Minerva Sach MadAss 125, spesies baru dari Eropa

15 May

Sepeda motor Jerman, Sach MadAss 125, segera beredar di pasar Indonesia dengan target pasar anak muda yang menyukai kendaraan berdisain “sporty” dan futuristik.

“Tipe motor ini telah mencetak angka penjualan luar biasa di pasar Eropa, Australia, AS, serta di beberapa negara Asia seperti Thailand, Filipina, Vietnam, Malaysia, sehingga kami yakin akan mencetak kesuksesan yang sama di Indonesia,” kata Direktur Sachs Fahzeug und Motorentechnik GmbH (Sach Germany), Hartmut Huhn kepada wartawan di Jakarta, Senin, 28/4-2008.

Sepeda motor tersebut akan diproduksi perusahaan otomotif Indonesia, PT Minerva Motor Indonesia (MMI), yang telah resmi melakukan kerjasama “joint manufacturing” dan “co-branding” dengan Sach Germany.

Kerjasama tersebut ditandatangani oleh Chief Executive Officer (CEO) PT MMI Kristianto Goenadi serta Hartmut Huhn pada saat peluncuran sepeda motor yang di Indonesia akan disebut dengan nama merk “Minerva Sach MadAss 125”.

“Dengan kerjasama joint manufacturing` dan `co-branding` ini maka pihak Sachs Germany akan memberikan dukungan teknis, baik untuk pengembangan mesin maupun proses manufaktur kepada PT Minerva,” kata Kristianto Goenadi.

Sepeda motor empat tak dengan menggunakan kopling tersebut akan dijual di pasar Indonesia dengan harga “on the road” (OTR) Rp 13,95 juta per unit, padahal di pasar Eropa , termasuk di Jerman sendiri, harganya mencapai 2.000 euro per unit.

“Harganya bisa kita tekan lebih murah karena sepeda motor ini diproduksi di Indonesia dengan komponen lokal 20 persen. Ke depan nanti kita harapkan komponen lokal mencapai 40 persen,” kata Kristianto.

Dikatakan bahwa pihaknya sadar pasar sepeda motor Indonesia telah dikuasai oleh produk-produk “motor bebek” merk Jepang.

“Karena itu kami tidak ingin bertarung `head to head` dengan mereka. Kami membidik segmen pasar anak muda yang menyukai disain sepeda motor Eropa yang sporty dan futuristik,” kata dia yang menargetkan pada tahap awal setelah peluncuran dapat menjual Minerva Sachs MadAss 125 sebanyak 1.000 unit per bulan hingga akhir tahun 2008.

Dikatakan bahwa model MadAss 125 memiliki keunggulan teknis dibanding sepeda-sepeda motor yang ada di Indonesia, antara lain karena dilengkapi “electric digital speedometer”, disain tanki bahan bakar yang menyatu dengan badan sepeda motor, rem cakram ganda, serta telah memenuhi standar emisi Euro III.

Murah dan Gaya !
Murah dan Gaya !

Kristianto mengatakan bahwa pihak Sach Germany berencana menjadikan Indonesia sebagai basis produksi sepeda motor untuk pasar Asia Tenggara.

“Untuk tahap awal, pabrik kami yang berlokasi di Jonggol, Cileungsi, Jawa Barat, akan mampu memproduksi sebanyak 10 ribu unit per bulan, nanti perlahan-lahan akan kami tingkatkan menjadi 20 ribu per unit per bulan,” katanya.

[dikutip dari http://www.rileks.com]

12 Responses to “Minerva Sach MadAss 125, spesies baru dari Eropa”

  1. andre November 12, 2008 at 11:25 pm #

    siapa yang udah py madass? review dong pengalaman ente.. gw udah ty ke show room ktnya dari permintaan yg mestinya dtg juli smp skg blm nympe..??? dan ada kabar kalo mesin udah racikan MMI?? gak asli sachs lagi kah??

  2. kyko_pushing November 13, 2008 at 6:20 am #

    @bro andre…
    Untuk sedikit inpo yg saya dapet ni motor bukan buatan asli germannya lho…
    tapi tetap buatan china….

    dan yg saya denger dari segi kualitas jauh dengan Madaas nya german…
    memang digerman ni motor laku keras tapi untuk indonesia cukup sulit untuk dapetinnya…

    kalo di bandung saya baru liat 1x.
    minerva lebih pokus kepada penjualan 150R ( bentuk CBR )
    saya juga tanya motor ini 5 bulan yg lalu blom ada konfirmasi dari pihak minerva… ( makin Gak yakin deh dengan pelayanan yg seperti itu… )
    di carrefour juga cuma tersedia yang 150R saja…

    untuk porum nya comunity di kaskus banyak yg ngebahasnya…

    silahkan check…
    Serba-Serbi Minerva 150R

  3. ferry November 13, 2008 at 11:53 am #

    ya kan sachs udah dibeli holding dari hongkong n persh cinaūüėÄ

  4. EDY March 28, 2009 at 4:32 pm #

    JUAL MOTOR SACH MADASS 125 BARU (KM 3) BOLEH DAPAT HADIAH DAN BELUM TERPAKAI. HARGA NEGO. YANG BERMINAT BISA HUB EDY 08998567122. THX ALL

    • erbe October 6, 2009 at 11:01 pm #

      brp bos

  5. kyko_pushing March 28, 2009 at 9:50 pm #

    Post Minerva donk…
    Biar MRC nya pada gabung sini…
    Heu Heu….

  6. lugi April 3, 2009 at 3:12 pm #

    Promo-nya kurang gencar, sampe skarang saya ga tau kalo mau beli musti kemana…padahal desainnya bagus

  7. tahank May 2, 2009 at 9:55 pm #

    Aku mau beli deh

  8. Arief ilham August 2, 2009 at 1:53 pm #

    Yang udah pnYa minerva R150 (yg mirip CBR) minta info alamat bengkel resmi Minerva…

  9. parnoto July 16, 2010 at 1:53 pm #

    bagus model tapi ga tahu ketahanana mesinya brooo

  10. umarmiah harun November 29, 2011 at 5:06 pm #

    Hemat saya issu dibeli China bukan masalah yg berarti, asalkan bukan asli perusahaan China, mengingat jika lisensi yg dibeli apalagi dari perusahaan Eropa ngga bakalan dilepas quality controlnya, buktinya produk elektronik dari merk terkenal qualitynya jauh dengan asli produk lokal China yang bukan lisensi. Ini bukti lho, malahan kita pantas bersyukur dengan penurunan harga yg begitu menukik. Bravo Minerva Sach

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: