Snap shot TVS Apache RTR Fi (EFI)

4 Jul

Saya kutip dari Blog TVS Apache, mengenai launch TVS Apache RTR Fi di pameran Autoshow Mumbai, India akhir tahun lalu. Kapan ya bisa di Indonesia?

Spesifikasi TVS Apache RTR Fi

Engine : 159.7cc
Engine tech : EFI 4stroke
Max Power : 15.7bhp @ 8500 rpm
Max Torque : 13.1 Nm @ 6500 rpm
Compression Ratio : 9.5:1
Weight : 139kgs
Tank : 16.0 L (no reserve, as this is FI)
Fitur-fitur baru di RTR Fi

Tambahan fitur-fitur di versi Fi :

  • Digital display memiliki fitur untuk menampilkan hasil uji kepepatan tertinggi. Dan itu bisa di-set ke zero dan kita bisa menyimpan capaian kecepetan yang pernah diraih
  • Kita juga bisa menguji waktu yang ditempuh antara 0-60km/j di digital display, me-resetnya kembali
  • The rear disc menjadi standar
  • tidak ada choke
  • tidak ada reserve knob
  • di India , versi Fi harganya lebih mahal sekitar 7000 rupees dibandingkan versi RTR 160

41 Responses to “Snap shot TVS Apache RTR Fi (EFI)”

  1. Alif July 8, 2008 at 10:44 am #

    Wah, udah keluar yang FI nih. Padahal Black Stallion saya baru dtg kmrn. Tp gpp, tetep keren kok🙂. Btw mo nanya nih mas Awi, menurut Teknisi TVS pemakaian motor sampai dengan servis pertama tidak dibatasi RPM dan speed nya. Tapi di buku manual, sampai dengan 1.000 km disarankan tidak melebihi 50 kmph. Yang bener yang mana ya? Kalo mas Awi sendiri perlakuannya ke Black Macho gmn? Minta sarannya ya, soalnya di milis sepi sekali………….

  2. aWi July 8, 2008 at 12:31 pm #

    yg Fi sudah Fuel Inkjection.

    Ehya, saya juga baca itu di buku manual. Kalo alasan menurut buku, itu untuk menjaga komponen-komponen mesin agar gak ‘kaget’ dengan beban awal yang berat. Itu masuk akal juga. Tapi sebenarnya di semua motor sport juga perlakukannya mestinya seperti itu juga. Karena sentuhan awal yang baik dapat memberikan efek jangka panjang yang baik juga. Mesin dikasih juga masa adaptasi.

    Terus bagaimana doong kalo kita ‘melanggar’ itu? Ya sebenarnya tidak apa-apa sih. Saya pas awal test keliling komplek, lari sampai 60-80 kph. Lalu pas dipakai ke kantor harian (sekarang masih 600-an km), suka diajak ke 60-70kph. Tapi ya itu tadi, gak memaksa untuk ambil akselerasi kencang dan lari konstan di kecepatan di atas itu. Jadi di bawah 1000km, memang masih dengan berkendara sabar dan penuh perhitungan.

    Kan nanti ada service pertama, ya mas alif bisa konsultasikan dengan teknisinya. Malahan ada pendapat orang yang bilang bahwa, mestinya pas motor datang – mesin dipanasin selama 2-3 jam, sampai oli-olinya bekerja di mesin yang baru, seluruhnya sekaligus ‘membersihkan’-nya. Lalu kemudian ganti oli. Sehingga nanti mesin gak rusak karena ‘kotor’, dan terasa akan lebih halus dengan oli baru tadi.

  3. intan July 10, 2008 at 12:43 pm #

    sekedar info untuk para sport rider Indonesia,

    TVS Apache RTR Fi sedang dipamerkan di stand TVS di PRJ’08.

    Jadi buat para riders yang ingin melihat wujud asli motor ini silahkan kunjungi stand TVS di PRJ ’08 yang akan berakhir hari Minggu ini (sedikit berpromosi…)

  4. aWi July 10, 2008 at 2:37 pm #

    Ehya, kalo versi Fi sudah mulai dipasarkan gak, ya? Atau baru nampang dulu?

  5. henry July 23, 2008 at 5:20 pm #

    gw da pake . lari 70 kph getar bo! tapi masi oke sih. tanki gw kosongin isi goban/limapuluhrb=8.3 lt pake sampe abis km menunjukan 375km. jadi 1lt=45km lumayan irit. gw henry collector sukanda jaya

  6. aWi July 24, 2008 at 7:46 am #

    Halo henry. Dipasarkan berapa yg versi Fi? Apakah di dealer-dealer sudah stock? Ehya, gabung dong ke Miliz apache-indonesian-riders@yahoogroups.com … sharing pengalaman bro

  7. Surya January 12, 2009 at 3:51 pm #

    Salam kenal,,,
    Mas awi saya pengguna apache dari GARUT.
    Saya mau nanya,,liat2 di share info da yang bilang gni :

    Originally Posted by chuprex View Post
    Apacheku kok getarannya gede banget yah? Tarikannya jadi ga responsip setelah masuk bengkel TVS Semarang, abis stel klep ma teknisinya malah kaco nih motor.

    Satu lagi nih, ini motor pake Premium klo mo pake PertamaX harus ada yang dirubah, klo masih standar diisi pertamax pasti ada aja yang bermasalah, salah satunnya :

    1. Busi Cepet Aus dan Gosong
    2. Karburator jadi dingin dan mengeluarkan embun air yg bisa tercampur pada bensin. (Apalagi musim hujan)

    Positifnya sih tarikan makin OK, tapi ada hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga performa. Oh ya, satu catatan lagi nih, Busi yang digunakan Apache itu TwinHead, yang ujungnya cabang 2, tapi kualitas Businya kurang bagus dan tidak tahan lama.
    Aku lagi mo cari Busi Sport yang ujungnya 3, tapi kok sulit ya di semarang.

    Bener ga ya mas, soalnya waktu pertama beli saya langsung pake pertamax. end emang ada suara bebeletupan dari knalpot…. Solusinya gmana ya??tapi saya pengen tetap pake pertamax..

    oyah, saya ada rencana mau masuk T-RAC. Malah uadah ngomong ma pa Frans nya juga…sekedar pengumuman,,,hehe🙂

  8. kyko_pushing January 12, 2009 at 4:16 pm #

    surya saya yeuh…..
    kalo garut mah enak tgal ke si Ogy mekanik nya di garut….
    itu bagus bro….

    salam buat anak2 T~RAC….
    ieu sareng kiki ( Humas ARCi )….
    anak2 t rac pada tau kok…

  9. aWi January 13, 2009 at 10:20 am #

    sigap dan cekatan, memang bro Kyko xixixi.

    Hatur nuhun, kang.

    Juga hatur nuhun ka Kang Surya yg sudah mengunjungi blog kami.🙂

  10. Surya January 14, 2009 at 11:55 am #

    Hehe, owh gitu yah kang kyko sareng kang awi….

    Waktu servis pertama ge saya tanya2 ka kang ogi, wah ternyata enak yah bisa ngobrol dengan mekaniknya langsung…waktu itu saya nanyain tentang oli ka kang oki teh!

    Oyah ngomong2, mas awi & kyko rencananya mau pake oli apa setelah servis k-3…?? mohon jwbannya yah mas-mas.

    Iyah nanti klo servis k-2 saya salamin., oyah, mkasih yah udah boleh gabung!! Salam apache,,,hehe.

  11. Surya January 14, 2009 at 11:59 am #

    saya pengen yang terbaik buat kuda besi hitam aca-aca saya!!!
    apa enduro racing aja yah?? (yang di pake pa franz T-RAC)

  12. aWi January 14, 2009 at 12:09 pm #

    service 1 dan 2 masih pake bawaan pabrik, RevTex … lumayan gratis … hehehe. Pas service ketiga coba pake Enduro. Lumayan enak, gak slip kopling lagi. Tapi lama-lama kerasa gak enak (setelah 500km). Service keempat pake Motul 5100. Lebih mantap. Akselerasi lebih kencng, gak slip. belum, ada masalah. Tapi entar setelah service berikutnya mau pake Duron, produk dari Kanada. (harganya 100rb/liter).

    Nah, terakhir mau coba AmsOil 10W-40 yg harganya 200rb/liternya. Produk buatan amerika.

  13. Surya January 14, 2009 at 12:30 pm #

    o gt yah, mas klo motul skrang brapaan yah??

    Oyah mas, sya udah coba gabung d miliz! ada ga mas,, klo ada tolong approp yah mas!

    Maz, kmaren waktu pulang dari bandung saya geber apache. Coz panas ada yang manas2in (jupiter Mx “abong2 yamaha slalu di dpan cenah”,ya hasilnya sudah dapat dipastikan, SAYA MENANG BALAPAN TELAK tanpa perlawanan yang berarti, di jalan bergerenjol dan aga menanjak apache saya lari sampe 115 kph.

    Yah walaupun abiz itu saya nyesel, coz takut apache saya knapa2….hiks2…

  14. aWi January 14, 2009 at 12:56 pm #

    Kang Surya, saya mah gak pernah ladenin sama bebek-bebek. Habisnya kalo menang, gak seneng-seneng amat. Malahan kalau kalah (misalnya si bebek sudah di-bore up mesinnya), jadi malu deh kita.

    Kecuali lagi buru buru ada perlu, terus ada yg manas-manasin dari Tigi, Vixion, Megapro, apalagi Thunder … ya jalanin aja. Selama ini si Black Macho selalu yg terdepan … hehehe, kecuali sama si Kawak RR apalagi si NR250cc … ampun eta mah….

    Secara harian, saya selalu mengedepankan safety riding. rata-rata antara 35-40kpj. Kecuali mau nyusul truk/bis yang ngeluarin asap knalpot setebal gunung meletus.

    • wahyu widodo August 4, 2010 at 8:37 am #

      ngawadul eta mahhhh…. hayo coba sama cb 125 ane .

  15. aWi January 14, 2009 at 12:57 pm #

    ohya, Motul sekitar 70rb…..

  16. badrain January 14, 2009 at 10:42 pm #

    hehehe… beti sm scoupi z lo kang….

  17. ferry January 15, 2009 at 9:34 am #

    udah semua😀 kebetulan jalan jakarta mayan padat, jadi ama ninja 250 n RR juga ayuk😀 paling ketemu di kemacetan depan :))

  18. kyko_pushing January 15, 2009 at 5:17 pm #

    @surya
    kalo saya make olie QUASAR keluaran REVELL
    ini olie enak bener udah 3000km lom ganti masih enak aja tuh tarikan n suara mesin nya…..

    Hmmm untuk mekanik emang yahud tuh si Ogy…..
    saya juga nanti pingin setting motor dgn dya ke garut…
    hahahhaha jauh juga yah….

  19. ferry January 16, 2009 at 9:59 am #

    eh, kemarin bener2 ketemu ama RR dijalan, n bener, ketemu di kemacetan depan😀 kalo jalanan sepi mah, atutttt😀

  20. Surya January 21, 2009 at 8:05 pm #

    @akang-akang. Mksih bwt infonya skrtar oli. Oyah, wkt kmrn2 ktmu new mega pro d jalan(bln 6 thn 08) ngajakin blap ! Yaudah sya lyanin ,wkt itu dri nagrek smpe k trogong GARUT si kuda bsi acha-acha trus memimpin,mlhan wkt d jln lurus mpro d ledot abiz2an, hehe. Ga kbyang keheulnya kya pa tuh orang yg pake mgapro,mw nyiap mlah tambah jaraknya.wkakakaka. Oyah maf klo da yg pke mpro bca postingan ni.

    —————————————————————————————————
    awi: Bro Surya, jangan terpancing sama Migi atuh. Da memang beda kelas. [walaupun dijabanin juga]. Kalau penasaran sama kakaknya, Tigi. Seru. Apalagi sama saudara dari India, lebih seru…. hehehe.

    • mad man April 30, 2009 at 11:30 pm #

      he3x…. rupanya saya tertarik ingin “menjajal” balap dgn anda.. mtr saya megapro 2008

  21. Surya January 21, 2009 at 8:18 pm #

    Oyah,maf slamnya blum d smpein k anak2 t_rac.coz blum maen lg k delernya. Lg sbuk uas wkt tu teh. Wah,brarti grut bruntung yah pnya mekanik handal. Oyah sblum nanya k kang ogy mw nya dlu ka akang2,klo slang bsi yg cagak 3 yg da d bgian msin knan tuh pungsinya bwt pa yah?trus bwt menghilangkan suara msin yg kletek2 gmana yah?apakah stingan klepnya gtuh?

  22. kyko_pushing January 21, 2009 at 10:07 pm #

    kalo besi yang cabang 3 kalo gak salah itu penyemprot aliran olie….
    untuk mengurangi panas pada mesin…
    dan agar pelumasan mesin lebih sempurna,merata, dan menyeluruh….
    kalo suara mesin kletek2 coba dek di check stelan klep ke bengkelnya….
    semoga membantu….

  23. Surya January 23, 2009 at 10:58 pm #

    Mkasíh seueur kang kyko ats infonya. Kang awi klo sma tigi bkal imbang ga yah?scra trpaut 40cc! Tp brani klo adu mangkat mah (nge_drag 200m); klo sma pi8O mah brani ngejabanin d sgala kondisi. Sma pZ00 jg brani ngedrag 200m. hehe,, emang sya ga nyesel mnjdi pnunggang kuda jingkrak ini! Bgaimna tdk,logam mmakai logam terbaik d klasnya,body kren (klo feeling saya mah kya ducati) mlahan da yg blang”wkt prtma liat sya kira ducati” wkakaka! Trbukti dasyat! Pantesan Iwan Fals kpincut ni mtor!

  24. Surya March 12, 2009 at 3:22 pm #

    mas, tau harga SHELL ULTRA ga? susah uy carinya di garutmah!!
    mas, klo tingkat keenceran oli berpengaruh pada akselerasi ga yah????

  25. kyko_pushing March 12, 2009 at 4:25 pm #

    Sekitar 35 rban bro….
    VSX bisa sampe 40rban….

  26. Surya March 18, 2009 at 7:44 am #

    wah masa, bukannya yang ULTRA lebbih keren cuy, malah ratingnya full smua???
    BTW, si blakku skarang agak kurang akselnya, pengaruh apa ya mas??? jadi pusing, tapi waktu anyar-anyar nyerpismah masih bagus plus mesin halus, skarang udah agak gerebek???? Mohon infonya…..

  27. a21s March 18, 2009 at 9:44 am #

    Wah kalau udah masuk k indonesia pasti gw langsung order coz gw emang udah ngincer banget tuh barang… kayanga ga lengkap kalau belum pake tuh barang, habis ngiri sama yg lain.. kang awi kira2 kapan masuk k indonesia cos saya mau beli airscoopes nya boleh ga yaaa.. biar red apache gw jadi sama dengan FI..hehehehehe….

  28. Surya April 21, 2009 at 3:04 pm #

    @a21s

    digarut katanya dah ada (kabar angin) harganya nyampe 180rb/1 liter oli Shell ULTRA!!!! Ktanya sih air scoope bkal datang tahun ini tp gtw kapan, Gwa jga dah ga nahan pake tuh airscoope yang kerenya selangit…….wkakka

  29. aWi April 22, 2009 at 1:40 pm #

    ATPM tolong doong, Komponen/part dari RTR Fi, bisa dipasarkan disini…

    Simpan di dealer, dijamin banyak yg pesan…. Air-scoop? rear DISC?

    Wuihhh, gak dapet yg Fi, dapet yg hasil modif refresh sudah seneng banget

  30. ichsandiamond April 22, 2009 at 2:01 pm #

    @ atpm

    iya dong setuju kang awi ayo dong masa ga mapu gitu aja udah tinggal pesen dan tinggal jual kan beres gitu aja repottttttttt

    @ atpm
    harus bisa merealisasikan aspirasi customer dong kalo gt aja ga bisa yah balik lagi ke tk dong

  31. apdri April 22, 2009 at 2:04 pm #

    kalau paket upgrade ke Fi kayanya cukup mahal, mesti nambah fuel pump, sensor-sensor, komponen pengapian, ganti kabel body satu set dsb🙂

  32. aWi April 22, 2009 at 2:12 pm #

    Kalo sistem mah, saya tetep pake Karbu, mas Apdri….

    Saya sangsi, SDM TVS-nya sudah bisa belum kalo Fi…. yg karbu aja, masih kurang kualitasnya…

  33. b6321krg April 22, 2009 at 2:15 pm #

    Tuuuullllll kang Awi….????????

  34. ichsandiamond April 23, 2009 at 2:26 am #

    iya kang sdm yang karbu ajah pada error apalagi yang fi wah tar motor kita jangan-jangan dibikin ulekan sambel

  35. oudry May 16, 2009 at 5:59 am #

    pararunteun sadayana…., lam knal doang..hehehehehe😀

  36. Surya May 21, 2009 at 7:10 am #

    Sekarang dah banyak yang pake apache di jalanan,,,,(daerah setiabudi), tapi sayang klo ktemu manyun ajah,,,,,,,,,,,wkakakaka….. Jadi banyak temen di jalan nich.

  37. Martin May 21, 2009 at 8:06 pm #

    Pipa besi it bwt jalur pelumasan oli.. Biasany yg jalurny pk pipa dluar it suzuki, klo honda ad d dlm blok mesin..

    Air scoop fi ga bkl bs PnP k RTR qt.. Dudukanny ad dtanki bagian dpn ma bwh klo ga slh, ntar klo ad pameran lg saya cek lg dh.. Tp yg jls ga bs PnP, jd mst bwt dudukanny

  38. des,onetwo June 15, 2009 at 11:13 am #

    Apa iya india nekat Apache F1 RTR 160 dipasarkan di indonesia cuma buat uji coba aja end kemampuan mesinnya jauh dari standar internasional. KITA LIAT AJA

  39. des,onetwo June 15, 2009 at 11:15 am #

    Apa iya india nekat Apache F1 RTR 160 dipasarkan di indonesia cuma buat uji coba aja end kemampuan mesinnya jauh dari standar internasional.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: