternator atau pembangkit listrik lebih besar

7 Responses to “Apa sih istimewanya Sistem Injeksi?”

  1. Hadiy nih September 17, 2008 at 9:51 am #

    Wah podium pertama nih..’

  2. ai_zeus September 17, 2008 at 11:20 am #

    kok ada nama saya disini…???

    <=== tuh ada kan :))

    Injection tidak terpengaruh perbedaan tekanan udara dan suhu udara sekitar, jadi setting mesin bisa dilakukan akurat, terutama apabila ingin menggunakan nya untuk balap.

    Contoh sederhana apabila motor dipakai hujan maupun panas, performa mesin tetap sama, berbeda dengan system karbu, dimana ketika hujan motor terasa lebih bertenaga.

    Setting mesin injection pun tidak sulit kok, tinggal mengelabui ECU nya, biasa nya menggunakan piggy back. Setting pun bisa lebih mantap, apabila dikolaborasikan dengan software khusus yang terpasang di komputer.

  3. rick November 11, 2008 at 9:34 am #

    masalah nya kapan ada di indonesia nya? diomongin kelebihan ini itu tapi barang kagak ada yah gak afdol bro. wakakakakaka dah tertarik, penasaran tapi eh blum beredar populasi nya… hehehehe

  4. aWi November 11, 2008 at 9:46 am #

    Bro Rick, coba nanti bro hadir di JMS alias Jakarta Motorcycles Show (6-14 Desember 2008 di JCC), sepertinya si RTR Fi bakalan nampang disana. Kita coba sama-sama tanyain kapan hadir di Indonesia? Kalau bisa paksain, cepetan doongg …. sudah ngiler nih …ūüėČ

  5. rick November 11, 2008 at 10:31 am #

    apa perlu kita ultimatum aja bro awi. wakakakkaka kok di kasih ke indo yg type lama, eh bro tempo hari sempet test drive ke tvs lantumenten, handling nya rada berat menurut gue tapi accelerasi nya sih maknyos, atau mungkin daku yg kurang biasa yah. trus harganya naik jd 17.1 juta dan bunga kredit tinggi bro sekarang. Hmmmmn jangan yg FI bisa tembus 20 juta bisa bubar neh impian motor baru. hahahaha. makanya kalo gak ada kepastian jd susah bro, dah nabung2 DP tapi barang tak kunjung ada.

  6. Jonny November 11, 2008 at 7:13 pm #

    Weleh Bro Awi, belum puas dengan yang karbu kok sudah ngiler dengan EFI he..he…
    Untung ruginya ada, pake EFI dengan Karbu… Tapi saya sangat yakin kayaknya Bro Awi mau mempraktekkan hasil temuan di lab elektronya yaaa he…he….he. Jadi urusan elektronik mah lewat ya Bro

  7. Laksito August 30, 2009 at 4:17 pm #

    A’ AGun, Kang Ichsan, Bung Azis, Kang Ferry, Pa Jonny, Kang Martinus, Bung Martin, & Saudara-saudara, kl0 variable valve timing & lift, uda diaplikasi oleh spda m0t0r apa, ya? Ducati, ya? ai BMW? Mengapa tidak ada spda m0t0r dg mesin diesel? ( merek ) spda m0t0r apa yg pernah menggunakan supercharger atau turbocharger pd kndaraan roda 2 pr0duksinya? Terima kasih, ya, Saudarasaudara, atas jawabannya ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: