berita Hoax di Internet

19 Jun

Meski belum ada survey yang valid, namun diduga hampir tiap hari info hoax selalu muncul di internet. Jenisnya pun macam-macam, mulai dari yang bersifat hal-hal yang sepele hingga yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak. Bahkan ada yang sifatnya hampir mendekati kebenaran, meski ujung-ujungnya juga berita bohong (namanya juga hampir…).


Tidak ada yang tahu kapan berita hoax di internet pertama kali beredar. Tapi diduga hoax beredar akibat persaingan bisnis, sehingga para pelaku bisnis seringkali menyebarkan black campaign yang bisa menjatuhkan pesaingnya. Menurut Wikipedia, hoax adalah usaha untuk memperdaya orang-orang agar mempercayai sesuatu yang salah adalah benar. Info hoax seringkali memanfaatkan ruang kebebasan di internet dan kemudahan akses. Dengan begitu, berita yang sudah dirancang bisa begitu cepat menyebar tanpa ada batasan jarak dan waktu.
Yang perlu kita pahami adalah bagaimana sebuah info hoax bisa dibuat. Dan ternyata membuat info hoax adalah sebuah pekerjaan yang sangat gampang. Saya akan berikan beberapa modus yang sering digunakan oleh para pembuat hoax untuk menyebarkan berita bohong.

  1. 1. Biasanya langkah pertama yang dilakukan oleh para pembuat hoax adalah mencari obyek yang layak dijadikan hoax. Rata-rata obyek hoax yang dipakai adalah hal-hal yang bersifat magnitude atau memiliki pengaruh yang kuat dan bisa menarik perhatian. Contohnya, wahana tornado di Dufan. Wahana yang satu ini sekarang jadi favorit pengunjung. So, tinggal buat saja berita tentang kecelakaan yang menewaskan sekian orang akibat gagalnya sistem keamanan wahana tersebut. Walhasil, tentu akan sangat heboh apabila mereka mendapat kabar itu di internet.
  2. Para pembuat hoax sering menggunakan pendekatan ‘ilmiah’ untuk mendukung kebohongannya. Misalnya, kita sebarkan tentang bahaya kanker akibat penggunaan mouse optik. Lampirkan penelitian tentang penggunaan laser yang bisa mengakibatkan kanker. Tentu hasil ‘ngibul’nya bakal sukses besar.
  3. Kalau perlu lampirkan sejumlah ‘fakta’ dengan melampirkan attachment gambar-gambar yang mendukung. Misalnya, minum coca cola sambil makan permen mentos bakal bikin perut kita meletus. Lalu Anda lampirkan gambar percobaan yang menggambarkan betapa berbahayanya kombinasi tersebut. Misalnya foto kaleng coca cola yang dicampur dengan mentos dan gambar yang menunjukkan meledaknya kaleng coca cola tersebut. Saya jamin Anda gak bakal mau nyoba makan mentos campur coca cola.
  4. Buatlah hoax yang seolah-olah hal itu adalah pengalaman nyata yang merupakan sebuah kesaksian. Meski hal tersebut kadang bisa jadi kejadian nyata, namun seringkali para pembuat hoax menambah-nambahkan berita menjadi lebih seram, hingga kita berfikir hal tersebut bakal menimpa kita. Kewaspadaan itu penting, namun membuat orang menjadi takut adalah hal yang lain.
  5. Para pembuat hoax seringkali memanfaatkan media milis dan forum-forum di internet yang memiliki audience yang cukup besar agar info hoax yang dibuatnya bisa tersebar dengan cepat. Untuk itu, berhati-hatilah bila Anda mendapat info-info yang berasal dari milis atau forum-forum internet yang ada.

Catatan: saya tidak bertanggung jawab apabila Anda mencoba membuat hoax dari langkah-langkah yang saya uraikan di atas. Segala akibat yang bakal ditimbulkan di luar tanggung jawab penulis. Tulisan ini hanya ingin memberi pemahaman tentang bahaya hoax di internet dan modus-modus yang digunakan para pembuat hoax. Itu saja….

TAMBAHAN LAGI…

– Pilih topik yang unik
Tidak harus berhubungan dengan dunia komputer, boleh kesehatan, keuangan, kemanusiaan, atau bahkan tentang cuaca. Coba yang sepele dulu, tapi setiap hari digunakan orang, misalnya “mouse”.

– Cari ‘masalah’
Carilah yang kira-kira akan membuat orang mengernyitkan dahi dan berupaya untuk memberitahukan teman-temannya. Misalnya:

“Penggunaan optical mouse dapat menimbulkan Kanker”

– Gunakan istilah-istilah ilmiah
Usahakan yang sudah diketahui oleh banyak orang. Jangan lupa berikan data-data berupa angka.

“Kenyamanan optical mouse ternyata mempunyai efek samping yang berbahaya. Tiga tahun semenjak peluncuran pertama optical mouse oleh microsoft, telah ditemukan ribuan kasus kelainan pada jaringan tangan akibat radiasi yang dipancarkan mouse. Optical mouse bekerja dengan memancarkan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi ke permukaan di bawahnya. Frekuensi yang digunakan jauh lebih tinggi dari pada pada handphone.

Telah diketahui secara luas bahwa telapak tangan dan kaki merupakan pusat ujung-ujung syaraf tubuh. Radiasi yang dirasakan oleh telapak tangan bisa berpengaruh fatal pada kesehatan, karena menurut laporan WHO radiasi dari mouse setara 5 kali radiasi handphone. Akan tetapi radiasi mouse menjadi berbahaya karena dipegang terus menerus oleh pemakai komputer.

Pengaruh radiasi dari mouse lebih terasa pada produk-produk berkualitas rendah, karena produk-produk yang bagus memiliki shield (pelindung) untuk melindungi pergelangan tangan. ”

– Tambahkan alamat kantor berita di internet
“WHO, GreenPeace, dan CNN sudah menghentikan penggunaan optical mouse untuk seluruh kegiatan di kantornya, sementara Microsoft dan IBM mengucurkan dana sekitar 2milyar dolar untuk kerjasama pembuatan pointing device yang lebih aman.

Industri-industri hardware terbesar di cina dan taiwan berusaha menutup-nutupi hal ini. Jika diperhatikan, mouse-mouse optical yang beredar di pasaran saat ini diproduksi oleh merk-merk yang tidak terkenal, padahal itu hanyalah sisa produksi industri besar yang sudah menghentikan penjualan.”

– Berikan solusi yang tidak kalah gebleknya
“Untuk itu, cobalah memegang mouse hanya di saat diperlukan saja. Berlatihlah menggunakan Hotkey (Ctrl-C, Ctrl-V untuk kopi paste). Kembalilah menggunakan mouse model lama (bola)”.

– Tambahkan kata-kata ajaib
“Sekedar untuk berjaga-jaga, seorang temanku sudah kena 2 hari yang lalu. Tolong teruskan ke orang-orang yang anda sayangi”.
*hihihi*

– Berikan efek forward.
Agar seolah-olah email ini didapat dari kalangan eksklusif, atau dari milis yang berkaitan, beri efek forward pada judul email
“Fwd:[milis- kesehatan] Mouse Optical dapat menyebabkan kanker (PENTING!!!) “.
Gampang? Tentu Saja!!

[dikutip dari Miliz bajaj_pulsar_indonesia@yahoogroups.com]

2 Responses to “berita Hoax di Internet”

  1. ijnap February 10, 2010 at 7:43 pm #

    Hehehehe…
    Coba gak yah..??
    Huehehehehe..ūüėÄ

  2. a21s February 11, 2010 at 11:36 am #

    Hooooooax….Cuuuuiiiiiieeee….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: