Polri Pasang Chip dalam SIM

15 May

Jangan coba-coba mengelak apabila telah melakukan pelanggaran lalu lintas. Pasalnya, setiap catatan pelanggaran secara otomatis ter eka m pada chip yang dipasangkan dalam surat izin mengemudi (SIM).

[]


Rencananya Direktorat lalu Lintas Polri mulai memasangkan chip pada SIM serentak di seluruh Indonesia mulai Juni 2008 ini.

“Mulai Juni kita akan lengkapi SIM dengan dengan chip. Tujuannya untuk lebih merapihkan pendataan polri terutama di bidang lalu lintas,” ujar Kombes Pol Adjar Triy adi , W adi rlantas Polri saat dihubungi okezone beberapa waktu lalu.

Dengan penggunaan chip tersebut, lanjut Adjar, setiap track record pengendara akan diketahui dan terdata secara on line. Sehingga apabila melakukan pelanggaran lalu lintas, belum menunaikan kewajiban pembayaran kredit kendaraan bermotor, atau melakukan tindak pidana lainnya, bisa menj adi pertimbangan saat akan memperpanjang SIM.

Mengenai tampilan pada SIM, Adjar mengatakan akan tetap sama dengan SIM yang sudah beredar. Bedanya di dalamnya terdapat chip kecil yang tidak begitu terlihat.

Penggunaan chip ini juga bagian dari rencana modernisasi di tubuh Polri menyongsong 2015 serta untuk meningkatkan pelayanan masyarakat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: