Just can’t wait

11 Jun

duuh, sudah lebih 2 minggu. Surat-surat resmi kendaraan bermotor dan no plat belum juga selesai. Saya sudah gatel jalan dengan si Black Macho yang masih nangkring di garasi — kecuali sempet keliling antar jemput anak di TK deket rumah. Padahal janjinya hanya seminggu. Terhitung sejak 27 Mei 2008 lalu si black macho sudah diantar ke rumah.

Kemarin sih sempet nilpun dari dealer, katanya hari ini sudah kelar STNK-nya. Ya kalau begitu saya tunggu. Just Can’t wait euy.

Gambar: masih ditumpaki Razaan di garasi

24 Responses to “Just can’t wait”

  1. refi June 13, 2008 at 2:06 pm #

    review pemakaian apache nya dong, juragan. hehehehe

  2. awi July 2, 2008 at 1:39 pm #

    sudah baca kan mas refi, di komen-komen saya terbaru. Disitu ada review TVS Apache yang saya tunggangi selama hampir 3 minggu. Silahkan menikmati.

  3. deni July 17, 2008 at 2:04 pm #

    salam kenal,mo nanya nich mas, udah di bawa kemana aja tuch si black macho yang paling jauh? kira2 berapa km jarak yang di tempuh dalam 1liter? maaf satu lagi(jadi penasaran) pake nya pertamax apa premium? Saya juga lumayan tertarik dengan si apache ini, klo di internet saya baca bahwa tvs dapat penghargaan dari “deming prize” soal pengawasan kwalitas, padahal deming prize adalah penghargaan buat motor2 jepang, dan tvs menjadi satu2nya motor diluar motor jepang yang mendapat penghargaan.(selamat!)

  4. aWi July 17, 2008 at 3:05 pm #

    Saya bawa sebatas harian ke kantor. Rumah – kantor 16 km. Jadi sehari bisa melahap 32 km. Saya mengira-ngira hasil perhitungan saya, 1 liter jatuhnya bisa 42-45 km.

    si Macho pake premium + power-Q (bukan iklan nih). — http://www.unitynetwork-intl.com/cat_bbm.asp

  5. deni July 18, 2008 at 5:18 pm #

    mas ketemu lagi, maaf mas bisa kasih saya masukan, lagi pusing nich(bentar minum obat dulu)…ah .. sip..hmm saya mo ganti motor ceritanya, bingung antara motor bebek dengan motor laki, untuk pilihan bebek, jatuh ke satria fu,alasan :
    1. rumah saya masuk gg klo pake motor sport aga aga susah masuk rumah(kejadian temen nginep pake vixion)
    2. performa dapat diandal kan,(klo telat masuk kerja)
    3. karena sejati nya bebek jadi lebih lincah di kemacetan
    4. klo diajak jalan jauh lebih enak dari bebek biasa karena 6 speed
    alasan minusnya :
    1. boros pisan…(jabaning pertamax mahal pisaaaaaaan!) pengalaman bandung-sumedang PP habis 3,5 liter, jarak tempuh plus minus 120 km (1:34) yang 2tax nya pun hampir sama(lebih boros)
    2. onderdil mahal (kabel kopling 90rb aslina!!)
    3. bosen dari bebek ganti jadi…bebek lagi (yang sekarang kaze th02 bandel pisan)
    4. soal mesin, kerena sudah sedikit canggih, menganut DOHC, kompresi 10,4 : 1 (pengennya pertamax) perkiraan perawatan mesin sedikit lebih mahal ketimbang mesin biasa (konvensional)
    motor sport jatuh ke apache rtr 160, alasan :
    1. motor laki (lebih macho), plus tanki bensin gede (full tank bisa buat beberapa minggu) ga sering masuk SPBU
    2. terhitung lebih irit trus pake premium, enak klo diajak touring ke tempat yang jarang spbu ga perlu khawatir (pengalaman touring ke cikelet,garut, asli tidak ada SPBU)
    3. kipincut sama model speedo digital (mirip satria juga) sama foot step yang udah tipe underbone plus oper gigi yang udah tipe cungkil (mirip satria yang udah step underbone)
    4. model tanki yang tidak terlalu “melendung” kaya vixion atw tiger atw pulsar ( tipe melendung klo ngerem suka sakit maaf,”kacang” ku)
    5. soal mesin, klo yang ini sich masih aga ragu, bukan soal onderdil, tapi ketahanan, tapi kalo dicermati mesin nya beda dari yang biasa(di bandingin ama honda) lebih kearah sedikit aga komplex
    6 karena mesin nya masih konfensional(2 klep kompresi 9,5 : 1) kemungkinan perawatan jadi lebih murah.
    minusnya:
    1. belum ada second (harga baru belum terjangkau hehe) kebetulan ada temen jual satria nya baru pake 8 bln.
    2. nah itu tadi masih ragu soal ketahanan mesin
    3. nah itu dia susah masuk rumah
    4. ap ya?
    untuk tambahan tinggi saya 168cm, umur 25 (masih suka kebut2an n’ turing2an) berat 59kg. buset panjang ternyata, atas masukannya saya ucapkan terimakasih, oh ya mungkin biar pilihan saya lebih ke apache, tolong kasaih tau pus minus nya motor ini soal mesin, dari suara, tenaga, top speed, sampai oli. ya makasih (punten pisan tos ngarepot keun, janten isin)hehe.

  6. aWi July 21, 2008 at 9:55 am #

    Wow, iya panjang banget ceritanya. Sateuacana, hatur nuhun pisan kantos sumping ka rorompok abdi. Dan dengan senang hati berbagi informasi, wawasan, dan pengalaman.

    Plusnya: Desainnya OK banget, seperti kesannya Cowo berotot. Tenaga Ok — tanjakan 45 derajat, gigi 2 masih mantap. Top speed, sy berani cuma 95kph (belum pernah nemuin jalan panjang dan sedikit sepi). Tapi kalo akselerasi boleh diadu deh sama yg lain. (maksimal sampe mencapai 70kph pertama), tarikannya yahud pisan. Tp pas di atas itu, lama pisan naiknya. Kalo suara mesin, awal-awal pake sih agak nga-gerung, suaranya nge-bass. gede. Tapi lama-lama, apalagi sudah service pertama, lebih halus. Kalo OLi, sementara ini sy pake RevTex, bawaan dari dealer (mumpung masih gratis hehehe), sy belum coba yg lain.

    Minusnya: Kalo mesin masih dingin, alias pas pertama dinyalain terus dipanasin sebentar (2 menitan), pas dijalanin mesin masih suka dut-dutan. Apalagi masih pake gigi 2. makanya suka dipanasin agak lama (5 menit), baru enakeun. Untuk jalan-jalan di kota yg ramai, terus kita pakai kecepatan tinggi, agak sulit untuk mengontrol setirnya. Agak kaku/berat. Jadi mesti sudah menguasai dan lebih hati-hati (tapi lama-lama jadi biasa sih). Terus, untuk kasus saya mungkin, masuk gigi netral meni hese. SUka slip masuk gigi 1 atau 2 aja.

    Baru sebulan saya baru menikmati versi RTR 160, ehh muncul yang versi Fi alias Fuel Injection. katanya maks Power dan Torsinya lebih tinggi. Terus ada airscoop-nya. Tapi, ya secara fisik lainnya kurang lebih sama. Lihat saja filmnya di http://www.tvsapache.com di link Special.

    Tp overall, saya gak menyesal beli Apache ini. Secara fisik saya yg 184 cm, berat 86 Kg. Cukup pede pake ini. hehehehe

  7. deni July 21, 2008 at 4:52 pm #

    mas, saya orang ciwastra, klo ke kantor lewat TVS buah batu, tiap kali lewat, pasti liat ke kiri (DDDUUCCHH ga kuat!!!), pengen ganti. sempet test drive, ternyata emang susah ya klo netral. kata mekanik nyamah, di karenakan motor baru, jadi stelan kopling nya dikit ngangkatnya(harus distel lagi), kejadian persis sama satria fu sodara, susah netral,(kya nya hampir semua satria fu susah netal) kalo mau netral motor harus dalam keadaan mati, atau kalo udah biasa, sebelum berenti(masih ngeloyor), dari gigi dua bisa langsung netral. Apa seperti itukah karakter motor acelerasi tinggi? DUch hatur nuhun pisan to kakang awi atas sheringnya dan waktu untuk jawab pertanyaan yang bikin saya makin kebelet pengen TVS apache,mudah mudahan dari THR bisa buat DP (hehehe), tapi klo keluar yang injection nya kira2 berapa ya harga OTR nya? (eh.. malah nanya lagi)hehe

  8. aWi July 22, 2008 at 11:57 am #

    No problem Kang Deni. Ari yang versi Fi di PRJ kemarin dipamerin. Tapi saya gak tau, kapan mau dipasarin. Sepertinya harus bersabar dulu, karena yang versi RTR 160-nya kan baru 5 bulanan.

    Yang pasti di India sana, bedanya adalah 7000 rupee dibandingkan versi RTR 160. (atau sekitar Rp.1,5 juta).

  9. amin July 27, 2008 at 10:33 am #

    assalamualaikum kang awi
    kumaha,damang?
    perkenalkan kang.saya salah satu yang tertarik juga pada apache.kalo boleh saya mau tanya2 kang :

    1.gimana masalah perawatan / servicenya selama ini,ribet ngga kang?sparepartnya mahal2 ga kang?

    2.apa bener gigi 4-5nya agak lemot?terus gimana masalah susah netralnya?kalo kopling udah distel apa masih susah netral juga?(perasaan waktu testride di prj gampang netralnya kang)

    3.berapa average fuel cunsumption nya?

    4.nyari topspeednya susah banget ga?trus apa bener kalo boncengan tarikannya jadi kurang?

    segini dulu,maaf kalo kepanjangan lain kali saya tanya lagi,biar mantep.jangan bosen ya kang

  10. aWi July 28, 2008 at 9:58 am #

    Walaikum salam Kang Amin. Sateuacana hatur nuhun pisan parantos dongkap ka rorompok abdi. Mangga bade tumaros Apache.
    1). Perawatan sama sekali gak ribet, bagus malahan. Mungkin karena baru sedikit yg pakai TVS, jadi datang langsung dilayani. Coba baca artikel judul “Jatuh” … itu pengalaman saya saat terjatuh gara gara nyenggol mobil (aihh gak hati-hati). Sampai ditilpun segala menanyakan keadaan saya. (karena yg ke bengkel paman saya). Kalau sparepart agak lumayan sih. Seperti tarikan kopling saya yg patah, habis 25rb. Dan injakan kopling sekitar 120rb.

    2). Gak juga gigi 4-5 lemot. kalau dibandingkan dengan yg sekelas. Kalau Pulsar kan gigi atas malahan tenaga bagus. Itu kasus saya aja kali, ya belum terbiasa menetralkan gigi.

    3). Saya sudah coba beberapa kali pengujian (perhitungan, red) sekitar 1:48 dijamin benar. Malahan ada temen internet lainnya (Mas Alif di Kudus) bisa 1:50 … busyet dah, saya gak bisa segitu.

    4). Nyari top speed ke 118 kph (menurut brosur), susah dicapai. Karena pas mesin putaran atas, agak lambat ke top speed. Makanya, kayaknya Apache cocok utk jalan yg pendek-pendek. Kalau lurus, kekejar sama V-ixion. Kita bawa boncengan, gak berpengaruh sama tarikan. Sama yahudnya.

    5). Segitu dulu juga jawabannya. Hehehehe. Silahkan saja jgn ragu ragu. diantos Kang Deni ngangge Apache.

    NB: gabung ke apache-indonesian-riders@yahoogroups.com

  11. amin July 31, 2008 at 4:00 pm #

    assalamualaikum kang awi.
    saya lagi nih,moga nggak bosen yah.
    barusan habis dari tempat kerja,lewat dealer minerva,akhirnya masuk,liat2.keren eeuy madassnya.mereka juga akan ngeluarin model supermotard,namanya x-road.saya udah lihat,bagus juga,kalo masalah rangka dan bodynya manteb deh kang,sayang begitu melongok kesektor mesin,kurang sreg gituh deh (naksir sama fork depanyya eeuy,gede pisan kang,kaya bawaannya gsx 600,manteb kayaknya kalo dicangkok ke apache).dari situ kediler apache.memandangi calon tunggangan (sayang ga bisa ditestride).
    saya pengen tanya lagi kang :
    1.tarikan digigi 5 memang berat atau kang awi masih pake rpm rendah,makanya naiknya susah?
    2.gimana masalah speedo digitalnya kang?kayak pulsar ga? (gak boleh kena sinar matahari dan ga boleh disteam langsung)?
    3.bannya licin ga kang?
    4.kalo ada waktu,main2 ke kaskus kang,ada thread judulnya tvs apache rtr 1660 vs bajaj pulsar dtsi 180.disana belum ada owner asli apache yang bisa kasih pencerahan,makanya,isinya pulsar rider semua.kalo bisa kasih2 masukan kang (saya udah nulis juga disitu,id saya cybersniper).banyak salah kaprah disana.
    hatur nuhun pisan nya kang,mugi diparing gusti alloh sehat selalu.

  12. aWi August 1, 2008 at 9:37 am #

    Waalaikum salam, kang Amin. amin oge ka piduana.🙂
    1). setiap perpindahan gigi 3-4-5, saya selalu berpatokan sama rpm, biasanya pindah di rpm 6000. Ya walaupun kadang-kadang di bawah itu. Tarikan gigi 5 tidak seberat yang ditakutkan. Masih ada tenaga di putaran mesin tinggi itu, hanya akselerasi tidak senigfikan di putaran bawah. Mungkin kalo dibandingkan dengan pulsar, pas di putaran tinggi tenaga tetap nambah terasa banget. Makanya Tiger aja kalah. Itu saur anu gaduh Pulsar….

    2). Kalau speedo digital, alhamdulillah tidak pernah ada masalah. Walaupun terjemur terik matahari ataupun pas dicuci steam. Anteng aja itu speedo. Cek dur lah … 🙂 Mungkin itu salah satu keunggulan dibandingkan Pulsar.

    3). Ban licin saat di jalanan basah. Itu pengalaman rekan apache yang pernah jalan Bogor-Jakarta kala itu hujan. Jadi ada rekomendasi ban standar TVS, diganti.

    4). Ok. saya sempatkan surfing kesana.

    Hatur nuhun pisan atas infonya juga.

    Mantabbs lah. Gak nyesel dapet Apache….

  13. bie August 2, 2008 at 2:14 am #

    salam kenal kang awi,uda sekitar 4 bln saya cari tau tentang ni motor n akhirnya nyasar ampe ke sini…dan Akhirnya ada jg pemakai di indonesia yg bikin reviewnya…muda-mudaan masi banyak yg akan direview ya kang…kept on writing!
    saya jg uda liat n tanya2 di prj kemarin, bikin makin ngiler n pengen cepet2 nunggangin satu..hiks…
    1. pengen tanya sedikit ya kang awi, kalo pengen beli OTR dapet cash back ga?karena waktu tu di prj ditawarin ma salesnya cash back 600rb…but karena dana blm ngucur jd ga bs langsung ambil…

    2. Trus liat di website resmi yg india, udah keluar versi 2008 nya yg pakai airscoop jg but bukan fuel injection,masi tetep RTR 160 konvensional na..
    cuma beda di stiker aja..disini uda ada blm yah?

    Hatur nuhun ya atas bantuannya ni…biar cepet make apache..

  14. bie August 2, 2008 at 2:29 am #

    oiya satu lagi…sering baca di situs india,mereka sering sebut tentang throttle..maksudnya apa yah,ada hubungan nya ga sama tuas yg ada di sebelah kiri stang,iyu buat apa ya kegunaanya? trims before….

  15. aWi August 4, 2008 at 10:47 am #

    1). Sepertinya gak ada ya mas Bie. Karena saya saat ambil di bulan Mei lalu (masih awal-awal launching), gak dikasih tuh. Itu karena dalam lingkup pameran PRJ. Jadi bersaing langsung dengan kompetitor lain, so utk menarik ya dikasih cash back. Jadi mas Bie sayang banget gak langsung ambil kemarin

    2). versi RTR 160 refresh, ya. Itu kayanya trensformasi dari versi RTR 160 ke eFi. Nanggung banget. Sepertinya di Indonesia gak dikeluarin deh. Kecuali kita-kita yang sudah beli RTR 160, ingin nambah variasi, akan dimungkinkan. Katanya yang mau dikeluarin yg versi eFi awal tahun depan.

    3). throttle. Katup mesin kali ya. Jadi teknologi seperti balap. Menaikan respon mesin sehingga saat putaran mesin tertentu mengefektifkan pembakaran. Jadi larinya bisa kenceng. Kalau tuas di sebelah kiri stang. Itu mah kalo gak salah tangkep, choke. Untuk menaikkan putaran mesin, saat mesin masih dalam keadaan dingin. Biar cepet panas maksudnya.

    Sakitu heula atuh, mas Bie. Diantos mas bie menunggang Apache. jangan lupa gabung ke Miliz apache-indonesian-riders@yahoogroups.com untuk sharing-nya…..

  16. bie August 4, 2008 at 12:55 pm #

    wah thank infonya ni,mas awi…
    gmana dengan layanan servisnya or customer servisnya?btw servis ke bengkel resminya langsung apa bengkel rekanannya TVS…
    saya di jakarta,kbetulan dilernya lumayan jauh dr rumah..jd kepikiran kalo jd ambil mungkin ndak servis di beres, but ok ga ya layanannya??

    Hatur nuhun pisan atas balasannya

  17. aWi August 4, 2008 at 4:08 pm #

    Ok banget, Mas Bie. Saya langsung ke dealer utama di Bandung, Jl.Buah Batu.

  18. Alif August 7, 2008 at 10:29 am #

    Wah ternyata disini lebih rame dari pada di milis, mending sharing disini aja deh. Saya baru selesai 500 km nih, sebelumnya saya cuma lari max 50 kmph / 4.000 RPM. Sekarang saya udah saya coba lebih kenceng. Kalo akselerasi sampai km 65 memang sip banget. Tapi mulai 70, agak berat. Plus di stang agak sedikit getar juga. Apa mas awi punya pengalaman yang sama?
    Saya sih belum servis pertama,mungkin akhir minggu ini. Saya harap sih setelah servis getaran tadi bisa hilang setelah servis pertama tadi.

  19. aWi August 7, 2008 at 10:49 am #

    Hehehe, padahal saya sudah iklan banget miliz apache … mungkin lebih gampang cari di google, terus yang muncul blog-blog. Saya search TVS Apache aja di google, halaman pertama yaaa, alamat saya ini …hehehe.

    Saya sudah coba nyaris 100kph. Memang bergetar, tp sy anggap masih wajar. Wong gigi 5, kecepatan 100. Terus dari 60 ke 100, pengalaman si black macho, bagus juga, walaupun jalanan agak menanjak. Masih ada tenaga utk kencang dan kencang lagi. Itu pengalaman kemarin, saat pulang kantor malam-malam. –> saya barusan servis ke-2 di KM 1325.

  20. DENI August 7, 2008 at 5:38 pm #

    kang pendak deui sareng simkuring, nunggu THR nich buat DP (halaah lama keneh…chape dech…)
    oh iya kang,
    1. klo ngeset trip A atw Trip B biar posisi nya nol gimana caranya?(nanya salesnya teu bararisaeun, jd penasaran:-\)
    2. klo dibandingin ama mega Pro, kang awi bisa kasih masukan? (penilaian dari suara mesin, tenaga, konsumsi bbm, sama handlingnya)

    soalnya belum ada test komparasi nya nich (sudah surf sana surf sini malah nyuci pake surf, halaah ngawur…) nuhun kang atas pencerahannya

    “KEEP ON WRITING” (ngiringan ah slogan nya)

  21. aWi September 2, 2008 at 1:32 pm #

    1). Saya gak bisa jawab kang Deni. Karena saya sudah disetel sama teknisinya.

    2). hmmm, saya juga gak bisa bandingin. Karena saya pribadi belum pernah pakai megaPro, kecuali dibonceng sama adik saya yang pakai megaPro tahun 2000. Sepertinya sih, kalo urusan BBM masih hemat megaPro. Tapi kalau tenaga, wah berat pake megaPro mah. Jauh lah sama Apache. Memang sih berbanding terbalik antara tenaga dan hemat. Kalo handling, menurut saya untuk zig-zag memang agak sulit utk apache, kurang lincah lah. Tapi sejalan dengan waktu, kita akan terbiasa kok.

    Begitu kang deni. Hapunten telat pisan jawabna. Baru ketahuan…hehehehe

  22. apache4fun September 4, 2008 at 2:10 pm #

    Untuk mengeset ulang Trip A atau Trip B, tekan tombol SET sampai keluar tanda Trip A atau Trip B. (Pilihannya cuma 3, Trip A,Trip B, atau ODO). Setelah tampil Trip A, tekan tombol MODE agak lama. Nanti Angka di Trip A akan kembali ke angka 0.Untuk Trip B caranya sama. Begitu bro….

    Salam..🙂

  23. aWi September 5, 2008 at 10:02 am #

    to Mas Alif, thanks atas sharingnya.🙂

    Saya sebenarnya lupa banget. Dan lagi males liat buku manualnya. Untung ada mas Alif😉

  24. wendy January 26, 2009 at 10:50 pm #

    @amin:
    punten kang, itu dealer MINERVA bandung yang jual madass alamat lengkapnya dimana ya?

    kalo boleh, punten pisan email ke id_new_7@yahoo.com.

    saya dah ga nahan pengen nunggangin MADASS hitam neh..hehe

    nuhun

Leave a Reply

