Testimoni penunggang Kuda India – TVS Apache RTR 160

1 Sep

Sehubungan dengan makin banyaknya comment-comment di postingan saya sebelumnya, khususnya yang meminta review mengenai tunggangan saya, si Black Macho alias TVS Apache RTR 160. Saya mencoba memfasilitasi khusus di topik ini, yang menampung pertanyaan dan tanggapan dari pengunjung Blog saya. Awalnya memang dari bro Ferry yang meminta saya khusus membuat postingan yang memuat review dari saya pribadi, maupun dari sesama penunggang kuda India, TVS Apache RTR 160 juga pertanyaan-pertanyaan dari rekan-rekan yang masih penasaran dengan produk India ini.

TVS Apache RTR 160

TVS Apache RTR 160

Bukan hanya versi RTR 160 saja, disini juga silahkan di-informasikan atau review TVS Apache RTR Fi (EFI) – electronics fuel injection. Atau ‘adik’-nya alias TVS Flame yang entah kapan launch di Indonesia.

Black Macho

Black Macho

Sementara itu, sebelumnya saya telah posting mengenai TVS Apache RTR 160, review-nya, TVS Flame, juga review-nya di kategori Motorcycles. Namun rupanya yang meminta pendapat atau info masuknya ke topik lain. Misalnya, “mengapa saya memilih TVS Apache”, “Perasaan yang berbeda pagi ini”, “Just cant wait”, “Jatuh”, dll. Dan saya melihat pertanyaan di topik lain, ditanyakan lagi topik berbeda. padahal jawaban ada di sebelah. hehehe. Ya memang tidak apa-apa sih, Niat saya juga sebenarnya sharing TVS Apache ini. Jadi saya sih senang-senang saja. Hanya terlihat tidak terorganisir saja kesannya.

So, have fun dan semoga dapat bermanfaat rekan-rekan pengunjung Blog saya ini.

59 Responses to “Testimoni penunggang Kuda India – TVS Apache RTR 160”

  1. mulyanto September 1, 2008 at 9:31 pm #

    Loh mana testimoninya?? hehehehehe.

  2. Rayburn September 2, 2008 at 10:00 am #

    akhirnya dibuat blog buat nampung.

    sampai skrg,g sering bgt buka blog “Lesehan” ini buat cari info soal apache.
    tapi agak jarang yg kasi testi.

    Iya kasi testi lagi donk, ud berapa km???, pro & kontra motor ini.
    kalo ke dealer mah pasti yg bagus2 doank disebutin.ha3x.

    semoga byk “APACHER” yg kasi testi disini ya.thx.

    btw.ini pndapat g pas kmrn liat2 ke Dealer Latumenten.

    info terbaru. APACHE 160RTR ud naik jadi Rp 17,100,000.00
    baru tau sabtu kmrn pas ke Dealer Latumenten.

    First Impression nih motor Cowo bgt.Keren.Gahar.Berotot.
    Pro.
    1.suara klaksonnya itu yg mantap Bim…Bim..(kyk mobil bgt)kl motor biasanya tit…tinn…wkakakaka..

    2.modelnya keren dari behel(bnr ga ya namanya) blkg,model terpisah kyk capit gitu.kesan keker bgt.

    3.stang model adjustable & spedometer jg keren ud digital
    tp yg kurang srek :

    1.batok lampu yg gede,jadi kesannya kegedean(lbh pas pya P*LS*R).kecuali kl ud ada air scope(kyk di APACHE 160 RTR Refresh & eFI, nah jadi macthing tuh)

    2.lampu sein depan yg keluar bgt(pndpt cewe g sih.kl g oc2 aj sein depan/blkgnya)

    3.otot tangki yg bnr2 berotot,(tp ini jg jadi nilai plus jadi cowo bgt.nah loh bingung kan…mgkn karena bntuknya yg jarang pd motor2 umumnya.jadi ada kesan aneh tapi juga gahar.50-50 d)

    nb: ini pndapat g secara fisik sih.kmrn ga test ride.masi lom lancar pake kopling,ngeri jth ntar bingung gantinya ha3x.(kebiasaan 5 thn bebek ngacir…ha3x).tp nyesel jg ga test ride.

  3. aWi September 3, 2008 at 3:46 pm #

    Dear bros,
    hari ini saya mengalami pengalaman yang gak enak sama si black macho.

    Seperti perjalanan biasanya, rumah ke kantor. Tepatnya di Jl. Dago, di lampu merah. Sesaat lampu hijau menyala, saya (tadinya) berniat ambil akselerasi cepat. Namun apa yang terjadi… gigi satu masuk, terus mau masuk ke gigi 2… si persenelling sedikit macet, yang ada suara nga-gerung gerung. Wah malunya. jadi gak masuk ke gigi atasnya, padhal sudah ditarik kuat. Jadinya yang ada seperti jalan di tempat. Ah kacau… padahal ada megaPro di depan. Rupanya feeling saya belum sempurna. Masih ada loss-nya.

    ahh sudahlah… sepertinya saya jangan gagayaan bermotor di jalan…

  4. amin September 4, 2008 at 10:24 am #

    heheh
    eleuh eleuh
    kang awi neu sabar atuh kang,eling lagi puasa.
    kudu nahan hawa nafsu.
    kalo abis magrib baru boleh ^^heheh (not recomended)

  5. mulyanto September 5, 2008 at 12:54 pm #

    hahahha, 2 tak jadul saya sudah bisa gitu. Maksud hati mau jalan, apa daya kopling selip dan meraung-raung.

  6. Rayburn September 9, 2008 at 2:27 pm #

    kok sepi ya,kirain bakalan byk yg bahas apache disini😦

    kmrn sempet liat apache lewat dkt daerah kemanggisan.
    nyelap nyelip cepet bgt,
    niatnya pgn ngejar & liatin dr deket.
    tp apa daya,motor planet g, ga kuat ngejarnya.
    wakakakaka…..

    btw ada yg pernah ngalamin false netral ga??
    kapan ya mncl apache yg ada airscope( versi refresh).
    kl ud ada mah g ga perlu mikir2 lagi.

  7. Rayburn September 9, 2008 at 2:37 pm #

    bro2 semua.
    mo nanya lagi,kmrn yg pas ke dealer tvs,
    kata mekaniknya.
    ban apache isa jadi tubeless,
    tinggal ganti pentil tubeless aj.
    info ini bener ato ga ya??.
    memangnya bisa ya tinggal ganti pentilnya aj jadi tubeless.

    nb:bro aWi,ud ganti ban jadi 120/80 ??

    • antoro June 11, 2010 at 2:51 pm #

      klo di bannya ada tulisan radial udah pasti bisa jadi tubles emang harus ganti cop pentil

  8. aWi September 9, 2008 at 3:28 pm #

    Bro Ray,
    Masih ramai di topik lain. Padahal sudah difasilitasi topik khusus ini hehehe

    versi Refresh ktnya gak akan hadir di Indonesia. Langsung yg versi Fi (tahun 2009). Tapi kalaupun yg dateng versi Fi, si black macho akan saya dandanin ke versi refresh. Soalnya si airscoop-nya kan plug and play.

    Mengenai ban, sy belum tanya mekanik di dealer. Nah ini jadi oleh-oleh entar black macho pas service. Tapi mestinya sih, ganti ban yg memang tubeless.

    Belum ganti, bro. Saya baru kemarin survey. Saya masih ragu, apakah 120/80, 130/80, atau 130/70 dan 130/70 … merk mizzle, bagus gak ya. Saya lihat yg ukuran 120/80 – 17″ 420 ribu…..

  9. Rayburn September 9, 2008 at 6:17 pm #

    bro awi,
    dapet info drmn “air scope”-nya isa diplug &play.
    soalnya,dr kmrn ud cari info itu,lom dpt jawaban yg meyakinkan.
    wah kl bnran isa itu bagus bgt (asal harga sparepartnya wajar2 aj)ha3x.

    kl pake air scope,headlampnya jadi lebih proporsional.
    yg sekarang kesan gede bgt headlampnya.
    lebih matching headlamp P*LS*R.

    soal tubeless itu,emang bingung jg sih.
    itu kata mekanik di Dealer Latumenten.
    katanya tinggal beli di luaran trs pasang pentil tubeless-nya.
    jadi d tubeless.ha3x.

    nb: bro awi,ud jln brp kilo nih apachenya.
    review lagi donk.biar ngiler😀

  10. aWi September 10, 2008 at 12:39 pm #

    Bro Ray,
    black macho sudah jalan sepanjang 2500 km. sekarang memasuki bulan ke-4. makin kesini, makin galak euy.

    ehya, saya punya pengalaman sendiri akhirnya. Sekarang kan mulai musim hujan (lagi). Saat pulang kantor kemarin, saya dihadapkan sama situasi ini, jalan basah!!!.

    Berhubung saya sudah mendengar info dari bro-bro (bro Alif dan Hadiy), bahwa ban TVS sangat licin, saya sudah hati hati sedari awal riding. Cukuplah 30-40 kph. Terus saya coba injak rem dalam-dalam…. apa yang terjadi??? itu Ban belakang, slip ke kiri … wah bahaya banget. Saya gak ngebayang kalo kecepatan agak tinggi, terus rem mendadak … bisa jungkir balik tuh.

    So, bro seperti yang direkomendasikan bro Alif di blognya. Saya juga menyarankan agar cepet ganti ban TVS dengan yang lebih baik. Musim hujan mulai datang…. safety riding, euy.

    NB: ada yg rekomend ukuran ban yg pas? — keukeuh nanya xixixixi

  11. cuma minjem September 10, 2008 at 4:13 pm #

    Halo bro awi, numpang nimbrung nich, kya nya makin rame nich hehe

    Mau kasih masukan, untuk milih ban :
    Klo mau untuk yang track basah mau ga mau ban nya yg aga gede dikit biar aga berat trus yang soft compond. cara milih yang soft compond biasanya di teken pake kuku jari trus liatin bentuk nya kembali kesemula nya lama atau sebentar.
    kalo lama ber arti bagus, klo sebentar berarti itu ciri hard compond.

    Pengalaman saya, pake ban FDR yang biasa. Cerita nya gini, motor saya ban belakang pake IRC 90/90 yang depan pake FDR 70/80, pas di tikungan jl. buah batu yang mau masuk jl. banteng, tikungan itu rada nanjak kalo ga tau pasti reuwas, posisi udah uwenak lah rebah gitu soale kecepatan menunjukan 65 km/jam. emang kondisi jalan agak basah,
    Ga tau nya ban belakang mendahului ban depan, karena ban belakang udah ga napak di jalan lg, jd posisi motor berbalik, otomatis saya ter pental lumayan jauh mendahului motor, dikarenakan ban depan didak selip sedikit pun, kata sunda mah “asa diputerkeun”

    Trus untuk ukuran ban, kecil besar ban ga ngaruh terlalu besar buat ke stabilan, yang penting compond nya bagus, trus tekanan angin jangan terlalu keras. Untuk soft compond biasanya agak mahal trus cepet abis, tapi klo diliat penting nya ban untuk keselamatan, harga segitu mah ga seberapa di banding nyawa yang ga ada serep nya. Betul?

    Oh iya sekarang saya yang nanya :
    1. Kang awi, klo kondisi si black macho nya panas, kasar ga suara mesin nya?
    2. Trus masih kondisi mesin panas, soal tenaganya kerasa berkurang tidak?

    segitu aja mohon pencerahanya hehe

  12. mulyanto September 10, 2008 at 6:59 pm #

    soal ban FDR di jalan basah, saya juga ada pengalaman:
    http://mulyantogoblog.wordpress.com/2008/03/22/puas-memakai-ban-fdr/

    • antoro May 24, 2010 at 1:00 pm #

      kapanya ada persatuan/klub apache di batam

  13. aWi September 12, 2008 at 9:55 am #

    Hi bro,
    kalo si black macho, makin panas tidak berpengaruh ke suara mesin. yaa, tetap saja, suaranya begitu.

    Dan masalah tenaga, sangat tidak berpengaruh juga. Yang saya rasakan, malahan semakin enteng tenaganya, kalo semakin panas.

  14. cuma minjem September 14, 2008 at 1:45 pm #

    Jadi makin penasaran, klo menurut kang awi,
    1. bagus ga kwalitas motornya (bukan kwalitas merk nya) ?

    Mungkin waktu itu saya test ride di dealer buah batu, suara nya agak ter dengar kasar, mungkin ga pernah di panasin. hehe

    Tapi pas nyoba, emang MANTAB kang motor nya, trus terang saya agak takut nyoba motor baru selain motor jepang, bukan soal harga jual kembali atau harga spare part yang mahal, takutnya ga tahan lama motor nya bila kondisi motor di pake cari duit, atau bahasa keren nyamah “motor cape”. Ga masalah spare part mahal tp tahan lama kan sama aja itunganya. Pengalaman pribadi pake motor Kawasaki Binter Merci yang harga jual nya jatuh, yang spare part nya selangit harganya, itu pun klo ada.

    Sebenarnya Merk apa apa pun ga ngaruh buat saya pribadi, yang penting kwalitas memuaskan, minimalnya, ya sesuai dengan apa yang di sebut “harga ga bakalan bohong, kecuali ketipu” hehe.

    Mungkin kebanyakan orang beli motor untuk di jual kembali, makanya mereka pilih motor yang sudah memasyarakat, biar gampang jual kembali, makanya sayang sekali mereka yang beli motor bukan untuk di nikmati.

    betul ga kang awi? mohon komentarnya tentang pendapat pribadi saya.

  15. cuma minjem September 14, 2008 at 2:11 pm #

    maaf ada tambahan kang awi :

    Bisa kasih info soal minus atau rasa ga enak ama si black macho nya? trus gimana solusinya.

    Atau mungkin kekurangan fiturnya atau tambahin apa gitu biar lebih bagus di segi tampilan atau performa.

  16. Jonny September 15, 2008 at 10:59 am #

    Untuk Bro CUMI (cuma Minjem …. he..he..) pokoke muantaff dah.. Sdh ambil aja deh, ngak nyesel. Dibanding pulsar seeh kalo saya test keduanya unggul sabetan apache.. Pulsar mesinnya agak kasar and kalau di langsam bunyinya gemeratak. Apache sejauh ini sedang-sedang aja… Namun soal harga tak tahu apakah memang naik sekarang ?
    Selamat menika mati sensasi baru ber apache ria

  17. ferry September 15, 2008 at 2:06 pm #

    waduh, baru sadar kalo udah ada disini :D:D

    sharing lagi (@ 730km)

    bentuk buat saya keukeuh, keren pisan. lampu juga pas, memang sedikit gag proporsional karena sein juga keluar banget (gede). tapi overall, saya tetep suka, biar jadi ciri TVS. apalgi pilihan kuning saya, hehehe. walo pas liat di diler langsung, tnyata warna lain juga keren pas di apache (padahal sy pikir jelek kalo di apache) >>> karena saya sama sekali belum pernah liat langsung sampe pas si kuning sampe di rumah….hehehe.

    kemampuan ban kalo track kering, enak banget, kalo track basah licin banget. kondisi basah saya cuma berani 50 kpj. blm pernah hujan2an, kyknya mesti 30 kpj kalo hujan. mau ganti BT 45, nanya harga yg 110 aja 575 kalo gag salah, gimana yg 120/130? oiya, sekalian mau tanya, untuk velg standar, bisa pake ban ukuran maksimal berapa ya?

    kemampuan pengendalian : enak buat selap selip di keramaian, gag seberat motor laki umumnya (mungkin karena sumbu pendek), enak buat nikung (ban standar hanya untuk trek kering)

    kemampuan mesin dll:
    udah coba sampe 105 kpj, enteng n cepet nyentuh 105. blm nyoba lebih, blm nemu tracknya.
    manasin mesin dari bobo malam, sekitar 3 menit udah siap jalan.
    suka false netral, n kalo habis jalan kenceng, susah netralin. tapi gag terlalu masalah buat saya. besok servis kedua cek lagi. (sampe servis pertama blm pernah false netral n susah netral)
    suara mesin si kuning tetep sama dari awal starter sampe brenti (gag ada perubahan jadi kasar dll) >>>gag tau karena isi pertamax ngaruh ato gag.
    ada kerasa getaran di stang (cuma di stang, di jok gag kerasa), pas servis ptama dah nanya, katanya normal. ntar servis kedua coba bengkel lain, second opinion aja.
    rem depan si kuning kurang pakem, padahal 270mm. kemarin lupa nanya, takutnya ada masuk udara.
    ama mesin krasa panas dipaha pas tangki bawah (sebenere dalam batas panas yg wajar, karena mesin disentuh masih bisa, cuma agak heran kok menjalar ke tangki), tapi itu juga kalo habis geber kenceng. tapi cepet dinginnya. (mungkin karena sistem pendinginan dengan slang pipa diluar mesin (udah perhatiin?)

    yg diinginkan : gag mau injeksi, tapi pengen ganti ban BT45 ukuran maksimal velg standar (biar gag usah ganti velg hehehe). pengen pasang air scoop kyk refresh n FI, trus kasih oil cooler biar tambah greng…

    sejauh ini baru itu. mungkin baru bisa nambahin kalo udah pake mudik, niat coba isi pake shell. maunya udah ganti ban, tapi blm ada budget…

    kesimpulan, saya tetep gag nyesel beli apache. sama sekali gag nyesel. karena masalah yg saya temui, saya yakin juga bakal saya temuin di motor lain. tapi kelebihan yg saya temui, blm tentu ada di motor lain. n kekurangan motor lain, blm tentu ada di si kuning tercinta…

  18. aWi September 15, 2008 at 2:08 pm #

    @ bro cumi (ngikut bro jonny hehehe)
    benar sekali bro, mengenai kita ambil motor bukan tujuan dijual kembali. Kita enjoy riding. Bisa jadi work to bike (utk pekerja), atau study to bike …😉

    Saya benar-benar menikmati si Black macho ini. keluhannya hanya bersifat minor (dan itu saya yakin semua motor mengalaminya).

    Sementara kalo mau tau kualitas motornya dan ke depannya. Bro Cumi coba search di internet mengenai perusahaan TVS. Sudah exixt berapa lama, investasi dimana saja, kekuatan perusahaan seperti apa, dlsb. kalo itu bisa meyakini bro cumi, insya Allah keragu-raguan bro sebagian besar akan hilang.

    Sementara motornya itu sendiri, bersifat selera masing-masing orang. Kalo bro cumi meliat apache, cantik dan seksi. Mengapa tidak melamarnya? Wong bibit bebet dan bobotnya sudah terjamin…..

    begitu mungkin, sedikit saya ilustrasikan bagaikan seorang gadis….

  19. ferry September 15, 2008 at 2:20 pm #

    @bro awi…

    weleh2….lama2 harusnya dapet suntikan dana dari tvs :D:D:D

    tapi sya setuju banget ama kata2 bro awi. beda ama produk cina yg dulu pernah booming di awal kemunculan tapi kemudian tenggelam, yg dikarenakan ternyata produk cina sebagian besar hanya bersifat home industry. dan beberapa diantaranya tanpa merk, alias penjual disini bisa kasih merk sendiri. ya jelas, after sales dll juga berantakan, akhirnya ilang sendiri.

    beda ama produk lain yg dilatar belakangi penguasaan modal, dan penguasaan industri. bisa dilihat untuk beberapa merk: kymco dari taiwan, walo blm bisa bersaing dengan jepang, tapi mereka punya teknologi, punya modal n serius. terbukti masih eksis sampe sekarang. bajaj dari india, dengan modal dan keseriusan, mulai menggoyang persaingan di penjualan motor laki indonesia. TVS? saya yakin akan mampu bersaing juga, karena didukung keseriusan dalam berinvestasi, dan latar belakang penguasaan teknologi.

    kalo beli motor cuma buat dijual, jangan beli motor baru. beli motor seken, udah beli seken juga tetep aja harganya turun. milih mana? gag puas make n harganya turun, ato puas make tanpa peduli harganya naik apa turun…

  20. cuma minjem September 17, 2008 at 11:03 am #

    wah pastinya kang awi mengelus elus tiap mau di tunggangi (kan ibarat gadis) hehehe

    atas masukan nya makasih banget untuk bro rider semua. Sekarang juga udah ada blog kang awi soal kelemahan si Apache ini.

    Safety Ride.

  21. ferry September 22, 2008 at 3:25 pm #

    @bro cuma minjem

    jangan2 kepanjangan tangan TVS niy :D:D

    B 6230 ELV hadir…

    • wisnu June 1, 2009 at 12:57 am #

      Salam nih dari rtr160 medan
      baru ganti spedo meter

  22. wisnu June 1, 2009 at 12:56 am #

    Salam nih dari rtr160 medan

  23. wisnu June 1, 2009 at 12:59 am #

    info ya. dimedan rame juga rtr160

  24. aWi June 3, 2009 at 11:29 am #

    Hayo tularkan kembali virus Apache di sekeliling anda….

  25. Pakdhe June 22, 2009 at 9:24 am #

    Weh dah sebulan pake rtr160.
    Puas deh ngendarainya.
    Soal harga jual lg,gak ngurus…
    @bro awi,dll
    Salam kenal.
    Awal sblm servis 1,gak ada fals netral.setlh serv 1 malah ada fals netralnya.tp gak tlalu mengganggu.
    Keluhan lain hanya soal cat.
    Tp performa enak,lebih enak dari megapro160.dulu 1.5th pake megapro.
    AirScoope berapa harganya?
    Kl ada info bagi2 bro.
    Trus kampas dpn bener2 pas dg suprax125? Atau masih hrs diolah?
    Makasih bg yg mau kasih infonya.

  26. ferry June 22, 2009 at 4:26 pm #

    kampas depan plek punya honda (supra, tiger).

  27. Njoen August 5, 2009 at 8:19 am #

    Apache mang mantab, sby-bromo cman 1,5 jam…
    Pa lg dbuat tarikan d lampu merah.. Fuh tinggal liat spion aj…

  28. yuyud October 11, 2009 at 12:25 pm #

    harganya berapa euy???

  29. Laksito October 13, 2009 at 11:10 am #

    @ Ferry

    Kang Ferry, utk rem cakram belakang Apache, bisa pake kampas Tiger jg, ngga?

    Terima kasih, ya, Kang Ferry ….

  30. hamzah October 15, 2009 at 3:23 pm #

    puntn….numpang nanya ni kang awi…mau ganti ban biar gk tergelincir di medan basah…kira2 standarnya untuk merk dan ukuran yg berapa ya…
    Hatur nuhunnnn..

  31. Laksito October 17, 2009 at 12:22 am #

    @ Hamzah

    Den Hamzah, bbrpa dinten kapungkur, saya liatliat d situs resmi Mizzle, ada ban tubeless mereka yg ukuran 90/90 17 & 100/80 18 ….
    Sementara utk Corsa & IRC, pd situs resmi mereka, saya ngga nemu yg ukuran segituh, mah ….

  32. Rizky D. Soemanagara October 18, 2009 at 8:00 pm #

    halo lam kenal kang. apache saya sdh dipakai mondar-mandir malang-surabaya. top speed 120 km/j (msih bisa tambah). tp itu naiknya dgn urut gas. masalah utama, tlapak kanan-kiri setelah berhenti lgs kesemutan, kyk mukul kendang…kenapa ya? nuhun inputnya

  33. indra November 29, 2009 at 11:01 am #

    Minat mo beli apache di TVS pasteur bandung, apa bener ban bawaannya licin? tinggi saya 165 cm berat 67 kg ideal ga buat pake apache ? apa pilih yang double disk atau ga usah, mohon pencerahannya tq.

  34. Martin November 30, 2009 at 2:04 pm #

    @indra
    hmmm..165cm ya…rada jinjit seh..tp ya itu terserah mas, mending test ride dulu..gratis..^^

    bener bgt klo ban bawaan apache licin, tapi pas ujan aja..klo lagi kering mah biasa aj..kadang berasa gigit banget klo lagi cuaca panas..
    saran saya ganti battlax, michelin, ato achilles corsa..untuk corsa yg saia tau itu tipe S123..ukuran buat yg depan bisa pake 90/70-17 (dgn konsekuensi spido bakal lebih cepet dan resiko kena lobang takut kena velg, tapi handling lebih mantap), untuk yg belakang bisa pake ukuran 100/80-18 sama seperti stdny..harga yg 90/70-17 d jkt skitar 180an, yg 100/80-18 skitar 270an..

    klo saya bilang seh mending yg double disk, lebih keren..hahahaha
    tapi klo emang mo ngejer resale value dan performa d kelas 150-180cc ya saran saya pilih vixion..(tidak termasuk ninja 150, yzf-r15, dan cbr 150)

    sekian..semoga membantu

    • indra November 30, 2009 at 9:19 pm #

      @Martin
      Terimakasih sarannya😀

  35. Pavo December 21, 2009 at 11:19 pm #

    Salam kenal buat Bro Awi, juga riders yang lain, saya punya RTR160 baru kira2 4 bln, tapi prnah jatuh oleh anak saya, segitiganya (bener gitu namanya….???) ganti karena harganya hampir sama dengan dipress, harga onderdil ga terlalu mahal, saya sudah coba sedikit modifikasi, pilotjet aslinya no. 15 saya ganti 17,5 seperti milik satria 2tak, inlet manifold yang dari karet diperhalus bagian dalamnya, hasilnya…… tarikan bawah (RPM rendah) ada penambahan tenaga, tarikan atas (RPM tinggi) makin menggila……. kalo posisi RPM diatas 6000rpm makin ditarik gas makin galak tarikan mesinnya. Ohya,… saya juga sudah buka limmiternya.
    Buat all RTR160 riders bisa nyoba, tapi hati2, soalnya tarikannya jadi ngagetin. Soal false netral itu terjadi kalo ga singkron waktu pindah perseneling dengan buka/tutup kopling, walau baru 4 bulan tapi saya sudah pakai ke Indramayu dan ke Garut, konsumsi bensin cukup irit kalo ngingat tenaganya yang DAHSYAT……
    Itu dulu Bro Awi infonya, next time kalo saya sudah experimen lagi hasilnya saya bagikan…..
    Salam APACHE…….

  36. Pavo December 21, 2009 at 11:22 pm #

    Tambahan…
    Kalo yang dimaksud RTR160 Refresh yang double disk udah keluar bulan kemarin, harganya terpaut 1,25 jt lebih mahal…..

  37. Martin January 3, 2010 at 10:09 am #

    @pavo
    masa menggila?? saia dah pna coba, sepertiny biasa aj malah..ga beda jauh..kl yg saia cb malah lbh enak ganti mainjet drpd pilotjet

    mang limiterny d rpm brp? saia pna nyoba mpe 12krpm jg masi bs

  38. iwan January 7, 2010 at 8:35 pm #

    klau aku pribadi sich mang yahud tuch ngereyen ke balikpapan-bontang gk ad tndingan nya bro ? tpi ada sdikit prmasaalahan tuch msin kyak nya ksar tuch aj kkrangan smntara ini bro? trus klau bisa mecanic dgnti yg lbih paham ama apache hitam lah biar pmakai puaassssss tuch ?

  39. zaqlutv January 25, 2010 at 8:07 am #

    Alo Bro,
    Gw blon bisa ngasi testi banyak soal redmacho dd gw nih, karena stnk blon keluar >_<.
    Tapi nih motor keren juga, dgn cakram blkg dan airscope nih motor jadi sangar banget. Tangki bongsor 16 liter yang katanya 1 liter itu bisa 40 km, berarti kalo gw pulang kampung ke Pisangan Jakarte cuma 2 kali ngisi donk? hehehee.. Kalo diliat sih modelnya bukan model motor racing tapi motor city, esklusif banget. Tarikan kayak motor 2 tak. Kalo lagi keliling kampung paling cuma berani mentok 100kmph, cuma kalo istri minta ikut ya cukup 50kmph aja dah. Ngeri liat perutnya tambah gede, anak pertama, hehehee..Cuma kata salesnya ada limiternya yach? Jadi mentok cuma 120kmph?
    Bannya memang ban untuk aspal kering, tapi kondisi Mojokerto yang ujan tiap hari Alhamdulillah ngga slip tuh. Cuma blom sempet tes belok sambil rebahan, tau dah slip apa ngga. Ntar deh kalo stnk uda jadi coba main ke Surabaya ato Malang dah..Cuma nih motor Nungging bener, secara ring pelg belakang lebih 1 inci dari pada pelg depan. Kata istri pandangan penumpang jadi luas, hehehee..
    Yang jelas nih motor memang keren untuk dimiliki (bukan untuk dijual lhooo).

  40. Martin January 27, 2010 at 8:47 pm #

    @zaqlutv
    kaga tw deh ada limiter pa kaga, yg jelas bs mpe 12k rpm tanpa hambatan
    klo saia sndiri baru mpe 127 (speedo), tapi aslinya ga mpe segitu lah…hahaha
    ada yang pernah 140-160 (speedo) tuh..

    • zaqlutv January 28, 2010 at 7:41 am #

      @Martin
      Aye ga berani geber lebih dari 100kmph, secara masi inreyen. Mana stnk lom keluar, katanya sebulan (Bpk2/Ibu2 SAMSAT, kok lama amir?) >_<

  41. Pakdheanto January 28, 2010 at 10:51 am #

    Wah kemaren aye punya rtr160 red di batam.
    Tp sekarang dah ditarek deler,krn aye pindah kerja ke bengkulu.so kredit nggak aye terusin.
    Ini lg nyari pinjeman bank,mo cari cash aja.sayang di bengkulu blm ada dealernya.
    Pengalaman pake apache:PUASS
    Oya,mau nanya neh,kl beli apache kosongan berapa ya?maksudnya off the road.
    Trus baru ngurus sendiri ke samsat bengkulu.sebab bengkulu gak ada dealernya.
    Tlg infonya bro.
    Sekalian,kira2 berapa ngurus di samsat?
    Thankyou bro.
    Salam dr penggemar apache.
    Besok mo cari apache lg.

  42. a21s January 29, 2010 at 4:02 pm #

    kang awi gmana kabarnya…? duh udah lama ga mampir ko udah banyak banget informasi yang baru… duh saya ketinggalan jauh nie… dah gitu komentar2nya panjang2 banert… jadi bingung mulai bacanya dari mana… kalau d baca semua ga kelar sejam-duajam…heheheheeeee…

    kang ngomong2 mane testimoni kuda india tunggangan kang awi…? heheheee…

  43. Laksito January 30, 2010 at 3:31 pm #

    Si A’ AGun

    sigana, mah, nggeus lesu darah
    ngasuh blog ieu ….

    nya, A’?

  44. Martin January 30, 2010 at 8:03 pm #

    @zaqlutv
    bagus itu..emang waktu inreyen kita harus sabar agar mendapatkan hasil yang maksimal..=D
    lagipula jalannya santai aja bro, jangan kebut2an…keluarga mnunggu di rumah!! hehehe

    klo soal stnk, itu lama bukan d samsat…tapi surat2 th motor yang lama sampai ke samsat..tar klo stnk nya dah keluar liat aja tanggalnya, tar juga ngerti..hehehe

    • zaqlutv February 1, 2010 at 7:25 am #

      @Martin
      Hah..!? bener tuh? dealer-nya donk yang ngga beres… thx..
      ntar aye tanyain dah ke dealer.
      btw bro bro semua ada masukan nama bayi cowok ga? hehehee.. sori ott ^_^

      • zaqlutv February 10, 2010 at 3:00 pm #

        @Martin
        Iya bener, maren dealernya angkat bicara, katanya kiriman faktur dari Jakarta telat. Jadi lama dah, kasus dah. di samsat cuma 3 ampe 4 hari selesai. cuma lucu aja, karena gw tinggal di kabupaten bukan di kotanya maka plat nomer baru keluar 2 minggu lagi, ya udah dari pada pusing mending kasi plat bikinan dari tukang stempel di pinggir jalan, lebih bagus malah. ^_^

        (OOT: btw mulai sering ronda malam nih, padahal giliran ronda malam minggu, lagi seneng2nya+repot punya anak pertama, hehehehee… jagoan pula, seru-seruu)

  45. akoe February 5, 2010 at 4:30 pm #

    alo smua. sy br make apache 1mggu. cm kok getaran trasa kuat bgt ya di rpm 5000. trus jln rada nyendat2. mohon pencerahan

  46. a21s February 10, 2010 at 3:27 pm #

    @Akoe
    Diservice aja sob gw juga dulu gitu… emangsih hasilnya ga langsung sreeegk… di hati, butuh proses penyesuaian…

  47. Mazekow March 21, 2010 at 8:39 am #

    Mo nanya…
    Apache doyan premium gak ya…?

    • Martin May 4, 2010 at 8:42 am #

      saya pencinta premium koq..hahahaha
      (kantong ga kuat bli pertamaX)

  48. aWi March 23, 2010 at 10:49 am #

    basically bisa dicekokin premium… no problem.

    Saya sendiri seringkali (jika kesulitan mencari Pertamax), akan diisi Premium. Melihat Pertamax plus yg melambung ke 7300/liter.

    Hanya yang terbiasa pertamax, akan terasa sedikit kurang nyaman tarikan dan suaranya.

  49. rushdi May 1, 2010 at 10:02 am #

    Sedihnya, TVS Mereka-Tagerang sudah tutup broo…

  50. rushdi May 1, 2010 at 10:03 am #

    Sedihnya, TVS Merdeka-Tagerang sudah tutup broo…

  51. meong August 26, 2014 at 9:44 pm #

    ok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: